26/09/2021

Cara Mudah Menghemat Uang dan Mengelola Keuangan

Uang merupakan salah satu barang yang tidak bisa digantikan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dalam hal jual beli. Semua yang kita butuhkan seperti sandang pangan tentunya memerlukan uang. Namun terkadang kita tidak sengaja¬† terlalu menghaburkan uang secara tidak sadar karena kurangnya managemen keuangan. Untuk itu kita memerlukan cara terbaik untuk menghemat uang, untuk itu kita harus menganggarkan uang sebaik-baiknya karena kita juga bisa menabung dan mendapat “uang darurat” ketika sedang membutuhkan uang suatu saat untuk keperluan tak terduga.

 

Cara Menghemat Uang dan Mengelola Keuangan

Sebenarnya cara ini lebih kepada penganggaran keuangan yang belum memiliki rumah tangga. Lalu bagaimana caranya ? Kami akan merangkumnya sebagai berikut :

  • Masak sendiri / Kurangi makan di luar

Cara menghemat uang dan mengelola keuangan pertama adalah dengan memasak di rumah sendiri adalah hal yang paling standar, karena makan adalah kebutuhan primer kita sebgai manusia, mulailah untuk memasak dirumah. “Saya anak kos dan tidak ada dapur di kos”, hal ini bisa diakali dengan membawa penanak nasi dan membeli hanya sayuran di warung makan, hal ini lebih hemat jika dilakukan. Dengan cara ini pastinya anggaran yang kamu keluarkan perbulan akan menurun drastis.

  • Membawa bekal dari rumah

Tips hemat berikutnya adalah membawa bekal dari rumah, ini bertujuan untuk menghindari jajanan yang relatif mahal diluar dengan porsi seadanya. Selain berhemat, membawa bekal di rumah dapat mengatur porsi seimbang kita dan menentuka menu yang sehat bagi tubuh kita.

  • Belanja di Pasar tradisional

Pasar tradisional sudah tidak bisa diragukan akan dengan harga yang murah, dengan harga yang relatif murah pun itu masih bisa ditawar dengan harga yang lebih murah. Jika setiap hari diterapkan dalam penganggaran keuangan, hal ini akan benar-benar membantu penghematan. Selain itu bisa mendukung kemajuan pasar tradisional di Indonesia.

  • Mengedepankan hal yang lebih penting

Setiap manusia memiliki akan memiliki suatu hal yang tak lain adalah barang yang membuat kita ingin memilikinya. Akan tetapi terkadang kita membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Sebisa mungkin sebelum membeli barang, pikirkan dulu kedepan ada yang lebihn penting atau tidak. Jika sudah memutuskan membeli barang jangan sampai menyesal karena dibeli percuma.

  • Buang rasa gengsi

Gengsi yang tidak terlalu penting dan hanya memaksakan diri untuk membuat kita lebih terlihat bernilai, namun hal itu bisa membuat kita kerepotan dalam keunagan. Gengsi boleh saja, namun harus sesuai dengan kondisi keuangan.

  • Bandingkan harga sebelum membeli produk

ingin membeli barang yang kita sukai merupakan hal yang paling ditunggu, sebelum membeli barang pastikan survey terlebih dahulu mana yang paling murah. Jika sobat adalah tipe orang yang suka eksplore di platform ecommerce maka pasti bisa membandingkan harga yang paling murah di situs mana.

Tapi jangan terlena dengan harga yang sangat miring dari harga normal jika belanja di pasar online, itu bisa saja penipuan. Pilihlah yang murah namun dengan review yang bagus dan harga yang murah namun wajar.

 

Baca Juga : Pengen disukai banyak wanita? Jadi Bartender aja

 

  • Hindari membuka aplikasi E-commerce terlalu sering

Jika kamu sedang bosan dan terlalu sering melihat aplikasi ecommerce dan sering-sering melihat barang disana, pastikan anda tidak tergiur dengan barang tersebut. Terlalu sering membuka platform eccommerce memicu kita untuk membeli barang yang sebenarnya pada awalnya kita tidak ingin membeli barang tersebut.

  • Membawa uang cash secukupnya

Ini dilakukan saat kita ingin berbelanja atau sekedar makan diluar, membawa uang cash secukupnya adalah hal yang paling disarankan, karena kita bisa menentukan batasan kita dalam mengeluarkan saat itu, sehingga kita bisa memanage uang lebih baik.

  • Sisihkan uang tabungan dengan uang pengeluaran

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya, untuk itu kita harus menyiapkan tabungan untuk keperluan esok. Selain itu jika kita memisahkan uang tabungan dengan pengeluaran, kita bisa mengatur keuangan untuk pengeluaran. Hal ini juga bisa untuk menghindari lilitan utang / setidaknya mengurangi hutang nantinya jika memang sangat terdesak dalam hal keuangan.

  • Mengenai hutang dan kredit

Meskipun sudah berusaha untuk menyimpan uang untuk keperluan, kita bisa saja masih terlilit hutang. Untuk itu sebisa mungkin untuk membayar hutang yang ada terlebihn dahulu agar nantinya bisa membuat keuangan lebih baik tanpa hutang.

Kredit adalah hal yang lumrah, namun pikirkan kembali untuk melakukan kredit barang, kalau bisa lakukan secara cash tanpa kredit. Namun pelajari dulu, karena ada hal yang lebih baik dibeli menggunakan sistem kredit atau cicil.

 

Demikian merupakan cara mudah untuk menghemat uang di usia muda. Jangan sampai kita tidak bisa memanage keuangan kita sendiri. Anggarkan uang dengan sebaik-baiknya. Jika sobat punya saran yang lebih baik, bisa tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan