04/08/2021

Suka Kuliner dan Wisata Instagrammable? Ini dia Beberapa Tempat Recommended di Semarang

Liburan telah tiba, ayo jalan-jalan. Tak perlu risau dengan biaya. Kota semarang menawarkan tempat wisata dengan kuliner maknyusnya yang ramah kantong sekaligus memanjakan mata.

Sebelum berangkat, pastikan kosongkan memori ponsel anda karena Semarang sekarang menawarkan wisata terbarunya dengan spot-spot foto yang unik, klasik, modern, dan pastinya cocok banget buat memenuhin feed kamu.

Ada banyak sekali destinasi wisata di Semarang, berikut 7 rekomendasi tempat wisata Semarang yang  kekinian yang instagramble bikin enggan pulang.

1. Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan komplek percandian hindu yang berada di ketinggian 1200 dpl. Ada Sembilan candi dikawasan tersebut namun hanya lima candi yang terlihat. Ada juga hutan pinus mini yang akan memanjakan penyuka spot foto alam. Udara disini sangat sejuk dan ada kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi komplek wisata sekaligus foto bersama. Tempat  ini juga menyediakan pemandian air panas untuk pengunjung yang ingin berendam menikmati air hangat dengan sedikit bau belerang.

Tiket masuk candi gedong songo pun terjangkau yaitu Rp8.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp75.000,- wisatawan mancanegara.

2. Curug Klenting Kuning

Lokasi wisata Curug Klenting Kuning tak jauh dari candi gedong songo, yaitu sekitar 10 km ke arah Sumowono. Pengunjung tak perlu khawatir berjalan kaki jauh untuk menuju ke lokasi curug karena sangat dekat dengan tempat parkiran yaitu sekitar 10 menit saja.

Lokasi air terjun dipenuhi dengan bunga kecubung yang warna-warni. Sangat cocok sekali untuk spot foto bertema hijau dan asri. Ketinggian air terjun hanya sekitar 10 meter dengan dinding tebing berwarna kuning dan air yang jernih. Didekatnya terbentuk dua kolam untuk menapung air terjun.

Tiket masuk hanya Rp5.000,- dan tiket parker Rp2.000 per sepeda motor

3. Taman Bunga Celosia

Taman ini terletak di Bandungan berjarak 41 km dari simpang lima atau 1 jam perjalanan via tol Tembalang-Ungaran. Wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka udara dingin dan sejuk karena terletak di daerah dataran tinggi. Selama perjalanan, kedua mata akan dimanjakan dengan pemandangan gunung ungaran yang membentang luas kehijauan.

Taman bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia menawarkan bernekaragam spot-spot foto menarik seperti rumah hobit, menara eifel, patung merlion, kincir raksasa dan berbagai bunga warna-warni yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Tarif tiket masuk sangat terjangkau yakni Rp10.000,- per orang.

4. Dusun Semilir

Lokasi Dusun Semilir berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Bawen. Letaknya sangat strategis berada di pinggir jalan dekat dengan Gerbang Tol Bawen. Di wisata ini menyajikan bangunan seperti stupa candi yang terbuat dari kaca dan besi. Ada juga jembatan yang terbuat dari anyaman bambu yang instagrammable, di bawah jembatan terdapat banyak stand aneka jajanan. Ada juga toko oleh-oleh dan kuliner khas Semarang.

Jam buka dari 09.30-21.00 untuk hari senin-jumat sedangkan untuk hari sabtu dan minggu dari jam 09.30-22.00. Harga tiket masuk cukup dengan Rp5.000,-  kalau ingin membeli jajanan, pengunjung perlu membeli kartu yang sudah disediakan. Kartu bisa dibeli dengan harga Rp10.000,- dan isi saldo. Kartu bisa dikembalikan beserta sisa saldo.

5. Puri Maerokoco

Tempat wisata Maerokoco hanya terletak 3 km. dari bandara Ahmad Yani. Tempat ini menawarkan banyak sekali spot-spot berswafoto. Ada hutan mangrove beserta perahunya. Ada 35 rumah adat kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah.  Ada juga jalur treking hutan mangrove yang dibuat dari bambu. Jalur ini berbentuk setengah lingkaran. Para pejalan kaki dapat berjalan diatas jalur dan berfoto dengan latar pohon bakau yang rimbun.

Wisata Puri Maerokoco

Puri Maerokoco buka setiap hari dari pukul 07.00-19.00 WIB. Rata-rata pengunjung datang berjumlah 300-1200 per hari dan waktu teramai yaitu saat pagi hari dan sore hari.

6. Kota Lama Semarang

Bosan dengan spot foto alam? Cobalah mengunjungi Kota Lama Semarang. Ada banyak bangunan peninggalan zaman penjajahan menjulang tinggi dan masih berdiri dengan nuansa antiknya. Ada juga gereja Blenduk yang menawarkan keklasikan nan elegan. Di dekatnya ada Semarang Kreatif Galeri yang memamerkan beragam jenis benda seni yang eksotik.

Wisata Kota Lama Semarang

Area Kota Lama sangat luas, setiap sisinya menyajikan nuansa klasik yang tetap menarik. Meski begitu, pengunjung tak perlu merogoh saku terlalu dalam karena area Kota Lama free tiket. Hanya area tertentu yang membutuhkan tiket, seperti Old City 3D Trick Art Museum yang buka dari jam 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Harga tiket cikup terjangkau hanya Rp40.000,- per orang.

7. Goa Kreo

Goa Kreo terletak dikawasan waduk Jatibarang, tepatnya di Desa Kandri Kecamatan Gunungpati. Tempat ini bukan wisata baru di Semarang tetapi selalu menyajikan spot foto terbaru yang up to date banget. Mulai spot foto salju dengan aksesorisnya, balon udara, hingga bunga sakura dan masih banyak lagi.

Wisata Goa Kreo Semarang

Pengunjung juga bisa berswafoto dengan monyet-monyet Goa Kreo semua ukuran, dari yang gendut atau terkecil yang masih digendong induknya. Hanya saja pengunjung perlu menjaga barang bawaaanya terutama makanan agar tidak dicuri monyet.

Harga tiket untuk masuk kawasan Goa Kreo hanya Rp5.000,- sedangkan untuk berfoto di spot foto salju dan lainya berkisar Rp5.000- Rp10.000 untuk 5 foto. Harga tersebut sudah termasuk kamera DSLR sekaligus staf photografer, jadi pengunjung tidak perlu khawatir dengan hasil foto yang mengecewakan.

Lokasi 7 rekomendasi destinasi Semarang  terletak berdekatan, hanya butuh waktu 30-60 menit jarak tempuhnya tetapi tak cukup sehari untuk menikmatinya. Atur waktu yang pas saat berkunjung seperti pagi hari atau sore hari saat matahari tidak terlalu menyengat. Selamat liburan.

Tinggalkan Balasan