22/10/2021

Cara Menyenangkan Belajar Online e-learning Untuk Siswa

Cara Menyenangkan Belajar Online e-learning Untuk Siswa – Belajar online e-learning bagi siswa bisa menjadi momok menakutkan. Tugas menumpuk ditambah pengerjaan soal bisa membuat siswa berjam-jam harus menuliskan jawaban. Padahal kalau belajar dikelas, bisa menyenangkan, tidak tugas setiap hari dan setiap mata pelajaran. Kali ini kami akan mengulas cara menyenangkan belajar online untuk siswa.

Proporsi pengerjaan soal seharusnya sewajarnya. Tidak perlu harus PR setiap saat.PR yang sedemikian banyak hanya akan menambah beban dan stres buat siswa, bahkan buat orang tua. Cara-cara berikut bisa menjadi menyenangkan buat siswa.

Belajar dari Alam

Sesekali mintalah siswa untuk belajar dari alam. Lingkungan sekitar adalah tempat terbaik. Pengajar bisa meminta siswa mengamati serangga, hewan mamalia, hewan peliharaan seperti kucing atau kelinci. Suruh siswa untuk melaporkan perilaku hewan yang positif dan negatif. Misal bagaimana tekunnya laba-laba dalam membuat rumah. Bagimana semut bergotong-royong dalam membawa beban yang berkali lipat berat dan ukuran tubuhnya.

Anda juga bisa membuat project ringan mengamati tumbuh-tumbuhan. Misal menanam biji cabe dengan kapas basah. Bagaimana arah tumbuhan dipagi dan sore hari. Bahkan embun dipagi hari pun bisa jadi hal menarik untuk dipelajari.

Mencoba teknologi baru

Kalau sekolah tidak punya software elarning khusus dan selama ini menggunakan whatsapp sebagai media komunikasi, anda bisa mencoba teknologi baru. Coba buat quizz dengan google form, anda bisa juga menyuruh siswa upload ke drive dan share ke email anda. Targetnya adalah siswa menguasai teknologi baru untuk belajar.

Menonton Video

Menonton video/film di youtube bisa menjadi aktivitas belajar yang menyenangkan. Banyak sekali film-film edukasi tentang tema sekolah di youtube. Keyword yang bisa dipakai adalah school movie sub indonesia. Minta siswa untuk menonton sampai selesai dan membuat ringkasannya.

Membuat Project Rekaman Video

Siswa bisa diminta untuk melakukan aktivitas keseharian membantu orang tua di rumah. Kegiatan tersebut harus direkam dengan kamera hape. Berikan penilaian lebih bagi yang mampu melakukan editing. Sehingga selain membuat siswa melakukan aktivitas positif, mereka juga belajar video editing.

Membuat Project Sosial

Membuat project sosial menjadikan siswa bermanfaat bagi sekitar. Bisa dengan hal yang sederhana, seperti gerakan bersih rumah sekitar, penggalangan dana untuk bencana, orang tidak mampu dan sebagainya. Project ini akan menumbuhkan empati dan jiwa kemanusiaan siswa.

Cara Menyenangkan Belajar Online e-learning Untuk Siswa – Manusia tidak melulu diukur dari kemampuan akademisnya. Jiwa sosial juga hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. terus menerus memberikan tugas yang berbasis soal, jawaban dan benar salah dengan poin nilai, bisa membuat siswa lupa dengan kehidupan sekitar. Akibatnya kita bisa melihat banyak sekali orang pandai dengan jabatan tinggi, tetapi tidak memiliki kepedulian sosial. Melalui belajar online yang menyenangkan ini, kita berharap akan lahir orang-orang cerdas dengan jiwa sosial yang tinggi.

Baca juga artikel kami mengenai 11 Suka Duka Bekerja di Perhotelan

Tinggalkan Balasan