04/08/2021

Handphone Hilang? Begini Cara Melacaknya

Handphone merupakan alat komunikasi yang hampir dimiliki semua orang, tidak hanya digunakan untuk komunikasi tetapi smartphone yang banyak dimiliki penggunannya saat ini berguna untuk memudahkan pekerjaan mereka. Fungsi atau kegunaan lain dari handphone saat ini adalah untuk memudahkan penggunanya seperti: berjualan online, bertransaksi online, memesan transportasi serta makanan secara online, mencari jalan di Maps dan masih banyak lagi.

Begitu banyak manfaat dan kegunaan Hp, Nahh bagaimana jika handphone tersebut hilang atau dicuri orang? Hal ini pasti akan jadi mimpi buruk bagi pemiliknya. Sebenarnya yang menjadi mimpi buruk bukan masalah Hp yang hilang tetapi yang terpenting ialah data-data pribadi yang ada di dalamnya. Kalau sudah terjadi seperti itu, apa yang akan kalian lakukan?

Pertama jangan hanya pasrah, bingung dan panik saja. Bagaimana caranya melacak handphone tersebut? simak beberapa trik simple untuk mencari Hp yang hilang.

1. Melacak Handphone Menggunakan Email

Salah satu cara paling mudah melacak Hp yang hilang adalah menggunakan email, Jika Hp yang hilang adalah smartphone sudah pasti ada email yang terhubung di ponsel tersebut. Kalian hanya perlu mengingat alamat email dan password yang terhubung di Hp yang hilang, berikut urutan melacak Hp menggunakan email:

  • Ketik pada browser dan login ke halaman gmail menggunakan alamat email yang terpasang pada hp dan klik “Berikutnya”.
  • Masukkan password atau kata sandi, lalu klik “Berikutnya”.
  • Jika sudah berhasil masuk atau login pada email tersebut,
    jangan lupa untuk memilih “Tampilkan gmail versi web”.
  • Selanjutnya perhatikan sisi kanan atas dan klik pada ikon dengan titik sembilan.
  • Setelah itu masuk pada Akun Google(Google Account), berikutnya scroll sampai bawah dan pilih “Temukan Ponsel Anda”.
  • Setelah itu biasanya akan di tampilkan nama dari ponsel kalian yang hilang. Selanjutnya masukkan lagi alamat email dan password seperti langkah awal tadi.
  • Lalu klik opsi “Temukan”
  • Setelah itu akan muncul tampilan Google Maps, klik Tutup. Lalu pilih yang sesuai jenis serta nama hp kalian, klik pada ikon “Refresh” agar google maps dapat mengupdate dan membaca posisi terakhir dari Hp tersebut dan google maps akan menampilkan posisi Hp yang hilang pada layar.

Cukup mudah bukan untuk melacak Hp menggunakan email, lalu bagaimana jika cara diatas tidak berhasil? kalian dapat mencoba cara lain untuk melacaknya.

2. Melacak Handphone Menggunakan Android Device Manager

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah masuk website resminya terlebih dahulu¬†https://www.google.com/android/find.
  • Langkah selanjutnya mungkin hampir sama seperti cara menemukan ponsel melalui email, kalian cukup memasukan alamat email dan klik “Berikutnya”.
  • Setelah itu masukkan kata sandi dari email kalian, lalu klik “Berikutnya”.
  • Jika ponsel kalian dalam kondisi hidup maka posisi perangkat akan di tampilkan titik koordinat lokasi hp pada google maps yang muncul dilayar.
    Jika kalian tidak memiliki laptop atau komputer, saat ini aplikasi android device manager dapat di download pada Playstore dengan nama aplikasi “TEMUKAN PERANGKAT SAYA”.

3. Melacak Menggunakan Nomor IMEI

Cara ketiga yang dapat dicoba untuk melacak handphone hilang adalah menggunakan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Setiap ponsel baru yang di lengkapi dengan box asli pasti tertera nomor imei yang gunanya adalah untuk menyimpan data-data penting dari Hp tersebut. Jika handphone kalian memiliki 2 sim maka nomor imeinya pasti ada dua, namun untuk keperluan melacak Hp kalian cukup menggunakan nomor imei sim satu saja.

  • Pertama masuk situs Find My Phone Google pada laptop kalian.
  • Setelah itu masukkan nomor imei ponsel yang hilang
  • Tunggu beberapa saat agar google dapat mengakses ponsel dan muncul informasi mengenai perangkat seperti gambar dibawah ini:¬†
  • Ketika Hp sudah berhasil dilacak dan google maps sudah menunjukan lokasi ponsel, maka selanjutnya kalian segera menuju lokasi.
  • Untuk menghindari kecurigaan (jika ponsel sudah ditangan orang lain) bunyikan ponsel saat kalian sudah dekat dengan lokasi dengan cara klik “Putar Suara” agar bisa segera menemukan hp.

Ada dua opsi lain yang dapat kalian gunakan pada aplikasi Temukan Perangkat Saya, seperti Kunci Perangkat yang berfungsi untuk mengunci data agar tidak bisa di akses orang lain yang menemukan handphone dan Hapus Data yang fungsinya adalah untuk menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel. Itulah beberapa trik yang dapat kalian coba pada saat kehilangan handphone serta cara mencari lokasi Hp yang hilang tersebut.

 

4. Tips Mengamankan data handphone

Selanjutnya berikut tips yang dapat kalian terapkan pada ponsel untuk mengamankan data dan untuk berjaga-jaga serta menghindari kehilangan handphone:

  • Pertama, hindari pengunduhan aplikasi selain dari Appstore atau Playstore.
  • Kedua, jangan membuka situs yang tidak resmi karena akan memudahkan ponsel terserang virus malware.
  • Ketiga, kunci perangkat secara otomatis baik menggunakan PIN maupun sidik jari agar tidak semua orang dapat mengakses ponsel kalian.
  • Terakhir yang paling penting, jangan ceroboh meninggalkan Hp di sembarang tempat. Jika berada di pusat keramaian sebaiknya simpanlah Hp di dalam tas agar menghindari pencurian.

Selamat Mencoba..

 

 

Baca Juga :

Dampak Negatif dan Dampak Positif Handphone

Tinggalkan Balasan