18/01/2021

10 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Laptop

10 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Laptop – Hampir semua pekerjaan pada era sekarang membutuhkan gadget bahkan hampir tidak bisa lepas dari benda elektronik tersebut. Tak sedikit pembeli laptop yang berpikir hanya karena “merk ini bagus digunakan”, lalu secara tidak sadar merk tersebut langsung dibeli. Semua akan terasa saat sudah digunakan, banyak hal yang disayangkan, karena tidak memenuhi kepuasan saat memakainya dan menimbulkan kekecewaan.

10 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Laptop – Dalam pencarian laptop, jika Anda calon pengguna maka Anda harus memikirkan matang-matang mengenai apa yang bisa membuat Anda puas dengan segala perhitungan dari sisi kualitas dan biaya. Tak sedikit yang tergiur hanya karena harga laptop murah, namun tidak mempertimbangkan spesifikasi yang diinginkan. Alhasil laptop tidak bisa digunakan secara maksimal.

            Lalu bagaimana cara mencari laptop sesuai keinginan dan menargetkan sesuai biaya yang dipunyai? Berikut hal yang wajib diketahui sebelum membeli laptop:

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Begitu banyak jenis laptop yang tersedia dan semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Pertama tentukanlah kebutuhan Anda. Kira-kira pekerjaan apa yang akan Anda lakukan dengan Laptop tersebut. Apakah pekerjaan anda seorang Editor, Desainer, Developer, Penulis, Perkantoran atau Pengguna biasa.

2. Baru atau Bekas

Sebelum membeli Laptop, Anda juga harus siap mengalokasikan dana Anda untuk biaya pembelian Laptop. Jika Anda membeli Laptop bekas, maka alokasi dana yang dikeluarkan juga cukup sedikit, meskipun terkadang agak ragu untuk membeli laptop bekas. Tetapi hal ini cukup sebagai cara alternatif jika ingin mengalokasikan dana untuk Laptop baru yang memiliki harga lebih tinggi. Tentu saja Baru dan Bekas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, seperti garansi, harga, pelayanan, fitur, dan sebagainya.

3. Menentukan Sistem Operasi

Menentukan Sistem Operasi sangatlah penting untuk melakukan pekerjaan Anda kedepannya. Terdapat banyak macam Sistem Operasi yang sudah dipakai.

a. Windows

Jika Anda menyukai hal yang umum dipakai, maka Sistem Operasi Windows adalah pilihan yang terbaik. Di Indonesia sendiri hampir semua orang memakai Sistem Operasi ini. Windows dibilang sangat friendly terhadap semua pengguna, memiliki kompatibilitas terhadap banyak aplikasi-aplikasi yang hampir dipakai pada semua pekerjaan. Windows disarankan untuk keperluan perkantoran, editing, Animator, dan tentunya jika Anda penyuka Game, Windows adalah ahlinya.

b. Mac

Mac hadir dengan kualitas dan fitur yang disajikan. Selain Windows, Mac juga sangat digandrungi oleh masyarakat, apalagi kebanyakan laptop yang bersistem operasi Mac ini memiliki kualitas yang cukup maksimal. Mac memiliki keunggulan lebih terutama dalam keamanan terhadap Virus yang sering merusak file-file dalam penyimpanan. Meskipun begitu, ada kualitas juga ada harganya. Mac ini juga cocok digunakan untuk kebutuhan Perkantoran, 3D artist, Developer dan sangat nyaman untuk keperluan editing multimedia.

c. Chrome OS

Chrome OS mungkin masih terdengar asing, namun Chrome OS ini memiliki peminat yang cukup tinggi juga. Chrome OS memiliki tampilan yang elegan dan simpel. Chrome OS ini terintegrasi dengan akun Google Anda. Jika anda pertama memakai OS ini, maka anda harus masuk ke akun Google Anda. Chrome OS ini, merupakan sistem yang terintegrasi dengan Google, jadi segala pekerjaan bisa dibuat, dihapus, dan disimpan melalui Cloud dari Google. Jadi Anda harus selalu terkoneksi oleh Internet.

4. Merk

Laptop memiiliki banyak Merk yang memiliki keunggulan tersendiri, sebelum Anda menentukan untuk membeli laptop, disarankan untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari merk yang diinginkan, disarankan juga untuk mencari tahu dari review-review dari pelanggan. Jika masalah pada merk laptop yang ingin Anda beli tidak terlalu berarti untuk Anda, maka diperbolehkan saja untuk membeli laptop tersebut. Anda dapat menilai kelebaihan dan kekurangan dari segi harga, desain, kekokohan, keluhan yang pernah terjadi, kemudahan service center, dan tentunya performa.

5. Fitur Laptop

Perlu diperhatikan fitur apa saja yang disediakan oleh Laptop yang ingin dibeli. Semakin banyak fitur yang mungkin akan berguna nantinya, semakin disarankan untuk membeli laptop tersebut. Fitur bisa dilihat dari Kamera, Port USB, fitur sound, port untuk HDMI / VGA, kenyamanan touchpad dan keyboard, kenyamanan layar monitor, dan lain sebagainya. Jika anda sering bermain laptop dalam keadaan cukup gelap, maka disarankan untuk mencari laptop yang memiliki backlit pada keyboard-nya.

6. Upgradable

Karena nantinya Laptop pasti akan dipakai cukup lama, maka perlu diperhatikan pula rencana kedepannya. Semakin lama, semakin banyak pula komponen tertentu yang harus di-upgrade. Jika masih awam maka yang perlu diperhatikan oleh Anda adanya slot tambahan untuk RAM, telah mendukung SSD atau adanya slot untuk SSD, dan jika mendukung kartu grafis (VGA) ekternal , maka akan memiliki nilai plus tersendiri.

7. Spesifikasi

Penting dari segala apapun untuk mencari spesifikasi apa yang perlu dibutuhkan. Apakah spesifikasi yang Anda inginkan terpenuhi atau tidak. Dalam hal ini Anda harus bijaksana dalam mencari spesifikasi seperti dalam pemilihan jumlah RAM, jumlah penyimpanan Hard disk, Ukuran Layar, Fitur, Cache Memory, CD/DVD ROM, kartu Grafis, kecepatan prosesor dan sebagainya. Jika Anda membeli laptop untuk kebutuhan Editing, Gaming, maupun Desain, sangat disarankan untuk mencari Laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan, RAM, dan cache yang cukup besar serta sirkulasi udara yang cukup bagus.

8. Uji Coba

Jangan sampai Anda membeli laptop tanpa mencobanya terlebih dahulu jika Anda membelinya langsung dari Toko. Jika Anda membelinya secara online maka sangat disarankan untuk melihat terlebih dahulu review-review dari Youtube misalnya. Pastikan semua yang Anda inginkan sesuai dengan kenyamanan Anda. Anda juga bisa mencoba kecepatannya secara langsung, seperti saat booting. Saat uji coba juga jangan ragu untuk bertanya kepada penjual kelebihan dan kelemahan dari laptop yang Anda coba.

9. Garansi

Siapa yang tidak tergiur oleh garansi? Karena jika ada apa-apa pasti bisa segera diatasi secara gratis. Semakin lama masa berlaku garansi, semakin kita percaya dengan merk laptop tersebut. Pada umumnya hampir semua laptop memiliki garansi 1 tahun atau ada beberapa yang lebih dari 1 tahun. Tetapi hal ini bisa diperhatikan, jika Anda yakin laptop yang akan Anda beli memiliki komponen yang kokoh, Anda tak perlu tergiur dengan garansi yang terlalu lama, karena jika sudah habis masanya tanpa ada masalah, garansi menjadi tidak terpakai.

10. Harga

Akhirnya ke sisi harga, dimana semua orang selalu berpikir lebih dari 3 kali untuk menyetarakan spesifikasi dengan harga, apakah worth it atau tidak. Sangat disarankan saat Anda ingin membeli laptop, Anda melakukan survey di setiap toko atau mencari informasi melalui internet untuk mendapatkan harga terbaik Anda. Disarankan pula untuk mengajukan penawaran terhadap laptop yang ingin anda beli, seperti diskon, penurunan harga atau tambahan barang jika membeli laptop tersebut.

10 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Laptop – Itulah beberapa hal yang bisa Anda rencanakan sebelum membeli laptop. Karena laptop merupakan alat yang dipakai untuk pekerjaan atau hobi supaya bisa dipakai secara maksimal dan senyaman mungkin, jangan sampai Anda menyesal dengan pilihan Laptop Anda.

baca juga artikel kami mengenai PC Gaming Low budget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *