22/10/2021

Bisnis yang melejit saat dan pasca corona

Bisnis yang melejit saat dan pasca corona – Wabah corona tidak melulu memunculkan yang jelek-jelek saja. Memandang dari sisi positif adalah kuncinya. Ide-ide kreatif bercampur dengan keinginan untuk survive. Seiring dengan trend work from home, sebagian lini bisnis justru berkembang pesat.

Anda tidak perlu putus asa jika dirumahkan. Tidak lolos seleksi kartu pra-kerja juga bukan akhir dunia. Masih banyak tempat belajar di internet yang hanya bermodal kuota. Jika anda jeli melihat peluang, masa depan gemilang sudah dihadapan mata. Berikut kami rangkum beberapa bisnis yang kan melejit pasca corona :

Jual Beli Online/eCommerce

Pemberlakuan social distancing merubah cara orang berbelanja. Diam di rumah, memanfaatkan gadget untuk shopping bukan hal baru. Ini akan makin meningkat dengan adanya wabah corona ini. Anda bisa mencoba untuk menjual apapun yang disekitar anda. Tidak punya barang dagangan sendiri? Cobalah untuk membantu menawarkan barang dagangan tetangga atau teman-teman di sekitar.

Food Delivery

Jika anda melihat postingan di twitter, instagram atau facebook, pengiriman makanan tidak hanya milik ojol. Banyak orang yang beralih ke bisnis makanan lengkap dengan layanan pengiriman. Cukup pakai media sosial, tidak perlu tool yang mewah, dan potensi viralnya sangat tinggi. Disinilah ilmu merangkai kata sangat dibutuhkan. Anda juga perlu belajar bagaimana teknik memotret yang baik. Belajar dimana? Youtube adalah guru terbaik. Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan orang share ilmu gratis tentang fotografi produk

Local Logistik

Orang-orang sekitar adalah calon customer terbaik. Anda tidak punya sesuatu untuk dijual? Tidak usah sedih. Anda masih bisa menawarkan jasa pengantaran produk milik tetangga atau teman disekitar. Manfaatkan grup whatsapp atau telegram yang beranggotakan orang-orang sekitar.

Remote Working

Bekerja cukup dari rumah merupakan trend saat ini. Banyak orang percaya setelah corona berakhir, akan muncul trend work from anywhere. Remote working adalah bekerja dari jarak jauh. Tidak hanya milik orang teknologi informasi. Orang dari background lain pun bisa. Akan muncul nantinya administrasi dari rumah. Personalia dari rumah. Hal ini dikarenakan orang sudah terbiasa dengan media kooordinasi virtual. Zoom, jitsi, google meet, whatsapp grup dan masih banyak lagi alat-alat yang bisa dipakai.

Melihat dari beberapa jenis bisnis yang akan melesat pasca corona diatas, ada hal mendasar yang harus diperhatikan. Penguasaan teknologi internet dasar merupakan hal wajib. Smartphone bukan sekedar gaya hidup, melainkan alat modal bekerja. Hal ini juga akan memunculkan peluang lain yaitu pelatihan/edukasi tentang teknologi internet. Bagi anda youtuber/blogger, topik-topik tentang pemanfaatan internet akan sangat membantu teman-teman yang sedang berjuang mendapatkan penghasilan di tengah badai corona ini. Tidak hanya pundi-pundi uang, anda juga akan mendapatkan pahala karena sudah memberikan ilmu yang bermanfaat. Semangat produktif, semangat kreatif.

Tinggalkan Balasan