08/08/2022

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Di PeduliLindungi.id

Pemerintah memulai vaksinasi covid-19 pada Rabu, 13 Januari 2021, hari ini. Pemerintah menyampaikan bahwa vaksinasi ini gratis dan tanpa persyaratan apapun, termasuk tanpa persyaratan keanggotaan dan keaktifan di BPJS Kesehatan. Presiden RI, Joko Widodo adalah orang pertama yang akan mendapatkan vaksin covid-19 ini. Selanjutnya, beberapa menteri seperti Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin. Kemudian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz hingga Raffi Ahmad sebagai perwakilan masyarakat dan kalangan milenial. Penerima vaksin-19 ini dapat mengecek status penerimaannya melalui website pedulilindungi.id. Nah, jika kamu ingin mengecek status penerimaan vaksin covid-19, berikut adalah Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Di PeduliLindungi.id

Cara Cek Penerima Covid-19

cek penerima vaksin covid
Sumber : Peduli Lindungi

Berikut adalah alur vaksinasi covid-19 pada kloter pertama ini.

  • Penerima vaksin akan menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS Blast dari ID Pengirim: PEDULICOVID.
  • Selanjutnya melakukan registrasi ulang melalui: SMS 1199 atau UMB *119#; aplikasi Pedulilindungi atau website https://pedulilindungi.id; melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.
  • Selanjutnya Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 mengirim tiket elektronik sebagai undangan kepada penerima vaksin yang telah terverifikasi.
  • Pengingat jadwal layanan akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Pedulilindungi.id kepada sasaran.

Namun, bisa saja nomor yang mendapat SMS blast sudah tida aktif. Tidak ada salahnya kamu mencoba cara kedua untuk mengecek penerima vaksin Covid-19 ini.

  1. Kunjungi laman pedulilindungi.id
  2. Pada halaman utama, klik pada tombol periksa
  3. Masukkan data diri berupa nama lengkap dan NIK
  4. Ceklist pada I’m Not A Robot jika ada
  5. Kemudian klik selanjutnya
  6. Website akan menampilkan status penerimaan vaksin covid-19, apakah terdaftar atau tidak

Jangan Langsung Pulang Setelah Vaksinasi

Apakah Vaksin Covid Gratis
Sumber : Halodoc
Vaksinasi akan dilakukan di klinik, puskemas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya.  Setelah proses vaksinasi selesai, disarankan tidak langsung pulang dan menjalankan aktivitas berat. Sebaiknya, penerima menunggu 30 menit di ruang tunggu fasilitas kesehatan. Dalam 30 menit, mungkin reaksi-reaksi terhadap vaksin covid-19 akan muncul. Beberapa reaksi yang muncul antara lain nyeri, bengkak kemerahan, hingga selusitis. Selain itu, reaksi sistemik juga bisa muncul, seperti demam, nyeri otot, nyeri sendi, hingga sakit kepala. Tenaga kesehatan akan memberikan obats sesuai reaksi seperti pemberian paracetamol.
 Nah, itulah Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Di PeduliLindungi.id. Kamu dapat?

Tinggalkan Balasan