01/07/2022

Bagaimana Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami?

Bagaimana Cara Menyembuhkan Mata Minus Secara Alami?

source image : optikseis

 

Banyak di antara kita yang menyepelekan kesehatan mata hingga mengakibatkan kerusakan dan bahkan rabun. Padahal, mata yang rusak atau minus bisa membuat penderita merasa tidak nyaman.

Banyak hal akan dirasakan para penderita mata rabun, seperti mata pegal karena terlalu lelah memakai kacamata. Jika sudah kejadian, barulah kita akan mulai mencari cara menyembuhkan mata minus.

Penyembuhan mata minus pun bisa dilakukan dengan cara medis maupun alami. Lalu, bagaimana cara alami untuk menyembuhkan mata minus? Tips lengkapnya, yuk simak lebih lanjut.

1.     Konsumsi banyak vitamin dan makanan berserat tinggi

Mungkin sebagian di antara kita yang mengalami mata minus disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, banyak pula yang menderita mata minus karena pengaruh dari gaya hidup. Nah, adakah cara alami untuk menyembuhkan mata minus?

Salah satu cara alami mengatasi mata minus adalah perbanyak konsumsi vitamin dan makanan dengan serat tinggi. Makanan bervitamin dan kaya serat ini bisa didapatkan dari wortel, ubi jalar, ikan salmon, tomat, minyak ikan kod, hingga hati sapi.

Selain itu, ada pula beberapa nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Nutrisi tersebut, yakni Lutein, omega 3, vitamin C, vitamin A, vitamin C, serta Zinc. Konsumsilah beberapa makanan lain, seperti sarden, bayam, pepaya, kacang almond, serta mangga sebagai upaya menghilangkan mata minus.

 

2.     Lakukan relaksasi mata

Cara alami untuk menyembuhkan mata minus, yaitu rutin melakukan relaksasi mata. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggosokkan kedua telapak tangan, lalu letakkan langsung pada mata agar lebih rileks.

Tak hanya relaksasi, kita juga perlu mengistirahatkan mata. Biarkan mata beristirahat sejenak di tengah-tengah aktivitas, seperti bermain gadget atau komputer dalam waktu lama. Alihkan pandangan dari layar setidaknya 20 hingga 30 detik setiap 20 menit sekali.

Biasakan pula untuk fokus memandang objek berjarak lebih dari 50 meter saat mengalihkan pandangan. Ingat, segera pejamkan mata apabila sudah dirasa lelah dan pegal. Lanjutkan dengan relaksasi agar mata menjadi segar dan rileks.

 

3.     Rutin menjemur mata di pagi hari

Mata yang minus bisa diatasi dengan cara alami lain, yakni rutin berjemur di pagi hari. Caranya cukup mudah, yaitu tutup kedua mata lalu arahkan ke tempat atau posisi yang terkena panas cahaya matahari.

Tunggu sampai mata terasa hangat, lalu diamkan hingga kurang lebih 10 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya untuk menjemur mata setiap pagi. Dengan begitu, mata akan memperoleh asupan vitamin D yang baik dan minus menjadi cepat berkurang.

4.     Lakukan senam mata

Agar otot mata bisa terstimulasi, ada saran yang patut dicoba, yaitu dengan melakukan senam mata. Cara paling sederhana ketika senam mata adalah dengan mengedipkan secara cepat. Pertama, cari tempat duduk yang nyaman.

Kemudian, kedipkan mata sebanyak 10 kali dengan cepat. Setelah itu, tutup mata selama 30 detik. Ulangi cara ini 5 hingga 10 kali setiap kali merasa mata sudah lelah dan pegal.

5.     Terapi lilin

Tak cuma makan serat dan relaksasi, cara mengobati mata minus secara alami bisa juga dengan terapi lilin, lho! Untuk terapinya, sangat mudah dipraktikkan dengan perlu menyiapkan sebatang lilin lalu dinyalakan.

Jika sudah, tatap lilin tersebut beberapa menit. Selama proses ini, usahakan untuk tidak berkedip sama sekali. Tataplah lilin hingga air mata keluar dan hentikan apabila sudah tidak kuat. Untuk dapat hasil yang maksimal, praktikkan terapi lilin dalam beberapa kali dalam seminggu.

6.     Tempelkan timun di area mata minus

Mentimun ternyata memiliki kemampuan untuk menyegarkan dan relaksasi. Buah satu ini memang terdiri dari 95 persen kandungan air. Karena itu, timun sering dimanfaatkan sebagai terapi mata.

Untuk penggunaannya sebagai terapi, cukup potong timun kecil-kecil dan tempelkan langsung pada mata selama 5 hingga 10 menit. Terapi dengan timun ini tak hanya memberi efek menenangkan, namun bisa juga mengatasi mata minus.

 

7.     Konsumsi daun sirih

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mata minus selanjutnya adalah daun sirih. Daun sirih diketahui memiliki kandungan minyak esensial, yang terdiri dari karvakol, kaviol, eugenol, seta kadinen.

Untuk bisa mengonsumsi daun sirih, ada dua cara pengolahannya. Pertama, kita bisa menggunakan daun sirih sebagai masker mata atau rendam mata ke dalam air daun sirih. Jika ingin menggunakan daun sirih sebagai masker mata, caranya pun sangat mudah.

Cukup cuci daun sirih dengan air bersih lalu tempelkan ke atas kelopak mata sebelum tidur. Apabila ingin diolah menjadi cairan, cuci bersih dua lembar daun sirih dengan air lalu remas-remas daun hingga air berubah menjadi hijau.

Selanjutnya, tundukkan kepala dan rendam mata secara perlahan. Usahakan untuk membuka dan menutup mata beberapa kali saat direndam. Hal ini bertujuan agar air daun sirih bisa masuk ke dalam mata. Agar hasil maksimal, rendam mata hingga kurang lebih 30 menit.

8.     Melatih fokus penglihatan dengan jari telunjuk

Mata minus bisa disembuhkan dengan rutin melatih fokus penglihatan menggunakan jari telunjuk. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu letakkan jari telunjuk dengan jarak sejauh 10 cm.

Fokuskan pandangan ke arah jari telunjuk tersebut. Kemudian, alihkan secara perlahan fokus ke objek yang ada di belakang jari telunjuk. Usahakan agar tidak menggeser posisi kepala. Karena itu, sebelum melakukan hal ini, pilihlah posisi duduk yang nyaman.

Baiklah, itu dia beberapa cara alami untuk menyembuhkan mata minus yang bisa kita praktikkan dengan mudah di rumah. Jika tidak ingin mata minus bertambah parah, terapkan cara ini secara rutin, ya!

 

Tinggalkan Balasan