29/09/2020

Kandungan dan Manfaat Temulawak

Apa itu Temulawak ?

Temulawak atau dalam bahasa ilmiahnya Curcuma Xanthorrhiza adalah salah satu tanaman obat yang berasal dari Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sebagian besar masyarakat Indonesia menanam tanaman ini di kebun atau pekarangan rumah mereka yang teduh. Tanaman temulawak ini memang bisa tumbuh di mana saja baik di tanah yang berkapur, berpasir, agak berpasir maupun tanah-tanah berat yang berliat. Namun untuk menghasilkan tanaman yang optimal diperlukan tanah yang subur, gembur, dan berdrainase yang baik. Tanaman temulawak juga harus dirawat dengan cara memberi pupuk anorganik dan organik supaya unsur hara yang diperlukan oleh tanaman bisa terpenuhi dan menjaga supaya struktur tanah tetap gembur. Tanah yang mengandung bahan organik diperlukan untuk menjaga tanaman supaya tidak mudah tergenang oleh air.

 

Kandungan Pada Tanaman Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai jamu. Temulawak ini memiliki kandungan minyak atsiri yang berperan untuk meningkatkan nasfu makan. Karena hal itulah masayarakat Indonesia sering menggunakan temulawak untuk jamu  penambah nafsu makan bagi balita yang susah untuk makan. Manfaat temulawak lainnya adalah bisa menurunkan kolestrol jahat, melindungi hati, mengatasi maag, menjaga kebugaran tubuh, dan juga bisa untuk perawatan wajah.

 

Manfaat Temulawak untuk perawatan tubuh

     Selain manfaat temulawak untuk bagian dalam tubuh, temulawak juga biasa digunakan untuk perawatan di bagian luar tubuh. Bagi kaum wanita temulawak ini biasanya dijadikan krim untuk perawatan tubuh bagian luar terutama bagian wajah. Manfaat krim temulawak ini sangat bagus untuk perawatan kulit, di antaranya:

  1. Membantu mengatasi jerawat,
  2. Menghaluskan wajah,
  3. Membuat kulit menjadi lebih cerah,
  4. Mengencangkan kulit,
  5. Menyamarkan noda hitam dan bekas luka,
  6. Melembabkan kulit,
  7. Mencegah terjadi penuaan dini,
  8. Meremajakan kulit,
  9. Mengecilkan pori-pori
  10. Antioksidan bagi kulit

 

Masker Temulawak Buatan Sendiri

     Selain menggunakan temulawak sebagai jamu, temulawak juga bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit wajah. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan masker dari bahan temulawak, bisa menggunakan resep di bawah ini:

 

1. Manfaat Temulawak untuk Memutihkan Kulit – Masker

Bahan yang perlu disiapkan adalah 2 sendok makan tepung (tepung biasa, tepung beras, atau tepung gandum bila jenis kulit Anda kering), 1 sendok teh bubuk temulawak, 3 sendok makan susu, dan beberapa tetes madu.

Cara Membuat : Campurkan semua bahan-bahan di atas sampai berbentuk pasta. Oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan sampai kering selama 20 menit. Setelah masker tersebut mengering bilas wajah dengan air, gosok perlahan sampai masker menghilang dan gunakanlah moisturizer yang biasa anda pakai supaya hasilnya maksimal.

 

2. Manfaat Temulawak untuk Melembabkan Wajah – Masker

Bahan

(1 kuning telur, 1 sendok teh minyak zaitun, dan sejumput bubuk temulawak)

Cara Membuat : Campurkan semua bahan-bahan diatas sampai berbentuk pasta hingga bisa digunakan untuk masker. Gunakan masker tersebut pada wajah anda tunggu 20 menit hingga masker mengering. Setelah masker mengering bersihkan wajah dengan air hangat.

 

3. Krim Temulawak Instan

the face

     Seperti yang sudah terlihat di dalam table di atas krim temulawak tidak mengandung merkuri atau buka termasuk krim temulawak yang palsu. Krim temulawak yang asli bisa dipastikan terbebas dari kandungan merkuri. Perlu anda tau…, bahwa merkuri adalah cairan logam perak atau air raksa yang biasanya dicampurkan kedalam kandungan kosmetik ilegal. Kosmetik yang mengandung merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, efek jangka panjang adalah bisa memicu munculnya kanker kulit.

     Jika dilihat dari harganya, harga krim temulawak yang asli harganya sekitar Rp 60.000 – 130.000 untuk satu paket. Seperti krim temulawak ‘The Face’ yang sudah mendapatkan izin dari BPOM, satu paket krim temulawak ‘The Face’ dibandrol dengan harga Rp 130.000. Bandingkan saja dengan harga krim temulawak yang palsu yang bisa anda dapatkan jauh lebih murah dari pada harga krim temulawak yang asli. Biasanya untuk harga krim temulawak yang palsu dibandrol dengan harga Rp 25.000 untuk satu paketnya. Padahal dalam satu paket krim temulawak terdapat krim siang dan krim malam, jika terdapat sabun temulawak untuk wajah dan serum-nya mungkin akan jauh lebih mahal lagi. Bijaklah dalam memilih produk kecantikan, jadilah konsumen yang pintar, dan jangan tergiur oleh harga yang murah.

 

4. Sabun Temulawak

Selain sebagai bahan jamu dan krim temulawak, temulawak juga memiliki manfaat sebagai bahan pembuatan sabun. Sabun temulawak ini dibuat dari ekstrak temulawak asli, sehingga mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan kulit. Berikut adalah manfaat dari sabun temulawak :

  1. Membersihkan kotoran wajah,
  2. Mengandung anti-septik pembasmi bakteri dan kuman pada wajah,
  3. Menghilangkan bekas luka
  4. Mengeluarkan aroma terapi yang menyegarkan
  5. Mencegah jerawat dan mengurangi kerutan pada wajah
  6. Melembutkan Kulit 
  7. Mencerahkan dan Menjadikan Kulit Putih
  8. Mengecilkan pori-pori
  9. Kulit Tampak Lebih Muda dan Segar
  10. Menghilangkan Bau Badan
  11. Mencegah Kanker Kulit
  12. Menghaluskan Kulit
  13. Mengencangkan kulit
  14. Menghilangkan Flek Hitam
  15. Mengurangi Kulit Kusam

      Sabun temulawak asli mempunyai informasi lengkap yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti komposisi, manfaat produk,  memiliki perijinan dari dinas kesehatan atau BPOM, dan tidak kalah pentingnya yaitu mencantumkan kode produksi dan tanggal kadaluarsa.

      Sabun temulawak asli mempunyai tekstur yang halus dan warna yang kuning cerah alami. Kulit terasa lebih sehat dan segar jika anda menggunakan sabun temulawak yang asli. Aroma temulawak yang khas seperti jamu mungkin akan membuat beberapa orang tidak menyukainya, tapi justru aroma tersebut menandakan bahwa sabun temulawak tersebut asli.

 

Manfaat Temulawak

Temulawak memang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam dosis tertentu. Namun terlalu sering mengonsumsi temulawak juga tidak baik untuk tubuh. Berikut adalah efek samping yang ditimbulkan jika terlalu sering mengosumsi temulawak :

  1. Mengonsumsi temulawak terlalu banyak atau sering akan memicu iritasi pada lambung anda, iritasi lambung ini yang nantinya akan memicu masalah pencernaan seperti sembelit atau diare dan akan mengalami dehidrasi.
  2. Membuat detak jatung berdetak lebih cepat khususnya bagi anda yang menderita hipertensi.
  3. Mual serta muntah
  4. Memperparah kerusakan ginjal
  5. Memperparah gangguan liver
  6. Meningkatkan resiko infeksi kandung keming
  7. Obesitas
  8. Pemicu Komplikasi
  9. Pendarahan
  10. Beresiko untuk ibu hamil

Bagi anda yang mengonsumsi air rebusan temulawak menjadi jamu, hindari menggunakan panci berbahan aluminium untuk merebus temulawak. Karena temulawak yang direbus menggunakan panci yang berbahan alumunium akan mengubah zat yang terkandung dalam temulawak menjadi bahan beracun.

 

Baca Juga

Cara Hindari Krim Temulawak palsu

Merakyat Tetapi Luar Biasa Manfaatnya, Ini Segudang Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *