01/07/2022

Tanda Anak Kekurangan Zat Besi dan Akibat Yang Ditimbulkan

source image : freepik

 

Tanda Anak Kekurangan Zat Besi dan Akibat Yang Ditimbulkan – Tanda anak kekurangan zat besi itu sangat penting sekali untuk diketahui oleh semua para orang tua. Karena kalau mampu akan tanda dan serta gejala dari kekurangan zat besi pada anak para orang tua mengantisipasi sedini mungkin.

Hal ini supaya anak dengan cepat mendapatkan diagnosa serta perawatan dengan cepat dan tepat. Sebab karena kurangnya zat besi pada anak itu sangat berbahaya untuk kesehatan anak tersebut. Lalu apa saja Tanda Anak Kekurangan Zat Besi dan Akibat Yang Ditimbulkan? Silahkan simak ulasan kami berikut ini!.

Pasti Anda sudah tahu bahwa zat besi adalah salah satu mineral yang mempunyai manfaat yang begitu banyak. Manfaat dari zat besi antara lain membantu pembentukan hemoglobin, fungsi otak, fungsi otot, mengangkut oksigen untuk menyebarkan ke suluruh tubuh.

Dan juga tidak ketinggalan manfaat paling pentingnya yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena begitu banyaknya manfaat dari zat besi bagi tubuh pastinya akan berbahaya kalau tubuh kekurangan kadar zat besi.

Anak-anak, wanita hamil, dan gadis yang datang bulan akan rentan dan juga beresiko tinggi apabila kekurangan zat yang satu ini. Resiko yang terjadi pada anak-anak akan menderita penyakit tertentu, kalau wanita hamil resikonya bayi lahir prematur atau berat badan rendah. Oleh sebab itu mulai saat ini pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi supaya terhindar dari masalah kesehatan.

Untuk wanita hamil memang sebenarnya sangat rentan sekali akan kekurangan zat besi seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Apabila ini terjadi pada wanita hamil maka janin yang dikandung juga bisa tertular. Supaya janin yang dikandung bisa terhindar dari defisiensi zat besi, maka wanita yang sedang hamil disarankan mengkonsumsi tablet zat besi. Yang mana dalam mengkonsumsi tablet tersebut harus atas resep resep dokter atau juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi.

Sebenarnya ada sumber makanan yang kaya zat besi yang bisa dikonsumsi diantaranya sayuran hijau, daging merah dan masih banyak lagi. Disamping itu kalau anak sudah masuk usia 6 bulan dalam pemberian ASI harus diimbangi dengan makanan yang bernutrisi tinggi.

Walaupun daging banyak mengandung zat besi, tetapi si kecil tidak disarankan untuk diberikan daging olahan seperti sosis dan bakso. Sebab pengawet dan juga penyedap masakan yang terdapat pada makanan olahan tersebut dapat membahayakan kesehatan si kecil.

Lalu apa saja akibat yang ditimbulkan bila kadar zat besi dalam tubuh kurang? Tubuh kalau sampai kekurangan jenis mineral yang satu ini dampaknya sangat berbahaya untuk si kecil. Inilah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika tubuh kekurangan jenis mineral yang satu ini :

  • Fungsi motorik dan fungsi kecerdasan pada anak akan terhambat
  • Apabila tubuh kekurangan mineral zat besi bisa menurunkan mental, daya ingat sampai kecerdasannya.
  • Kalau untuk wanita hamil jika kekurangan zat besi bisa mengakibatkan bayi lahir prematur.

Lalu Apa Saja Gejala Anak Kekurangan Zat Besi?

Untuk tahap awal jika seseorang kekurangan mineral yang satu ini mungkin belum terlalu terlihat. Tetapi ada tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa anak atau orang yang mengalami permasalahan ini antara lain :

  • Letih dan Lesu

Kalau dibandingkan dengan orang dewasa anak-anak itu sangat aktif senang bermain kesana kemari. Tetapi kalau Anda mendapati anak terlihat letih lesu walaupun sudah beristirahat cukup bisa jadi tubuh anak tersebut kekurangan zat besi.

Kalau sudah begitu coba berikan dia makanan yang banyak mengandung zat besi. Disamping terlihat letih dan lesu anak yang kekurangan zat juga sering mengantuk, sering tidur-tiduran atau juga akan lebih mudah sakit.

  • Perubahan Suasana Hati

Seorang anak suasana hatinya memang suka berubah-ubah. Tetapi Anda juga harus waspada karena suasana hati yang berubah secara mendadak atau juga terlalu sensitif. Itu merupakan tanda lain dari tubuh yang kekurangan zat besi. Kalau hal ini dibiarkan secara terus menerus bisa membuat orang menjadi depresi atau stres.

  • Rambut Rontok

Mempunyai rambut yang indah serta bebas dari masalah adalah keinginan setiap orang tidak terkecuali dengan anak-anak. Karena dengan rambut yang indah anak-anak akan tampil lebih percaya diri. Sama halnya dengan organ tubuh lain ternyata rambut juga perlu nutrisi salah satunya yaitu zat besi.

Kalau tubuh sampai kekurangan zat besi maka rambut juga akan menjadi kurang sehat dan juga mudah rontok. Oleh sebab itu setiap hari Anda harus mencukupi asupan zat besi supaya rambut menjadi sehat dan kuat.

  • Napas Pendek dan Mudah Lelah

Pasti Anda paham bahwa pada waktu anak-anak asyik bermain tentu saja tidak akan mudah lelah. Tetapi kalau anak yang kekurangan kadar zat besi biasanya akan mudah lelah sampai napasnya terengah-engah. Kalau Anda mendapati anak Anda seperti itu maka dengan segera cukupi asupan zat besinya

  • Kuku Rapuh dan Kulit Pucat

Anak-anak itu terkesan cuek dan juga tidak peduli dalam memperhatikan penampilan, hal ini berbanding terbalik dengan orang dewasa. Oleh sebab itu untuk para orang tua selalu perhatikan anak Anda setiap harinya. Kalau ada sesuatu yang janggal pada anak maka orang tua akan cepat mengetahuinya.

Kalau Anda melihat kulit pada anak tidak seperti biasanya dan terkesan pucat, mungkin anak Anda kekurangan zat besi. Karena suplai darah yang kurang akan membuat hemoglobin menurun.  Kuku yang rapuh juga termasuk tanda-tanda seseorang yang kekurangan zat besi.

Demikian ulasan tentang Tanda Anak Kekurangan Zat Besi dan Akibat Yang Ditimbulkan. Semoga saja dapat menjadi referensi bermanfaat bagi kita para orang tua.

Tinggalkan Balasan