18/01/2021

Destinasi Wisata Gratis Semarang 2020

Tak terasa, sekarang sudah minggu terakhir bulan oktober ya! Menariknya, minggu terakhir bulan oktober ini hanya memiliki 2 hari aktif, sisanya tanggal merah. Kira-kira apa rencanamu untuk mengisi liburan ini? Nah, untuk kamu yang pengen menghabiskan liburan dengan jalan-jalan tapi keuangan sedang bokek, Sinarnews telah merangkum beberapa destinasi wisata gratis Semarang pada tahun 2020 ini. Apa saja ya?

Simpang Lima

Simpang Lima
Sumber : Semarang Wingko Roll

Salah satu wisata iconic Semarang adalah Simpang Lima. Simpang Lima merupakan sebuah lapangan yang berada di pusat keramaian Kota Semarang. Tempat ini menjadi penghubung dari lima jalanan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan. Beberapa aktivitas menarik bisa kamu lakukan adalah menikmati malam sambil berjalan kaki, berwisata kuliner, hingga menyewa mobil dengan lampu warna-warni untuk berkeliling Simpang Lima. Duduk-duduk saja juga menyenangkan karena suasananya yang ramai dan meriah membuat malam harimu tidak membosankan.

Kota Lama

Kota Lama
Sumber : Kemenpar

Kalau jakarta punya kota tua, maka Semarang punya kota lama. Kawasan Kota Lama Semarang ini ada sejak abad ke-17, tetapi masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Kamu bisa hunting foto keren ala zaman kolonial di sini, me time pun jadi makin asyik. Tempat ini menawarkan bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial yang kental. Terlihat juga pada jalannya yang tidak menggunakan aspal melainkan menggunakan tehel yang memang semenjak dulu menjadi pertanda kawasan Kota Lama.

Gereja Blenduk

gereja Blenduk
Sumber : Wisata Jawa Tengah

Gerejak blenduk adalah salah satu bangunan ikonik yang berada pada Kota Lama.  Gereja Blenduk ini memiliki warna kubah merah mencolok dengan badan bangunan yang putih bersih. Bangunan gereja berarsitektur kolonial sangat indah, sehingga menjadi primadona wisatawan untuk berfoto. Selain sebagai tempat wisata sejarah, Gereja Blenduk juga masih aktif dimanfaatkan untuk kegiatan kegiatan keagamaan Katolik loh.

Taman Srigunting

Taman Srigunting
Sumber : Pemkot Semarang

Bersebalahan dengan Gereja Blenduk, ada sebuah taman yang tak kalah cantik. Taman Srigunting biasanya menjadi titik kumpul start bagi pengunjung untuk menjelajahi Kota Lama Semarang. Taman ini menyuguhkan arsitektur unik dengan jembatan dan pepohonan rindang. Oh ya, meskipun masuknya gratis jika kamu ingin berfoto dengan aksesoris seperti sepeda, kamu perlu merogoh kocek sekitar 5ribuan saja

Brown Canyon

Brown Canyon
Sumber : Orbit Metro

Beralih ke wisata alam, brown canyon adalah destinasi wisata gratis semarang yang patut kamu kunjungi. Awal mula terbentuknya Brown Canyon adalah dari proyek galian tambang. Brown Canyon  memiliki tebing-tebing, kolam yang terbentuk karena air hujan mengisi ceruk-ceruk yang ada. Tempat ini juga pilihan yang bagus untuk melihat matahari terbenam. Terbayang indahnya, kan?

Taman Wilis

Taman Wilis
Sumber : Tribun Travel

Satu lagu taman yang tak boleh kamu lewatkan adalah Taman Wilis. Taman ini menawarkan pemandangannya yang bagus. Ada tiga patung gunungan dalam wayang berwarna merah di taman ini. Lampu-lampu taman berjajar rapi mengelilingi taman.  Cobalah datang di pagi hari karena panorama matahari terbit di sini memukau, lho!

Vihara Buddhagaya

Vihara Buddhagaya Watugong
Sumber : Wisata Terdekat

Selain sebagai tempat beribadah umat Buddha, tempat ini juga merupakan objek wisata. Vihara Buddhagaya Watu Gong ini memiliki pagoda setinggi 45 meter yang cantik. Selain pagoda, juga terdapat sebuah aula di sini. Daya tarik utama tentulah pagodanya, yang memiliki tujuh tingkat dengan makna bahwa manusia akan mencapai kesucian di tingkat ketujuh. Tapi tetap jaga kesopanan ya.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung JAwa Tengah
Sumber : Hipwee

WIsata religi gratis lainnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). MAJT memiliki  arsitektur yang megah. Pada halaman depan, terdapat enam payung raksasa otomatis. Untuk masuk ke masjid ini, kamu tidak perlu membayar apapun alias gratis. Kecuali jika kamu ingin masuk ke Menara Asmaul Husna, kamu harus membayar tiket lain.

Nah, itulah rangkuman destinasi wisata gratis semarang pada 2020 ini. Kamu tertarik kemana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *