28/11/2020

PC GAMING LOW BUDGET

PC Gaming Low Budget – Bagi agan-agan yang memiliki budget pas-pasan atau masuk kategori dalam low budget, agan berarti sudah memasuki jalan yang benar karena pada artikel kali ini, saya akan memberikan referensi rakitan pc yang kere hore tapi tetap kekinian dan upgradable yah.

Komponen yang saya pakai adalah baru semua. Untuk Anda yang ingin menekan budget lagi bisa juga mencampur dengan membeli komponen bekas, ataupun membeli pc bekas. Akan tetapi perlu diingat bahwa yang baru tentu lebih aman dan nyaman, adanya garansi dan komponen baru dari pabrik tentu memberikan kesehatan yang berbeda.

Kira kira dana yang bisa kita ambil adalah sekitar 4-5 jutaan.


PC GAMING, OFFICE, EDITING LOW BUDGET AMD RYZEN GEN 3
Tahun 2020

Pada bagian ini kami akan memberikan spesifikasi rakitan PC dari kubu AMD. berikut rekomendasi dari kami bagi Anda yang ingin mencari referensi.

KomponenMerekHarga
ProcessorAMD Ryzen 3 Pinnacle Ridge 3200G – Radeon Vega 8 GraphicsRp 1.379.000,-
RAMGeil DDR4 AMD Super Luce Sync RGB 3000Mhz Dual Channel 8 GB (2×4)Rp 750.000,-
MotherboardAsrock A320M – HDVRp 695.000,-
SSDGalax SSD Gamer L 240GBRp 410.000,-
HDDSeagate 1TB BarracudaRp 600.000,-
PSUCooler Master MWE 450W 80+Rp 600.000,-
CasingCube Gaming ValborgRp 550.000,-
 TOTALRp 4.983.000,-

AMD Ryzen™ 3 3200G with Radeon™ Vega 8 Graphics

AMD merupakan juaranya untuk masalah processor ini karena dengan harga 1.3 juta saja, processor ini sudah dilengkapi IGP (Integrated Graphics Card) atau sering disebut VGA onboard yang mumpuni yaitu Vega 8 Graphics. Selain itu Fan bawaan dari ryzen 3 sangat mumpuni sehingga tidak perlu mengganti fan.

Vega 8 Graphics ini kuat untuk menjalankan beberapa game kekinian dengan settingan lowmed di resolusi 720p – 1080p

Sangat menyenangkan dengan harga 1.3 juta sudah bisa memainkan gamegame E-Sport dengan lancar  tanpa membeli kartu grafis baru.

Geil DDR4 AMD Super Luce Sync RGB 3000Mhz Dual Channel 8 GB (2×4)

Anda bisa memilih beberapa merk lainnya. Namun yang saya pakai adalah memory dari Geil, dengan kecepatan RAM 3000Mhz dan sudah dilengkapi RGB. Menjadikan RAM ini cocok untuk masalah kecepatan dan estetika tampilan.

Selain itu, ada juga pilihan dual channel untuk performa Vega 8 dari AMD Ryzen yang lebih optimal karena membutuhkan speed RAM yang tinggi dan bandwith memory yang besar. Jika menggunakan satu keping akan sangat mengurangi performa walaupun dengan besaran RAM yang sama, perbedaan performa bisa mencapai 20-40%.

Asrock A320M – HDV

Motherboard Asrock ini dibanderol dengan harga yang murah namun kualitasnya dapat bersaing dengan motherboard lainnya dengan kelas chipset A320. Kami gunakan yang ini karena jika memakai motherboard dengan chipset B450 bisa memberikan beban besar pada budget kami. Karena pc yang kita gunakan tidak perlu dioverclock, maka penggunaan A320 ini sudah cukup.

Memiliki fitur yang lumayan lengkap dan ada slot M.2 sehingga memungkinkan kita menggunakan atau menambah storage menggunakan SSD NVME M.2.

Storage

Menggunakan SSD 240 Gb untuk partisi windows, dan HDD 1TB untuk penyimpanan data. menjadikan hal ini menjadi opsi yang optimal. karena windows diletakkan pada partisi SSD. tentu menjadikan system menjadi lebih kencang. dan untuk kebutuhan penyimpanan data, 1TB sudah lebih cukup untuk menyimpan file file anda.

Untuk merk SSD dan HDD bisa sesuai dengan selera anda masing masing. saya menggunakan opsi harga paling murah diantara semua merk.

Casing dan Power Supply

Casing bisa berubah sesuai dengan selera, tetapi yang saya pakai untuk rekomendasi rakitan ini adalah Cube Gaming Vallborg, karena case ini memiliki desain kekinian dan di dalam paket penjualan mendapatkan 3 fan case. Menjadikan case ini sangat cocok karena mendapatkan fan gratis dengan desain yang bagus 😊.

Untuk PSU saya menggunakan PSU sejuta umat yaitu Cooler Master MWE 450 watt yang sudah cukup untuk menopang kehidupan rakitan pc nantinya, dan tentu dengan kualitas yang bukan abal abal.

CATATAN

  • Sangat Upgradable dengan membeli VGA CARD, akan tetapi perlu dilihat TDP PC yang digunakan dengan PSU yang digunakan. Untuk itu PSU bisa diganti dengan Watt yang lebih tinggi seperti 500W keatas.
  • Untuk pengurangan budget bisa menggunakan RAM dengan kecepatan yang lebih rendah dan tidak menggunakan RGB.
  • Untuk pengurangan budget bisa menggunakan SSD dengan kapasitas lebih kecil namun tetap menggunakan HDD ataupun hanya menggunakan SSD saja. Tidak direkomendasikan menggunakan HDD saja karena performanya kurang optimal
  • Untuk keperluan OC bisa mengganti motherboard dengan chipset B450 namun demi menekan budget, terdapat pengurangan harga RAM, PSU, Casing dan Storage.

PC Gaming Low Budget Intel Coffelake

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *