28/11/2020

Pandemi Bikin Boros Kuota? Ini Tips Mengakalinya!

Boros Kuota

Selama masa pandemi, internet menjadi kebutuhan wajib yang tidak bisa dilepaskan. Banyak sektor yang dipaksa beralih ke sistem online. Perubahan ini membuat porsi aktivitas yang kita lakukan turun drastis. Akhirnya banyak waktu penggunaan ponselpun naik dan intesitas penggunaan internet ikut “bocor”. Menurut Uzone, semenjak pandemi 52,1 persen pengguna harus menambah pembelian kuota internet mereka. Pandemi memang bikin boros kuota, tapi ada beberapa tips mengakalinya kok. Penasaran? Ini dia tipsnya!

Turunkan Resolusi Video

Menggunakan resolusi tinggi saat menonton video atau saat video conference dapat membuat penggunaan data tinggi. Faktanya, melakukan video conference dengan kualitas HD akan menghabiskan 1.35GB per jam. Jumlah ini melonjak tajam 2.4GB per jam jika memilih kualitas FHD. Jika kita meeting satu jam saja perhari selama senin-jum’at maka otomatis kita harus menyediakan 30GB per bulan. Bagaimana jika ternyata kita harus mengikuti 2 kali meeting dalam satu hari? Tentu akan membuat dompet amblas. Karenanya, atur resolusi video secukupnya saja ya.

Pasang Plugin AdBlock

Saat kita browsing,  seringkali laman memiliki iklan yang tidak relevan bahkan mengganggu. Ternyata, iklan-iklan ini juga menjadi “vacuum” kuota kita. Meskipun tidak seberapa, nyatanya memasang ads blocker juga dapat menghemat penggunan kuota loh. Plugin adblock tersedia pada link  sini

Ganti Gmail Apps Dengan Mailbox

Mailbox adalah aplikasi gratis untuk melakukan manajemen email dalam perangkat handphone baik dalam sistem operasi android maupun ios. Aplikasi alternatif ini terbukti memakan lebih sedikit kuota untuk proses membuka, mengunduh, hingga mengunggah berkas email. Mailbox tersedia dalam link ini

Sinkronisasi Data Dengan Aplikasi Yang Penting Saja

Secara otomatis, handphone akan melakukan sinkronisasi data terhadap semua aplikasi yang menggunakan data. Hal ini menyebabkan penggunaan data dalam background. Atur sinkronisasi data dengan aplikasi yang penting. Dengan begitu, penggunaan data akan berkurang.

Update Aplikasi Hanya Ketika Ada Wifi

Dalam kurun waktu tertentu, aplikasi yang terinstall akan melakukan pembaharuan. Pembaharuan ini cukup banyak memakan kuota. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan update aplikasi hanya ketika tersambung wifi saja.

Aktifkan Alert Penggunaan Data

Hampir semua handphone memiliki fitur maksimal penggunaan data. Setelah penggunaan data mencapai batas maksimal, otomatis handphone akan memberikan peringatan. Dengan fitur ini kita akan lebih mudah mengontrol penggunaan kuota.

Nah, itulah tips untuk mengakali penggunaan data berlebih selama pandemi. Nggak akan lagi ada ceritanya Pandemi bikin boros kuota dengan tips mengakalinya. Punya cara lain? Tuliskan di komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *