01/07/2022

Efek Sering Cuci Tangan, Pahami Cara Merawat Kulit Tangan Anda

Efek Sering Cuci Tangan, Pahami Cara Merawat Kulit Tangan Anda – Pemerintah dalam hal ini kemenkes, mengeluarkan panduan mencegah penyebaran virus corona. Diantara hal-hal yang dianjurkan, kita dihimbau untuk cuci tangan. Aktivitas cuci tangan dilakukan kalau habis melakukan aktivitas, dari luar rumah, mau makan/minum. Setelah memegang uang, memencet tombol lift, bahkan sampai memegang pintu bisa menjadi media penularan.Cuci tangan menjadi hal yang sering dilakukan.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Demikin juga dengan cuci tangan. Efek dari cuci tangan yang terlalu sering akan berdampak pada kulit tangan. Maka pahami cara merawat kulit tangan anda supaya tetap sehat, dan tetap bisa mencegah bahaya virus corona.

Sewajarnya Dalam Menggunakan Sabun

Virus corona akan hilang saat kita cuci tangan dengan sabun. Tetapi ingat bahwa sabun yang anda gunakan, baik sabun mandi, sabun cuci piring atau sabun lainnya adalah bahan kimia. Terlalu banyak dan terlalu sering terpapar, akan membuat kulit kering dan cepat keriput. Jadi gunakan sabun secara wajar. Yang penting merata di semua sisi kulit tangan. Jadi yang perlu anda ketahui adalah cara mencuci tangan yang benar.

Video diatas menunjukkan cara mencuci tangan yang benar menurut WHO. Silakan dilihat sebagai rujukan. Hanya 1 menit, jadi tidak makan kuota terlalu banyak. Ingat juga untuk berhemat air ya, video di atas ada kekurangannya, saat sedang menggosok tangan, air bisa dimatikan dulu. Supaya tidak boros

Hand Sanitizer Bukan Hal Wajib

Akibat pemahaman yang salah, orang rame-rame memborong hand sanitizer. Akibatnya harga melonjak tinggi. Padahal hand sanitizer bukan hal wajib. Jika anda tidak bisa menemukan sabun, maka cuci tangan di air mengalir pun sudah cukup.

Cuci Tangan dan Exim

Dilaporkan sebagian orang yang memiliki penyakit exim. Dengan seringnya cuci tangan, keluhan gatal pada kulit menjadi lebih sering. Pelembab adalah solusinya.

Gunakan Pelembab Untuk Kulit Tangan Anda

Sering cuci tangan kulit jadi kering. Solusinya adalah gunakan pelembab. Ada beberapa contoh pelembab untuk kulit yang bisa anda pakai dan mudah didapatkan. Berikut adalah daftarnya :

  • Gel Aloe vera, anda bisa mendapatkan gel lidah buaya ini di marketplace. Tinggal masukkan aloe vera gel. Hasilnya banyak. Tinggal pilih sesuai kantong. Di situs sinarnews ini sudah sering kami bahas mengenai nature republic aloe vera.
  • Gunakan hand and body lotion, ini lebih mudah lagi didapatkan. Di minimarket terdekat tersedia.
  • Sesekali anda bisa pakai pelelbab alami untuk memanjakan kulit anda seperti :
    • Lidah buaya
    • Minyak zaitun atau olive oil
    • Alpukat
    • Minyak Kelapa
    • Timun
    • Yoghurt
    • dll

Efek Sering Cuci Tangan, Pahami Cara Merawat Kulit Tangan Anda – Demikian banyak pelembab yang bisa digunakan untuk perawatan kulit tangan. Pembahasan secara mendetail akan kami ulas dipostingan berikutnya. Tulisan ini bersifat general. Artinya kondisi kulit tiap orang berbeda. Sehingga dimungkinkan menggunakan bahan yang berbeda pula. Kalau anda punya masalah khusus kulit, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Tinggalkan Balasan