Wajib Anda Ketahui, Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Sumber: Halo Dokter.com

Buah naga (pitaya) merupakan jenis tanaman yang masuk turunan dari kaktus, buah naga ini baru masuk dan mulai di budidayakan di indonesia pada th 2000an.sebenarnya tanaman ini cocok sekali di budidayakan di indonesia dengan iklim tropisnya, tanaman ini dapat tumbuh di daerah dengan suhu udara 26-36 derajat celcius.

  • Beberapa jenis buah naga yang saat ini banyak di budidayakan di indonesia adalah:
    Hylocereus Undatus, merupakan jenis buah naga yang kulit luarnya merah namun memiliki daging buah berwarna putih.
  • Hylocereus Polyrhizus, jenis ini memiliki warna kulit luar merah muda dan warna dari dagingnya merah.
  • Hylocereus Coshicensis, untuk jenis yang satu ini tidak berbeda dengan jenis Hylocereus Polyrhizus. sedikit perbedaannya ada di warna daging buahnya yang terlihat merah pekat sampai hampir ungu atau biasa di sebut buah naga ungu.

Sebenarnya ada satu lagi jenis buah naga, namun untuk di indonesia sendiri jarang sekali yang membudidayakan jenis Hylocereus Megelanthus. untuk buah naga yang jenis ini berbeda dengan tiga jenis lainnya, karena jenis Hylocereus Megelanthus memiliki kulit luar berwarna kuning, bentuk buah yang agak lonjong dan warna daging buah putih.setelah kita tau berbagai jenis buah naga, alangkah lebih baiknya jika kita tau juga manfaat ajaib dari buah naga bagi kesehatan.

Buah naga memiliki kandungan gizi seperti: mineral, hemoglobin, vit A, vit C, vit b, Folat, Pottasium, serat, Antioksidan serta masih banyak lagi. Nahh, dari berbagai kandungan tersebut dapat kita rasakan manfaatnya setelah rutin mengkonsumsi buah naga. berbagai manfaat buah naga yang harus kita ketahui adalah:

SEBAGAI ANTIOKSIDAN
dengan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga khususnya bah naga merah dan ungu, mampu menangkal radikal bebas yag masuk dalam tubuh kita. selain itu antioksidan juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, cocok sekali untuk diberikan kepada penderita DBD agar membantu trombositnya naik.

MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN
tubuh ideal adalah idaman semua orang, terutama wanita seperti saya. diet karbohidrat saja kadang masih menyiksa perut, selama diet pasti kita akan mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. terkadang banyak juga ada yang berfikiran agar cepat kurus mereka stop makan atau dalam sehari hanya boleh makan 1x. sebenarnya cara yang seperti itu kurang tepat.bagaimana cara diet tetap makan karbohidrat dan proten namun perut tdk mudah lapar?
caranya mudah, cukup dengan mengurangi porsi karbo harian saja. namun jangan lupa untuk mengkonsumsi Buah, buah naga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat menjalani program diet,dengan kandungan serat dan rendah kalori buah ini dapat mengontrol nafsu makan dan melancarkan BAB sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

MENURUNKAN KOLESTEROL
kolesterol merupakan penyakit yang banyak di derita masyarakat umum, pola makan yang kurang sehat dan seimbang menjadikan penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari mulai usia muda hingga lansia. salah satu manfaat dari buah naga ini dapat membantu menurukan kolesterol serta tekanan darah tinggi, cukup dengan mengkonsumsi buah naga dan mengurangi makan makanan yang berlemak maka kita dapat mencegah dan menurunkan kolesterol.

Tahukah kalian buah naga juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil lhoo. Seperti:

MELANCARKAN BAB
biasanya wanita hamil akan sering mengalami sembelit atau susah BAB, kandungan serat yang ada di dalam buah ini dapat membantu mengatasinya, cukup dengan mengkonsumsi buah naga minimal 300gr perhari.

MEMENUHI KEBUTUHAN ZAT BESI
Zat besi sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, supaya terhindar dari anemia ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan zat besi harian sekitar 27mg. selain harus makan makanan bergizi lainnya, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi buah naga sebagai camilan penambah zat besi, selain itu juga memenuhi kebtuhan zat besi harian dapat membantu terhindar dari lahirnya bayi dalam kondisi prematur.

Sumber: Cosmoolitan.co.id

buah naga dapat dikonsumsi dengan cara di kupas dan dipotong dagingnya, namun banyak juga kreasi lain yang dapat dicoba untuk menikmatinya. cara mudah lain untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan di jadikan jus, Smoothies, es buah maupun salad buah. jangan lupa untuk menambahkan buah lain, madu, yogurt, chia seeds sebagai pelengkap!

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *