22/10/2021

Pengguna Aplikasi Video Conference Zoom, waspadai Hal-hal Berikut

Pengguna Aplikasi Video Conference Zoom, waspadai Hal-hal Berikut – Video Conference sedang trend. Work from home ditengah badai corona adalah pemicunya. Banyak provider aplikasi video conference bermunculan. Zoom adalah salah satu yang paling banyak penggunanya. Kemudahan penggunaan dan layanan yang gratis menjadi alasan utama.

Sebagai pengetahuan, pengguna aplikasi zoom pada akhir 2019 sejumlah 10 juta. Kemudian pada Bulan Maret pengguna melonjak drastis menjadi 20 Juta. Sungguh angka yang fastastis. 200% hanya dalam waktu 3 bulan. Bisa dimaklumi, karena user interface zoom sangat simple. 

Perhatikan gambar diatas. Begitu anda login, yang terlihat hanya 4 tombol besar. Anda langsung fokus pada pilihan utama. Membuat meeting baru, join meeting, penjadwalan dan sharing layar/screen. Bagian layar yang lain berkesan putih bersih. Tidak mengganggu konsentrasi. Seorang pemula pun tahu apa yang harus dilakukan.

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan zoom? Namun anda harus waspada. Dibalik kepopuleran zoom ternyata ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Merujuk pada artikel di medium.com, bahaya security atau keamanan mengintai. 

Bahaya Security / Keamanan Pada Zoom

Bergabung dengan meeting orang lain

Iya, anda harus super hati-hati.  Jangan asal bergabung dengan meeting orang lain. Apalagi kalau peserta yang ada di meeting tersebut tidak semuanya anda kenal. Sebagai contoh jika anda ikut webinar umum. Posisi anda di dalam rumah dan terlihat oleh kamera. Siapapun peserta meeting dapat melihat, apa yang ada dibelakang anda. Privasi rumah anda terancam.

Solusinya adalah, memilih posisi yang tepat. Jangan sembarangan memilih tempat video conference. Usahakan dibelakang anda adalah layar/tembok polos. Melakukan video conference di tengah ruang tamu, dengan latar belakang ruangan luas tidak direkomendasikan. Apalagi jika anak-anak anda bersliweran dibelakang.

Bahaya Zoombombing

Apa itu zoombombing? Ini adalah sebuah kondisi dimana room meeting dibajak orang tidak bertanggung jawab. Diperparah jika orang tersebut kemudian menampilkan konten yang tidak pantas. Hal ini dilaporkan sering terjadi. ID pada setiap video call zoom merupakan penyebabnya. Jumlah ID yang hanya 9-11 digit sangat rawan. Mudah ditebak dan dilacak. Jika anda sedang rapat yang membahas isu sensitif, hal ini berbahaya. Akan terjadi kebocoran informasi.

Jangan Sembarangan Screenshoot dan share ke media sosial

Sudah sewajarnya. Melakukan sesuatu yang sedang trend, menjadi kebanggaan, kemudian rame-rame share di media sosial. Masalahnya adalah, saat anda share screenchot video call Zoom, anda lupa menutup informasi sensitif. 

 

Pengguna Aplikasi Video Conference Zoom, waspadai Hal-hal Berikut – Saya mendapatkan screenshot diatas dari share seseorang di twitter. Sekilas memang hanya video conference biasa. Tetapi jika anda perhatikan, pada pojok kanan atas, maka terlihat. Iya, ID video callnya terlihat. Itubisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk bergabung.

Banyak perusahaan besar yang melakukan boikot zoom. Mereka beralih ke aplikasi yang lebih aman. Tulisan ini kami buat sebagai pecinta aplikasi video conference zoom juga. Supaya anda lebih berhati-hati. Stay safe, stay private.

Baca juga artikel kami mengenai 4 Aplikasi yang Bisa dipakai untuk Virtual Meeting

Tinggalkan Balasan