26/09/2021

Dampak Virus Corona Covid 19 Bagi Mahasiswa

Dampak virus corona covid19 bagi mahasiswa –  Sudah 2 bulan sejak wabah corona menghampiri Indonesia. Berbagai kebijakan sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk antisipasi penyebaran lebih luas. Bidang pendidikan tidak luput dari aturan pemerintah.

Mahasiswa juga ikut kena dampak wabah corona.

  • Perkuliahan berubah menjadi kuliah online elearning. Sebagian malah menjadi momok. Tugas harian menumpuk. Status whatsapp dan media sosial penuh dengan keluhan mahasiswa. Kuliah yang biasanya 2-3 sks berubah menjadi tugas yang jika dikerjakan butuh waktu lebih dari 3 jam, bahkan mungkin sehari. Sering distatus para kepala daerah, mereka menyuarakan supaya tugas jangan terlalu banyak.
  • Mahasiswa libur di rumah, tetapi bukan libur yang menyenangkan. Mau keluar rumah takut wabah, Mau ke mall tutup. Mau nongkrong sambil ngopi juga kena razia satpol PP.
  • Mahasiswa tidak kuat membayar SPP. Bisa dimaklumi karena banyak orang tua mahasiswa yang dirumahkan, kehilangan mata pencaharian, tidak bisa berdagang. Sebagian kampus ada yang memberikan keringanan SPP, tapi nilainya tidak terlalu besar. Terutama pada PTS, sumber pemasukan utama adalah SPP dari mahasiswa, jika mahasiswa tidak membayar, dosen dan karyawan tidak gajian. Sungguh sebuah lingkaran yang tidak ada habisnya.
  • Kuota internet lebih boros. Sebagian besar waktu mahasiswa habis di dunia online di masa wabah. Untuk mengakses elearning. Kuota banyak terpakai juga saat dosen menggunakan metode video learning dan video webinar. Tentu akan menguras kuota internet. Untungnya beberapa aplikasi ada yang mode low bandwidth usage, seperti jitsi.
  • Ada juga dampak positif, mahasiwa kan banyak waktu longgar, bisa untuk memperdalam ketrampilan. Saatnya yang muda membantu orang tua. Begitu banyak peluang penghasilan dari internet. Dengan sedikit modal pengetahuan tentang teknologi, seharusnya bukan hambatan buat mahasiswa.

Dampak virus corona covid19 bagi mahasiswa – baca juga artikel kami mengenai Aplikasi UV Index Now

Tinggalkan Balasan