Hali ini sebenarnya merupakan pemikiran yang kurang sehat, kita terlalu cepat mengambil kemungkinan yang terburuk padahal terdapat banyak kemungkinan yang sebenarnya lebih baik. Dampak terlalu sering menyalahkan diri sendiri juga bisa dibilang sangat berbahaya karena bisa memicu pikiran penderita bahwa si penderita lebih baik tidak pernah terlahir dunia.

Di dalam kehidupan banyak lika-liku terdapat banyak cobaan yang menghadang, walau hanya sekedar masalah yang sebenarnya kecil menjadi seperti sangat besar. Biasanya perasaan menyalahkan diri sendiri hadir karena kita melakukan kesalahan yang cukup fatal atau bahkan hanya sekedar masalah yang membuat kita tidak nyaman.

Untuk itu kita bisa melakukan cara-cara terbaik agar kita bisa untuk mengurangi rasa menyalahkan diri sendiri. Cara ini harus dilakukan secara pelan-pelan, karena jika mengenai perasaan atau psikologi pastinya membutuhkan waktu untuk mengubahnya. Cara yang bisa dilakukan seperti dibawah ini :

Coba ingat rasa menyalahkan diri sendiri itu mulai kapan, apakah akhir-akhir ini mendapat masalah yang rumit atau membuat kesalahan. Cari tau kesalahan apa itu, karena jika kita sudah mengenali masalah apa yang kita hadapi, kita bisa mencari solusi sebaik mungkin.

  • Segera pikirkan hal yang serasional mungkin

Rasa menyalahkan tentunya berasal dari perasaan yang lebih memberatkan ke emosi, jadi saat rasa itu terjadi sebisa mungkin berpikir rasional dan mengurangi emosi dari perasaan, hal ini akan membuat solusi yang akan kita buat menjadi lebih masuk akal.

  • Cari lawan dari kata negatifmu

Sudah pasti kata-kata negatif akan selalu menghantui kita, untuk itu cari kata-kata sepositif mungkin yang bisa melawan kata negatif kita. Setiap kata negatif yang terpikirkan oleh perasaan atau pikiran kita akan membuat lebih merasa bersalah, jadi kita harus bisa survive untuk melawan perasaan negatif. Kita sebagai manusia pasti banyak punya kelebihan, dan dengan kelebihan tersebut kita pasti bisa melawan rasa tersebut.

  • Mencari kemungkinan terbaik

Saat rasa menyalahkan diri sendiri dan kata negatif menyerang, kita cenderung berpikiran negatif dan selalu berpikir kita akan mendapat kemungkinan terburuk. Cobalah untuk percaya diri dan bangun optimisme dalam diri sendiri karena hal itun adalah modal terbaik agar kemungkinan serta solusi kita menjadi lebih positif.

Baca juga : Hindari Pakai Gadget Saat Berkumpul Bersama

  • Gunakan sebagai reminder

Manfaatkan perasaan tersebut sebaik mungkin seperti membuat perasan tersebut sebagi reminder, karena kita pasti butuh motivasi untuk lebih maju kedepan. Reminder bermanfaat bagi kita agar bisa menghindari kesalahan yang sama, mengelola perasaan agar tidak berpikiran hal yang negatif, dan pastinya membuat kita menjadi lebih berpengalaman dalam menghadpi masalah dan mencari solusinya.

  • Aksi positif

Berhenti secepatnya untuk memikirkan hal yang negatif, bangun semangat kembali dan manfaatkan waktumu untuk melakukan aktifitas yang positif. Jika kita beraksi positif, kita mendapatkan rasa yang lebih bermanfaat dan secara tidak langsung kita sudah melupakan rasa menyalahkan diri sendiri tersebut.

  • Mimpi

Kamu dan mimpimu adalah koneksi luar biasa yang akan membuatmu lebih kuat dan tak akan gentar dalam menghadapi masalah ini. Alihkan pikiranmu kepada mimpi yang kamu iginkan.

  • Teman terpercaya

Memiliki teman terpercaya dapat membantu kita dalam masalah setidaknya memberi kita dorongan positif dan memberi saran yang bisa membuat kita lebih tau ternyata kemungkinan terbaik itu masih ada.

  • Mencoba memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri

Jika sudah berdamai dengan sendiri, kita pasti lebih bisa mengelola emosi kita dan mengambil keputusan yang lebih rasional dengan apa yang terjadi. Biasakan untuk berdamai dengan sendiri, Semua pasti melakukan kesalahan yang bisa diatasi, kita harus lebih sadar akan potensi diri sendiri dan mencoba memaafkan diri sendiri.

 

Meskipun kita sering menyalahkan diri, Sebaiknya kita bisa memanfaatkan perasaan tersebut menjadi sebuah motivasi hidup untuk hal yang lebih baik.

Semua orang pasti mengalami hal ini, untuk itu segala kesalahan yang kita lakukan pasti akan ada solusinya. Cari kemungkinan afirmasi terbaik dan tetap semangat menjalankan hidup penuh dengan semangat. Ingat karya kita akan ditunggu dan akan dikenang oleh banyak orang, jadi lakukan yang terbaik.

By erena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *