01/07/2022

Cara Menghilangkan Radang Mata Dengan Sangat Efektif

 

Cara Menghilangkan Radang Mata Dengan Sangat Efektif

image source : tribunhealth

Cara menghilangkan radang mata sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Pada dasarnya, salah satu penyebab paling umum dari radang mata adalah kelelahan. Namun, radang mata bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang serius.

Radang mata bisa menjadi tidak nyaman ketika penglihatan menjadi kabur. Terlebih jika penderita tidak bisa melihat sekeliling dengan jelas. Rasa sakit terkadang bisa disertai dengan pembengkakan atau rasa panas serta iritasi pada mata.

Terkadang, keluarnya cairan dapat menyebabkan kelopak mata menjadi tertutup setelah tidur.  Tak heran, penderita merasa kesulitan membuka mata saat bangun. Konjungtivitis merupakan salah satu penyebab paling umum di balik rasa sakit pada mata.

Kondisi ini merupakan radang yang terjadi pada selaput tipis bernama konjungtiva. Konjungtiva adalah bagian dalam kelopak mata dan bola mata. Radang mata seperti ini dapat mempengaruhi semua kelompok umur termasuk anak kecil dan orang tua.

Cara Menghilangkan Radang Mata Dengan Mengetahui Penyebabnya

Sebelum mencari tahu cara menyembuhkan radang mata, maka penderita harus mengetahui macam-macam radang mata. Beberapa bentuk konjungtivitis berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan oleh bakteri, virus dan bahan kimia dimana penyebab terakhir ini paling mudah disembuhkan.

Dari semua kasus di atas, radang mata serta rasa gatal parah sering terjadi. Konjungtivitis yang disebabkan bakteri sangat menular dan dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Hal ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak sekunder seperti saputangan, handuk, tisu, dan benda yang dipakai bersama.

Reaksi alergi adalah penyebab lain dari sakit mata. Asap, polusi, debu dan serbuk sari menjadi pemicu utamanya. Hal ini sering sekali terjadi di musim kemarau. Biasanya partikel-partikel debu banyak beterbangan sehingga masuk ke mata.

Gejala alergi yang paling umum yang mempengaruhi mata adalah rasa gatal yang terus-menerus dan mata berair. Seringkali mata mereka menjadi sangat sensitif. Penderita mengalami rasa sakit saat mata terpapar cahaya. Cara menghilangkan radang seperti ini tentu berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya.

Jika penyebab radang mata adalah karena mata terpapar bahan kimia seperti sampo atau sabun, maka penyembuhannya akan lebih mudah. Penderita dapat membasuh mata menggunakan air bersih atau air kran. Memang awalnya terasa perih, namun residu kimia dari sampo dan sabun dapat membersihkan mata dan mengurangi terjadinya mata merah.

Awal Terjadinya Radang Mata

Mata menjadi kering terjadi ketika lapisan tipis air mata mengering karena kelenjar air mata yang tidak berfungsi atau kelenjar lakrimal. Padahal, lapisan ini memberikan pelumasan untuk mata.  Akibatnya, pelumasan mata berkurang sehingga mata terasa perih dan sensitif. Seringkali ini disebabkan dari mata yang terforsir secara berkepanjangan.

Rasa perih akibat mata kering ini biasanya dirasakan pada pagi hari. Penyebab lain dari mata kering termasuk, penuaan, efek samping obat, peradangan pada kelenjar air mata dan banyak lagi. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau ponsel pintar.

Mengapa mata akan cepat lelah dan perih saat terpapar televisi, komputer ataupun ponsel pintar? Hal ini terjadi karena saat seseorang berkonsentrasi, pastinya mata lebih jarang berkedip dimana kondisinya nanti mulai mengering. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur dan sakit mata. Gejala tersebut diperparah lagi jika udara kering seperti di ruangan dengan pendingin ruangan.

Perawatan Mata untuk Mencegah Peradangan

Pengobatan sakit mata tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Konjungtivitis virus dan bakteri dapat diobati dengan antibiotik yang terkandung dalam obat tetes mata. Kompresi dengan kain basah hangat sangat bermanfaat untuk konjungtivitis infektif karena mencegah pertumbuhan kuman.

Untuk kondisi mata kering, diberikan obat tetes mata dan salep yang dapat meningkatkan produksi air mata. Perawatan untuk konjungtivitis alergi termasuk pembilasan mata yang sering dengan air bersih. Dalam kasus yang lebih parah, obat tetes mata anti-inflamasi dan obat antihistamin oral diresepkan.

Sering beristirahat akan meringankan gejala yang disebabkan oleh membaca atau melihat monitor dalam waktu lama. Melihat ke kejauhan dan memfokuskan pada objek yang jauh setiap 20 menit akan membantu mengurangi ketegangan mata seperti halnya mengingat untuk berkedip secara teratur.

Mayoritas masalah mata yang sakit dapat dicegah dengan bantuan perawatan mata yang tepat.  Tindakan yang paling mudah untuk merawat mata adalah dengan mencuci mata Anda setidaknya 2-3 kali sehari.  Mereka yang berusia di atas 50 tahun tentu sudah memahami bahwa mencuci mata dengan merendam ke dalam boorwater adalah metode paling efektif.

Mengapa harus mencuci mata? Mata harus bersih dari debu serta kuman yang menumpuk di dalamnya. Kebersihan umum sangat penting.  Hal ini dapat dilakukan dengan untuk mencuci tangan sehingga saat mengucek mata tidak akan muncul masalah baru.

Hal berikut yang juga tak kalah penting adalah tidak berbagi barang yang digunakan melalui kontak fisik. Barang-barang tersebut adalah handuk, sapu tangan atau kosmetik mata dengan orang lain. Dengan penggunaan perawatan mata yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko terkena sakit mata.

Kesimpulan

Cara menghilangkan radang mata sebenarnya mudah. Apabila penyebabnya adalah paparan bahan kimia, maka mata dapat dibersihkan dengan air bersih. Obat tetes mata juga sangat efektif untuk menghilangkan radang mata.

Tetapi jika radang mata disebabkan karena bakteri atau virus, maka pengobatan medis harus dilakukan. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat mata yang berbeda dengan obat mata yang dijual umum. Pengobatan secara oral juga bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan