Cara Efektif Membuat Smartphone Lebih Awet –¬†Teknologi ini sudah menjadi barang yang sangat penting untuk kita, semua komunikasi, informasi sampai hiburan bisa kita dapatkan dari Gadget ini. Karena kita memakai smartphone untuk keperluan sehari-hari, maka kita harus menjaga dan merawat agar Smartphone menjadi lebih awet. Jika smartphone kita awet, kita tidak juga menghindari pengeluaran biaya yang lebih seperti untuk service karena kerusakan. Hal-hal yang dapat mengakibatkan smartphone rusak atau tidak awet tidak hanya seperti kita menjatuhkan smartphone atau terkena air. Mari kita bahas apa saja yang membuat Smartphone tidak awet atau tips yang tepat supaya smarthphone menjadi awet.

Sudah wajib hukumnya menggunakan protektor tambahan pada HP, karena hal ini bisa membuat gadget kita terhindar dari goresan sampai meminimalisir layar smartphone saat jatuh, untuk itu menambahkan protektor tambahan adalah cara paling direkomendasikan agar smartphone menjadi tahan lama.

  • Jangan menunggu sampai baterai habis

Jika baterai sudah lemah dan segera mati, segeralah untuk diisi ulang sebelum hp benar-benar mati. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat kesehatan baterai smartphone menurun. Jika memang dalam keadaan ingin memakai smartphone untuk beberapa jam kedepan dan tidak ada tempat untuk isi ulang, kami sarankan untuk memakai mode pesawat dan tidak mematikan ponsel ketika baterai habis, karena melakukan fungsi power seperti mematikan atau memnghidupkan akan menghabiskan lebih banyak daya daripada mengubah ponsel ke mode pesawat.

  • Hindari Aplikasi yang mencurigakan

Banyak aplikasi yang sebenarnya bukan berasal dari bawaan ponsel, apalagi  di Android. Untuk itu pastikan Sobat menginstall aplikasi yang terpercaya atau official dari playstore atau applestore. Meskipun beberapa aplikasi yang tidak official aman, namun tak jarang juga aplikasi tersebut sudah terinclude oleh virus sampai menyisipkan jalan untuk mencuri data kamu.

  • Jangan menyemprot HP dengan air

Menyemprot dengan air atau cairan pembersih di smartphone sebenarnya adalah cara yang salah, cara yang benar adalah pembersih disemprotkan ke kain khusus terlebih dahulu, setelah itu baru kain tersebut untuk membersihkan smartphone. Beberapa smartphone tidak mendukung water resistan, siapa tahu ternyata smartphone kita rentan akan air yang akan membuat alirasan listrik pad ponsel menjadi tertanggu.

  • Jangan terlalu sering menaruh smartphone di saku

Menaruh di saku adalah hal biasa bagi sebagian orang, namun hal ini seharusnya mulai dihindari. Kita tidak tahu terkadang lupa menaruh smartphone di saku celana, dan bisa saja kita malah menduduki smartphone atau smarpthone ikut tercuci karena masih berada di saku kita. Selain itu, saat di saku, panas di smartphone akan bertambah, bahkan bisa membuat smartphone kita meledek karena panas yang ia terima.

  • Gunakan aplikasi security

Tidak salahnya kita tertap berhati-hati, apalagi di era sekarang banyak peretas handal yang bisa saja mencuri data kita, untuk itu kami sarankan untuk mengaktifkan security agar data kita aman dari pencurian, selain itu misal kita kehilangan ponsel, sebagian data kita akan tetap aman.

  • Lakukan Update secara berkala

Mungkin dari sini, banyak yang tidak terlalu mempedulikan tentang update software karena beberapa hal, namun sebenarnya sangat disarankan untuk mengupdate sistem kita, setelah sistem kita terupdate, maka keamanan pada smartphone kita akan ikut terupdate dan membuat sistem kita menjadi lebih kuat dab biasanya update juga dilakukan untuk mengoptimalkan proses kinerja pada smartphone.

  • Gunakan chager yang asli

Sudah bukan rahasia menggunakan charger ori adalah pilihan terbaik, karena charger asli memang didesain untuk smartphone yang kita punya sesuai dengan model dan kapasitas baterai. Menggunakan charger yang palsu bisa saja membuat pengisian menjadi tidak stabil dan membuat baterai lama-lama menjadi rusak.

 

Baca juga : 8 Smartphone Yang Akan Rilis Tahun 2020

 

Kita sudah tahu mengenai cara membuat awet smartphone kita, untuk itu hal yang sudah kita bahas sebisa mungkin diterapkan agar HP kita menjadi lebih awet dan tahan lama. Jika Sobat memiliki cara yang lain, jangan ragu untuk tinggalkan di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat.

By erena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *