04/08/2021

14 Fitur baru di iOS 14, Untuk iphone apa saja ?

14 Fitur baru di iOS 14, Untuk iphone apa saja ? – Di tahun 2020 ini perusahaan Apple rupanya membuat kejutan untuk pecinta gadget iphone, Apple telah mengumumkan akan ada penerus iOS 13 yaitu iOS 14 yang saat ini masih dalam tahap beta. Apple mengumumkan akan adanya iOS 14 pada tanggal 22 Juni 2020 kemarin pada acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang digelar secara Online.

Sebagai penerus generasi sebelumnya, iOS 14 meningkatkan efisiensi pada tampilan UI yang digunakan pada smartphone milik Apple.

Jika ditanya kapan rilis, iOS 14 kemungkinan akan rilis pada akhir tahun 2020, jadi bagi para sahabat sinarnews yang menyukai brand iPhone akan bisa menggunakan iOS 14 di akhir tahun ini saat perilisan.

Nah, uniknya lagi bagi sahabat sinarnews yang masih memakai iphone lawas, masih bisa menikmati iOS 14 ini. iOS 14 ini masih bisa dipakai di iPhone 6s keatas. Berikut merupakan daftar iPhone yang bisa menggunakan iOS 14 :

  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE (Generasi Pertama & Kedua)

 Setelah mengetahui support device-nya, mari kita intip apa saja fitur baru yang ada di iOS 14. Berikut fitur barunya :

1. Picture-in-Picture

Bayangkan saat sahabat sinarnews sedang menonton Video tiba-tiba harus membuka aplikasi lain dan video yang ditonton terpaksa ditutup. Sekarang, dengan adanya fitur Picture-in-Picture kita tidak perlu repot-repot menutup dan membuka ulang video yang ditonton, karena fitur ini akan membuat video tetap berjalan di layar kecil. Fitur ini juga bisa aktif untuk penggunaan video call.

2. Apps Library

Sebagian pengguna iPhone lebih suka tampilan gadgetnya menjadi rapi dan bersih karena hal itu merupakan kenyamanan dalam penggunaan iPhone. Apps Library memungkinkan kita untuk mengatur struktur aplikasi yang dimiliki menjadi lebih rapi, menjadikan di satu folder yang bisa kita kategorikan. Saat dalam satu folder, pada thumbnail folder akan terdapat 2 ukuran icon, Ukuran besar jika diklik maka akan membuka aplikasi sesuai icon aplikasi yang dipilih, sedangkan jika icon kecil yang diklik maka akan menampilkan seluruh aplikasi yang ada di dalam folder tersebut.

3. Widget Interaktif

Widget di dalam produk iPhone mungkin ini bentuk fitur “ATM” dari Android, tetapi jangan salah, rupanya Widget di iPhone bisa dirasakan dalam penggunaanya dan tampilannya. Keunikan widget pada iOS 14 ini adalah bisa menempatkan beberapa widget pada satu tempat, jadi tidak menghabiskan space tampilan.  

4. Backtap Logo

Meskipun tidak semua versi iPhone tidak mendukung fitur ini, tapi fitur ini termasuk fitur yang sangat inovatif. Singkatnya fitur ini bisa melakukan perintah dengan ketukan pada logo Apple di belakang iPhone. Misalnya ketuk dua kali pada logo Apple maka akan melakukan perintah screenshot.

5. Pencarian Emoji

Saat asik chatting-an tiba-tiba kita ingin menggunakan emoji yang baru atau jarang kita gunakan, nah fitur ini bisa membantu kita untuk menemukan emoji yang kita inginkan tanpa perlu repot-repot scroll kanan kiri untuk mencari emoji yang diinginkan.

6. Security penggunaan hardware

Bukan Apple lagi kalau tidak peduli dengan keamanan iOS-nya. Fitur ini cukup berguna untuk memberi tanda saat ada aplikasi yang menggunakan hardwarenya seperti kamera dan microphone. Saat ada aplikasi yang menggunakan kamera maka akan muncul bagian pojok kanan atas berwarna hijau, sedangkan saat ada aplikasi yang menggunakan microphone maka akan muncul lingkaran berwarna orange.

7. Translator obrolan

Kita tidak akan pernah menduga, bisa saja kita bertemu dengan orang asing yang bahasanya tidak kita ketahui sebelumnya. Atau kita ingin belajar bahasa asing tapi ingin mengetahuinya lebih baik. Atau hanya penasaran dengan arti bahasa asing lainnya. Fitur Terjemahan baru dari iOS 14 ini bisa melakukan terjemahan obrolan secara real time untuk beberapa bahasa, singkatnya seperti sudah menjadi pengganti pekerjaan translator.

8. Default Apps

Sebagian pengguna lebih suka memakai browser lain di iPhone untuk alasan tampilan maupun fitur. Tapi saat kita mendapat link misalnya ada rekan kerja yang memberi link url maka akan otomatis link yang kita buka tadi akan dibuka di browser safari. Fitur ini bisa membantu sahabat sinarnews untuk mengatur default browser yang kita inginkan, jadi link yang dibuka akan otomatis dibuka di browser yang kita atur.

9. Notifikasi panggilan masuk

Dapat panggilan tiba-tiba tapi terkadang sedang tidak mood untuk menerima panggilan dan melanjutkan scroll sosial media. Fitur ini membuat notifikasi lebih sederhana dan tidak memenuhi layar, dan fitur ini bisa dibilang cukup berguna untuk digunakan seperti itu, karena ketika ada telepon masuk, maka notifikasi hanya akan muncul di layar bagian atas dan bisa mengabaikannya. Tapi terlalu mengabaikan orang lain itu tidak baik, ya.

10. Wind Down Mode

Lelah setelah melakukan aktivitas seharian dan ingin mendapatkan ketenangan sebelum tidur. Wind Down Mode pada iOS 14 bisa menjadi partner terhebat dalam hal itu. Fitur ini bisa memberi notifikasi kapan saat kita harus tidur dan bangun, selain itu fitur ini juga menyediakan meditasi relaksasi seperti musik pengantar tidur.

11. Nonaktifkan Page

Inginnya iPhone kita rapi dan bebas dari aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah kita gunakan, nah fitur ini bisa sangat mendukung kita dalam mengatur hal itu. Jadikan semua aplikasi yang ingin disembunyikan, jadikan satu halaman lalu nonaktifkan halaman tersebut, cukup simple bukan.

12. Hapus ikon pada Homepage

Hampir sama dengan nonaktifkan page, fitur ini bisa menyembunyikan icon aplikasi yang tidak kita inginkan. Hal ini sangat berguna jika kita tipe pengguna yang sederhana dan membuat tampilan menjadi tidak terlalu rame.

13. Smartech

Inti dari fitur ini sederhananya menjadikan beberapa widget dalam satu posisi, menjadikan tampilan lebih sederhana, cukup swipe pada bagian widget jika ingin menampilkan widget lainnya.

14. Apple Maps Cycling Directions

Fitur ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk pengguna yang sering bepergian menggunakan sepeda, Maps ini menampilkan beberapa informasi yang berguna seperti kondisi kepadatan lalu lintas dan ketinggian dataran rute.

 

14 Fitur baru di iOS 14 iphone – Mungkin beberapa update dari iOS 14 ini sudah tidak asing oleh pengguna Android seperti fitur picture-in-picture, Translator, pencarian emoji. Namun jika fitur ini dimasukkan ke fitur iOS 14 dengan beragam fungsi dan manfaat yang lebih kenapa enggak ? Tidak terlalu masalah jika saat ini masih dalam tahap beta, kita tetap bisa mencobanya versi betanya dan menunggu peluncuran versi resmi oleh pihak Apple di akhir tahun ini.

Demikian merupakan 14 fitur baru di iOS 14. Bagaimana, apakah sahabat sinarnews sudah siap untuk menikmati fitur ini ? Jika ada pendapat lain dan diskusi, silahkan tinggalkan komentar ya sahabat sinarnews.

PC Gaming Low Budget Intel Coffelake

Tinggalkan Balasan