Tips Praktis Mengepak Pakaian Saat Travelling

Saat travelling selain dokumen perjalanan, uang, kamera dan obat-obatan pribadi maka yang perlu dipersiapkan adalah pakaian. Pakaian menjadi hal penting dan terkadang menjadi masalah bagi yang kesulitan mengepak. Bagaimana semua pakaian yang dibutuhkan saat travelling bisa muat di tas. Tidak kelebihan namun juga tak ada yang tertinggal. Inilah beberapa tips mengepak pakaian agar perjalanan menjadi lebih mudah.

  • Teknik Menggulung Pakaian

Yang perlu diingat adalah tidak semua pakaian harus digulung kemudian masuk tas. Teknik menggulung sangat tepat digunakan untuk tas kain yang dijinjing. Selain itu teknik ini dipakai juga untuk pakaian rajut dan stretch, celana olahraga, sweater ringan, jersey dan jeans. 

Menggulung pakaian juga membuatnya tidak kusut sehingga tetap rapi dan nyaman ketika dikenakan. Jangan lupa untuk menghaluskan permukaan pakaian saat menggulungnya.

Baju yang telah digulung rapi sebaiknya disusun berhadap-hadapan secara vertikal. Susunan packing baju seperti ini juga mempermudah kamu saat mengambil dan menyimpan barang kembali ke koper.

  • Membuat Daftar Pakaian Yang Akan Dibawa

Pastikan bahwa semua pakaian yang dibawa memiliki fungsi dalam perjalanan ini. Saat mengunjungi daerah di pesisir pantai, anda tidak perlu membawa jaket tebal. Begitu juga saat melakukan perjalanan ke daerah pegunungan maka anda perlu membawa jaket dan pakaian tebal.

  • Pisahkan Pakaian dengan Alat Kosmetik dan Perlengkapan Mandi

Pakaian ada di bagian terdalam tas atau koper. Jangan mencampurnya dengan barang-barang yang bisa bocor atau tumpah. Jika terkena noda tentu saja akan menimbulkan masalah baru nanti saat anda travelling.

  • Gunakan Pengharum Pakaian.

Anda bisa memasukkan pengharum pakaian agar pakaian tidak bau apek dan tetap segar.

  • Gunakan Tas Packing Cubes

Tas berbentuk kotak ini bisa membantu kita memisahkan barang bawaan sesuai keperluan, dan bisa kita keluarkan dari koper ketika sampai di tempat tujuan tanpa membuatnya berantakan.

  • Teknik Melipat Pakaian

Teknik melipat ini sangat tepat digunakan untuk mengepak pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah berkeriput. Beberapa di antaranya adalah pakaian dari bahan kain rayon dan sutera. 

Sweater yang tebal, kemeja, rok tenun, celana dan jaket juga merupakan pakaian yang lebih cocok dilipat dibanding digulung. Teknik ini sama sama dengan cara melipat ketika Anda menggosok dan melipat sebelum dimasukkan ke dalam lemari

  • Pastikan Tidak Ada Ruang Yang Kosong

Anda harus mencari tempat yang pas untuk pakaian yang tepat. Saat travelling tas yang anda bawa jumlahnya terbatas. Maka biar tidak sia-sia isi tas sampai tidak ada ruangan yang kosong untuk pakaian yang diperlukan.

  • Menumpuk Pakaian Lalu Gulung

Anda dapat meletakkan pakaian dimulai dari jaket tebal, jika ingin travelling di daerah pegunungan atau negara dengan suhu renda lalu di atasnya pakaian yang lainnya dan mulai menggulungnya. Cara ini termasuk dalam teknik menggulung pakaian namun anda tak perlu menggulungnya satu persatu.

  • Menjadikan Satu Pakaian yang Akan Dipakai

Anda bisa menjadikan satu pakaian yang akan dikenakan di hari itu atau pada saat acara tertentu. Misalnya pakaian dalam yang akan dipakai pada satu hari itu, lalu pakaian casual dan celana jeans. Jadi nanti di tempat tujuan anda tak perlu membongkar pakaian hanya untuk mencari mana yang akan dikenakan.

  • Pakaianmu Jati dirimu

Kemanapun tujuan perjalanan anda, jangan lupa untuk tetap menjadi diri sendiri. Misal anda seorang muslimah maka tetapkan mengenakan dan membawa hijab serta busana muslimah.

Itulah sepuluh tips praktis mengepak pakaian yang bisa diaplikasikan saat mempersiapkan kebutuhan untuk perjalananmu. Semoga perjalanan anda lancar dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *