18/01/2021

PC Gaming Low Budget Intel Coffee Lake

PC Gaming Low Budget Intel Coffee lake – Bagi agan-agan yang memiliki budget pas-pasan atau masuk kategori low budget, agan berarti sudah memasuki jalan yang benar, karena pada artikel kali ini, saya akan memberikan referensi rakitan pc yang kere hore tapi tetap kekinian dan upgradable yah.

Komponen yang saya pakai adalah baru semua. Untuk Anda yang ingin menekan budget lagi bisa juga mengkombinasikannya dengan membeli komponen bekas, ataupun membeli pc bekas. Akan tetapi perlu diingat bahwa yang baru tentu lebih aman dan nyaman. Adanya garansi dan komponen baru dari pabrik tentu memberikan kesehatan yang berbeda.

Kira-kira dana yang bisa kita ambil adalah sekitar 4-5 jutaan.

Pada bagian ini saya akan memberikan spesifikasi rakitan PC dari kubu Intel. Berikut rekomendasi dari kami bagi Anda yang ingin mencari referensi.

Komponen Merek Harga
Processor Intel® Core™ i3-9100F Processor Rp 1.120.000,-
RAM Geil DDR4 Evo Potenza 2666Mhz Dual Channel 8 GB (2×4) Rp 560.000,-
Motherboard Gigabyte H310M-DS2 Rp 899.000,-
VGA ASRock Radeon RX 570 4GB Phantom Gaming D Rp 1.780.000,-
SSD KLEV NEO 120 GB Rp 248.000,-
PSU Corsair VS 450W – 80 Plus Rp 560.000,-
Casing Cube Gaming Linnea Rp 360.000,-
  TOTAL Rp 5.527.000,-

Intel® Core™ i3-9100F Processor

Untuk pemilihan processor saya memakai Intel Core i3-9100F karena processor ini sudah generasi ke 9 dan memiliki harga yang murah. Untuk performa, processor ini tidak kalah dengan brand kompetitor. Akan tetapi processor ini tidak memiliki IGP yang mumpuni sehingga memerlukan VGA Card untuk keperluan Gaming dan Editing.

Untuk spesifikasi singkat processor ini memiliki frekuensi 3.6 Ghz Up To 4.1 Ghz, memiliki 4 Core dan 4 Threads sehingga untuk gaming dan editing masih mampu mengatasi.

Geil DDR4 Evo Potenza 2666 Mhz Dual Channel 8 GB (2×4)

Untuk merk Anda bisa memakai merk lain. Akan tetapi pada rekomendasi ini saya memakai brand dari Geil karena RAM ini menawarkan harga yang murah.

Gigabyte H310M-DS2

Motherboard untuk intel generasi 9 yang murah dan memiliki fitur yang cukup sudah dilengkapi dengan slot SSD. Namun sayangnya belum ada slot M.2 sehingga tidak akan ada opsi upgrade storage ke M2.

ASRock Radeon RX 570 4GB Phantom Gaming D

RX 570gb ini merupakan VGA yang sangat baik untuk keperluan gaming karena mampu untuk bermain game dengan settingan low-high dengan resolusi 720p-1080p. Selain itu harganya terjangkau sehingga VGA ini sangat bisa bersaing dengan VGA lain di kelasnya.

Storage

Anda bisa memakai merk lain untuk rakitan pc Anda, pada rekomendasi ini saya menggunakan SSD dari KLEV yang berkapasitas 120GB. Karena minimnya budget untuk masalah storage hanya cukup untuk SSD saja. Namun di masa mendatang masih bisa membeli HDD untuk ekspansi storage atau membeli SSD dengan kapasitas yang lebih besar

Casing dan Power Supply

Casing bisa berubah sesuai dengan selera, tetapi yang saya pakai untuk rekomendasi rakitan ini adalah Cube Gaming Linnea. Case ini memiliki desain kekinian, di dalam paket penjualan mendapatkan 1 fan case dan dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu kurang dari 400 ribu

Untuk PSU saya menggunakan salah satu PSU sejuta umat yaitu Corsair VS 450 Watt. Untuk PSU Sejuta Umat lainnya yang bisa dipakai adalah Cooler Master 450W MWE.

 

CATATAN

  • Sangat sulit untuk menekan budget pada rakitan ini, akan tetapi dengan adanya VGA card komputer ini bisa lebih baik dibandingkan dengan rakitan brand sebelah yang hanya menggunakan IGP dengan rentang harga yang sama.
  • Masih sangat bisa upgradeable dibagian Storage, RAM maupun Processor karena komputer ini generasi baru sehingga tidak ketinggalan zaman untuk upgrade dimasa depan.
  • Untuk rakitan yang lebih optimal gunakan budget yang lebih baik, sehingga admin menyarankan untuk menabung dan membeli untuk motherboard yang memiliki opsi storage M2, memiliki chipset untuk kemampuan OC demi meningkatkan performa PC. Selain itu pembelian storage yang berkapasitas besar, RAM dengan kecepatan tinggi juga dapat menjadi opsi lanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *