Turun Berat Badan, Detok, Darah Tinggi, dll. Manfaat Ajaib Jus Seledri

Sumber: loop.co.id

Salah satu cara untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh adalah dengan mengkonsumsi jus dari buah-buahan atau sayuran. Apakah harus dibuat jus? Kalau menurut saya lebih baik dibikin jus agar langsung bisa terserap oleh tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh setelah kita rutin mengkonsumsi berbagai macam jus atau sari dari buah.
Mungkin banyak yang belum tahu manfaat lain dari seledri, bukan hanya sebagai bahan pelengkap masakan seperti sup, soto dan berbagai masakan lain. Selain digunakan untuk bumbu masakan dan garnis untuk mempercantik hidangan, seledri tenyata mempunyai segudang manfaat ajaib yang wajib dicoba.

MEMBANTU PROSES DETOX
Apa itu detox atau detoxifikasi? Detok adalah proses alami dimana tubuh mengeluarkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Di era modern sekarang ini banyak sekali obat yang mengklaim bisa membantu mendetox tubuh secara cepat dan tanpa efek samping. Namun alangkah lebih baiknya kita gunakan bahan alami seperti seledri sebagai bahan untuk membantu proses detox secara alami.
Anda bisa memulai untuk detox menggunakan jus seledri ini selama 2 pekan. Minumlah jus ini setiap pagi setelah olahraga dan pastikan juga sebelum meminum jus seledri ini perut dalam keadaan kosong. Oh ya, selama proses detox jangan sampai ada hari yang absen mengkonsumsi jus tersebut.

MENURUNKAN DARAH TINGGI
Bagi penderita Hypertensi atau Darah Tinggi, jus seledri ini juga dapat digunakan sebagai alternatif selain obat dokter saat hypertensi datang menyerang. Seledri mengandung zat-zat baik seperti: Kumarin, Phthalides dan Apigenin. Ketiga zat tersebut sangat bagus jika dikonsumsi penderita Darah Tinggi. Cara membuat Jus Seledri sangat mudah karena anda cukup memblender batang seledri dan air tanpa perlu di campurkan bahan-bahan lain.

MEMBANTU PROSES DIET
Saya adalah salah satu orang yang punya cita-cita kurus, hobi makan namun malas untuk diet. Setiap memulai diet pasti ada saja keluhan yang saya rasakan, bahkan sering sampai sakit. Diet yang tidak sehat itulah yang membuat tubuh tidak stabil, setelah berbagai macam diet yang saya coba GAGAL. Sekarang saya sedang mencoba pola hidup sehat dengan berolahraga lalu tidak lupa mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi jus seledri setiap pagi setelah bangun tidur. Bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat jus seledri yang nikmat adalah :

  • 350gr batang seledri
  • 1 Sdm Madu
  • sedikit perasan air lemon dan
  • tidak lupa campurkan sedikit air

Mungkin bahan-bahan tersebut sedikit berbeda, namun resep ini yang menurut saya lebih enak dan segar saat dikonsumsi dingin. Saya tekankan disini bukan berarti anda bisa kurus dengan hanya rutin mengkonsumsi jus seledri, tetapi anda juga harus mengimbangi dengan rajin berolaraga.

MENYEMBUHKAN JERAWAT
Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja yang dapat kita rasakan, setelah rutin mengkonsumsi jus seledri anda juga bisa merasakan manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Seledri memiliki antioksidan, mengandung air yang sangat tinggi dan tentunya rendah gula. Fungsi dari kandungan air yang ada di seledri akan membantu kulit terhidrasi, membantu menjadikan kulit tetap lembab, membantu menyembuhkan peradangan jerawat dari dalam.
Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat diatas, caranya cukup dengan rutin mengkonsumsi jus seledri setiap hari dan jangan lupa selalu membersihkan wajah serta gunakan produk-produk skincare lainnya.

TIPS MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN SELEDRI

Sumber: Buzzfeed.com

Pertama yang harus dilakukan setelah membeli seledri dari market atau pasar tradisional adalah mencuci seledri, dari batang sampai ujung daun serta jangan lupa bersihkan sisa tanah yang menempel pada sela-sela batang sampai benar-benar bersih.
Kedua, potong bagian daun seledri dari batangnya karena untuk membuat jus kita hanya membutuhkan batangnya saja. Anda bisa menyimpan dan memanfaatkan daun seledri untuk memasak.
Yang ketiga ini adalah beberapa barang yang dapat digunakan untuk menyimpan seledri agar awet di dalam kulkas.
caranya cukup mudah, tiriskan batang seledri yang telah di cuci. lalu ikat batang seledri jadi satu, bungkus dengan koran atau alumunium foil setelah itu simpan di dalam kulkas. 

 

Sumber: Lifestyle.okezone.com

Seledri seperti apa yang bisa dibuat jus? Nahhh, sebenarnya seledri yang tepat untuk digunakan sebagai bahan utama jus adalah seledri import atau lebih mudahnya seledri yang batangnya besar bukan seledri yang biasa kita temui di pasar. Anda bisa mendapatkan seledri jenis ini di supermarket atau di modern mart terdekat, untuk mendapat hasil yang lebih baik. Silahkan konsumsi jus seledri secara rutin dan tetap jaga pola makan ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *