Travelling Di Daerah Lokal, Ternyata Menyenangkan Dan Banyak Untungnya

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Pesona Gunung Bromo, Pantai Derawan yang memukau, Keraton Yogya yang masih terasa kejayaannya, dan Candi Borobudur yang megah. Masih banyak tempat lainnya yang sungguh menyenangkan dan memberikan kebanggaan bila bisa mengunjunginya. Sebenarnya mungkin di dekat tempat tinggal Anda ada tempat wisata yang indah dan belum terjamah oleh banyak orang, namun Anda lebih suka mengunjungi tempat-tempat yang jauh yang lebih dahulu terkenal di sosial media atau melalui rekomendasi teman.

  • Mengenal Lebih Dekat Potensi Daerah

Jika suatu saat kerabat Anda dari luar kota akan berkunjung ke daerah tempat tinggal Anda, kemudian minta diantar mengunjungi tempat wisata yang ada di situ namun Anda tidak tahu, tentu tidak lucu bukan. Luangkanlah waktu seminggu sekali untuk mengeksplor daerah wisata lokal agar Anda lebih mengenal potensi daerah Anda. Anda bahkan bisa menjadi referensi jika ada yang bertanya tentang daerah wisata di tempat Anda.

  • Jika yang dekat lebih menyenangkan kenapa harus pergi ke tempat jauh?

Melakukan perjalanan ke tempat yang jauh memang menyenangkan. Kita bisa melihat banyak hal di perjalanan. Di tempat baru kita dapat memperlajari kebudayaan masyarakat sekitar. Bertemu dengan orang-orang baru dan mengenal karakter mereka juga menjadi hal yang mengasyikkan. Anda barangkali terpukau dengan tujuan wisata yang jauh, namun jika wisata lokal dan kebudayaan sekitar juga indah dan memukau, rasanya sayang jika dilewatkan begitu saja.

  • Lebih Hemat

Wisata di daerah sendiri tentu lebih menghemat waktu dan juga uang. Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan ke tempat tujuan dan untuk kembali ke rumah. Ketika mempunyai rencana travelling namun selalu terbentur dengan jadwal pekerjaan yang padat maka travelling ke dalam kota menjadi pilihan terbaik. Anda tak perlu mengajukan cuti, cukup travelling disaat akhir pekan. Bahkan tiap akhir pekan bisa menjelahi wisata lokal yang dekat dan juga terjangkau.

Biaya yang dikeluarkan tentu lebih sedikit karena menghemat ongkos transportasi, biaya penginapan dan makan. Biaya transportasi dan penginapan ini paling banyak dikeluarkan saat travelling. Jika Anda bisa mencapai tujuan dengan kendaraan roda dua atau mobil tentu lebih hemat daripada dengan pesawat. Anda juga bisa menghemat energi karena tak perlu melakukan packing dengan membawa perlengkapan travelling yang banyak. Jika Anda seorang traveller dengan budget terbatas, maka melakukan wisata di dalam kota adalah pilihan terbaik

  • Jadi “Duta Wisata”

Wisata lokal yang belum banyak dikunjungi dan belum diperhatikan pemerintah setempat lama kelamaan tentu akan sepi dan menjadi terbengkalai. Sungguh disayangkan jika hal itu terjadi pada wisata baru yang sebenarmya bisa menjadi potensi dan pendapatan daerah. Anda bisa mengunjungi tempat tersebut dan membagikan foto-foto destinasi ke laman media sosial Anda. Anda bisa juga menuliskannya di blog atau web travelling sehingga banyak orang yang tahu dan berminat mengunjungi tempat tersebut. Anda bahkan bisa menjadi guide saat ada orang yang ingin berkunjung di sana dan belum mengetahui medannya.

Inilah keuntungan yang bisa Anda dapat dengan melakukan travelling di tempat wisata yang ada di sekitar Anda. Ternyata mengunjungi wisata lokal juga tak kalah menyenangkan dibandingkan dengan wisata di tempat jauh. Anda bisa mulai merencanakannya di minggu ini. Selamat berpetualang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *