22/05/2022

Peluang Saat Corona, Cara Memulai Bisnis Online

Peluang Saat Corona, Cara Memulai Bisnis Online – Pemerintah mengeluarkan anjuran untuk berdiam di rumah, sebagai antisipasi meluasnya wabah corona. Berita-berita online mengabarkan bawah banyak bisnis yang berjatuhan akibat aturan #dirumahaja. Orang mulai berpikir untuk mencari peluang saat corona, dalam hal ini adalah bisnis online. Kondisi keuangan yang terganggu memunculkan ide work from home.

Kalau anda adalah orang dengan latar belakang teknologi informasi, bisnis internet atau online terdengar familier. Tapi bagaimana dengan rekan-rekan kita dari background yang lain?

Tidak mudah untuk memulai bisnis online. Orang awam selalu kebingungan harus dari mana mulainya. Untuk memudahkan anda, berikut kami jabarkan cara memulai bisnis online work from home.

Dimulai dari manusia

Mindset harus dirubah. Anda akan memulai sesuatu yang baru. Akan banyak hal-hal yang sangat asing. Pantang menyerah, haus akan ilmu dan tidak mudah goyah adalah modal utama. Kalau anda seorang kepala rumah tangga, ingatlah bahwa ada orang-orang yang harus dinafkahi. Harus ada sesuatu yang bisa dimakan beberapa hari mendatang. Tanamkan terus dalam benak anda, supaya tidak tersesat dengan asyiknya dunia internet

Menguasai Internet

Tidak harus sampai ke level ahli. Kuasai dasar-dasar penggunaan internet. Mulailah dari hal dasar tentang paket internet. Cari informasi, provider apa yang sinyal dan koneksi paling bagus di rumah. Setelah itu pilih paket internet yang sesuai dengan modal dan kebutuhan anda. Contoh jika anda banyak belajar dari chanel youtube, cari paket yang ada khusus tentang youtube. Tetaplah fokus untuk belajar penguasaan internet. Jangan terlena berlama-lama di media sosial yang kurang bermanfaat, apalagi kalau hanya membaca tentang gosip dan politik. Waktu anda akan habis.

Tentukan Bisnis yang Akan Ditekuni

Langkah ketiga, anda harus tahu bisnis apa yang akan anda tekuni. Hal ini berimbas pada strategi pemasaran dan chanel yang akan digunakan. Contoh jika anda ingin berjualan makanan secara online, makanan anda adalah jenis yang cepat basi, maka anda bisa menggunakan media whatsapp dan media sosial.

Target konsumen adalah orang-orang terdekat dari rumah. Dalam hal ini anda perlu belajar bagaimana mengoptimalkan story whatsapp dan media sosial. Teknik bagaimana cara merangkai kata, membuat tulisan sangat penting. Anda bisa membaca artikel 4 jenis penulis.

Selain tulisan, teknik mengambil foto dan merekam video untuk makanan juga harus anda pelajari. Orang suka dengan tulisan yang terangkai dengan baik, dan gambar yang memikat. Storyteller, foto produk copywriting dan softselling bisa menjadi keyword anda untuk belajar.

Belajar melalui Channel Youtube

Saya merekomendasikan chanel youtube karena gratis. Anda hanya perlu modal kuota internet saja. Yang perlu anda lakukan adalah mengetik kata kunci yang tepat, supaya dapat menemukan tutorial yang anda butuhkan.

4 hal diatas adalah basic dari cara memulai bisnis online work from home. Cara ini adalah untuk pemula yang sama sekali belum paham tentang bisnis online.

Tinggalkan Balasan