26/09/2021

4 Aplikasi Yang Bisa Dipakai Untuk Virtual Meeting

4 Aplikasi Yang Bisa Dipakai Untuk Virtual Meeting – Dengan adanya seruan dari Pemerintah tentang social distancing, aktivitas pekerjaan mengalami perubahan drastis. Anda diminta work from home? Bersyukurlah, sebagian dari kita bahkan beralih status menjadi pengangguran.

Efek social distancing ini memang luar biasa. Kita harus menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran virus covid19.

Dalam pengelolaan perusahaan/institusi/organisasi koordinasi harus tetap berjalan. Meeting atau rapat menjadi sarana untuk saling menuangkan ide demi kemajuan. Bagaimana solusinya dengan adanya aturan social distancing? Jawabannya adalah virtual meeting.

Virtual meeting bisa dilakukan melalui banyak cara. Menelepon bawahan untuk sekedar koordinasi pekerjaan juga bisa dianggap sebagai virtual meeting. Tetapi kadang-kadang koordinasi harus melibatkan banyak orang, sehingga tidak cukup hanya dengan telepon.

Aplikasi Untuk Virtual Meeting / Video Conference

Untuk melakukan virtual meeting anda memerlukan aplikasi khusus. Kalau anda membuka playstore atau AppStore, disana akan terlihat banyak sekali yang ditawarkan baik yang gratis maupun berbayar. Kali ini kita akan membahas yang gratis.

WhatsApp

Ya, aplikasi chatting sejuta umat. Hampir semua pengguna smartphone menginstall whatsapp digadgetnya. Tahukah anda bahwa aplikasi ini bisa digunakan untuk video call rame-rame? Whatsapp aplikasi yang sederhana. Sangat mudah untuk digunakan semua usia dan semua jenjang pendidikan. Jika orang-orang yang ingin anda ajak virtual meeting tidak begitu paham update teknologi, whatsapp adalah pilihan utama. Tidak perlu install aplikasi baru, tidak perlu repot-repot ngajari.

Google Hangout

Sudah ada sekian lama, tetapi jarang yang mengetahuinya. Padahal dengan anda memiliki akun gmail, otomatis anda langsung bisa menggunakan hangout. Tersedia baik di appstore maupun playstore. Jika anda membuka gmail lewat web browser pada laptop, hangout bisa dipakai saat itu juga. 

Gambar diatas contoh untuk hangout chat. Untuk yang ingin virtual meeting ada fasilitas video call. Sayangnya untuk video call ini dibatasi maksimal 10 akun gmail saja. Kecuali kalau anda memiliki akun gsuite bisnis atau pendidikan, maka bisa video call sampai 25 orang.

Zoom

Zoom ini sedang naik daun. Salah satu aplikasi yang memang fokus untuk video call, virtual meeting bahkan sampai pembelajaran jarak jauh. Kenapa zoom sangat disukai ? Gratis, semuanya suka yang gratis. Kemudian zoom juga memungkinkan untuk sharing screen atau berbagi layar. Jadi saat virtual meeting anda bisa mempresentasikan hasil pekerjaan anda di excel atau power point. Zoom ini ada yang gratis dan berbayar, untuk yang gratis dibatasi waktu hanya 40 menit. Setelah itu bisa connect lagi. Bukan masalah yang besar.

Jitsi

Aplikasi jitsi memang masih asing ditelinga. Tapi bagi kalangan akademisi jitsi ini lumayan populer lho. Karena jitsi ada di salah satu plugin yang bisa diinstall secara gratis diaplikasi CMS elearning Moodle. 

4 Aplikasi Yang Bisa Dipakai Untuk Virtual Meeting – Nah itu tadi contoh-contoh aplikasi yang bisa dipakai untuk virtual meeting atau video call. Stay safe, keep social distance dan selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan