Cara Hindari Susah Tidur dan Meningkatkan Kualitas Tidur – Tubuh kita perlu istirahat saat sudah merasa lelah. Tidur merupakan hal yang penting bagi tubuh kita untuk menginstirahatkan dan memulihkan energi kita. Terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan setelah tidur, hal ini juga demi kesehatan tubuh. Memiliki kualitas yang baik akan membuat tubuh kita selalu bugar saat melakukan aktifitas sehari-hari. Sebaliknya tidur dengan kualitas yang kurang akan mempengaruhi kesehatan pada tubuh kita, karena tidur salah satu fungsinya untuk meregenerasi tubuh.

Memiliki kualitas tidur yang baik memiliki manfaat seperti :

  • Memperkuat daya tahan tubuh
  • Mempertajam ingatan
  • Tetap aktif saat siang hari
  • Mengarungi resiko terkena penyakit
  • Menambah mood positif
  • Mengendalikan nafsu makan
  • Memperpanjang umur

Dengan banyaknya manfaat yang kita dapat dari tidru, maka kita harus mulai membenahi kualitas tidur kita agar manfaat yang kita dapat lebih maksimal.

Disini mari kita cari tahu;

“Bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur ?”

“Bagaimana cara mengatur jadwal tidur yang baik ?”

“Jam berapa waktu yang tepat untuk tidur ?”

“Berapa jam yang kita perlukan untuk tidur ?’

Sebenarnya tidak ada aturan pasti untuk hal itu, tidur merupakan kebutuhan yang harus kita lakukan, setiap manusia memiliki daya tahan sendiri-sendiri dan memiliki cara untuk memenuhi kualitas tidur yang baik. Namun kami dapat merekomendasikan untuk tipsĀ Meningkatkan kualitas tidur yang baikĀ :

Kapan waktu yang tepat

Tentunya kita tidur pasti pada malam hari setelah melakukan aktifitas seharian yang memakan banyak tenaga, secara otomatis tubuh kita lelah dan mulai memiliki rasa ingin rebahan dan tidur. Kita lebih dianjurkan untuk tidur sebelum jam 12 malam, karena lewat tengah malam akan membuat tidur lebih tidak efektif. Selain itu, bangun lebih pagi akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar. Jadi, lebih baik kita tidur agak lebih malam dan bagun lebih pagi.

Berapa jam kita harus tidur

Berapa lama yang harusnya kita butuhkan untuk tidur sebenarnya tergantung usia dan kebiasaan. Anak dengan umur sekolahan lebih membutuhkan lebih lama tidur sekitar 9 -11jam, untuk umur remaja membutuhkan sekitar 8-10 Jam, sedangkan untuk dewasa membutuh kan setidaknya 6-8 jam. Semua itu juga tergantung kebiasaan tidur yang kita miliki, jika kita memiliki jam tidur yang kurang namun sudah terbiasa serta tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan, alangkah lebih baik sesekali untuk tidur lebih lama.

Hal yang harus kita hindari sebelum tidur

Melakukan relaksasi tentunya dibutuhkan sebelum tidur, lebih baik sebelum tidur yaitu meminum air putih, menjauhkan diri dari ponsel, atau sekedar mengatur posisi bantal dan posisi tidur. Sebisa mungkin untuk tidak memikirkan rasa stress, berikan sugesti positif jika solusi akan kita temukan esok hari.

Menghindari kopi sebelum tidur membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik karena kita terbebas dari kandungan kafein yang membuat tubuh kita tetap tejaga. Coba sobat membaca artikel kami tentang Tips dan Cara Meminum Kopi yang Sehat

Tips lainnya

Tubuh selalu menyesuaikan jam tidur kita, maka dianjurkan untuk selalu mengatur jam tidur lebih baik, Jika jam tidur rusak, kita harus lebih bisa membenahi kualitas tidur kita. Di luar itu mungkin hal seperti kenyamanan tempat tidur juga harus dijaga, semakin nyaman tempat tidur maka akan membuat kita lebih rileks sebelum tidur dan tubuh segera tidur nyenyak. Pada smartphone juga telah banyak tersedia aplikasi pengelola tidur, mungkin sobat akan cocok menggunakan aplikasi pengelola tidur.

 

Dari tips diatas, bisa sobat terapkan sehari-hari. Tidur sangatlah dibutuhkan untuk tubuh kita, untuk itu mari kita harus menghindari susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur kita agar tidur kita menjadi lebih maksimal dan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Jika sobat memiliki saran lain, jangan ragu untuk memberi saran dan tinggalkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

By erena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *