Tips Mengolah dan Menyimpan Daging Sapi Kurban

Hari Raya Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah pada penanggalan Hijriah. Ini adalah momen dimana umat muslim di seluruh penjuru dunia melaksanakan shalat ied lalu dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah kurban dengan cara menyembelih hewan seperti kambing, kerbau maupun sapi. Sebenarnya tidak hanya ketiga hewan tersebut karena di negara-negara lain juga menyembelih hewan unta dan domba untuk berkurban. Hari Raya kurban juga identik dengan adanya pembagian daging kurban untuk masyarakat muslim yang berkurban beserta keluarga besarnya, serta tetangga muslim dan kaum fakir miskin di lingkungan sekitar.

Tips Mengolah Daging


Mengolah daging pembagian kurban memang susah-susah gampang. Ada daging yang mudah diolah tanpa harus dimasak lama agar bisa empuk dan ada juga daging bertekstur alot sehingga perlu penanganan khusus saat memasaknya. Tetapi, dengan beberapa tips mengolah daging berikut ini, waktu untuk memasak bisa dipersingkat.

  • Sebelum memasak daging kurban, hal pertama yang harus diperhatikan adalah teknik memotong daging tersebut, potonglah daging secara berlawanan arah dari seratnya. Cara ini berfungsi untuk mencegah bersatunya serat daging saat dimasak dan bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.
  • Tips selanjutnya jika dengan cara pertama kurang berhasil, kamu bisa mencoba dengan memukul-mukul daging dengan alat pemukul daging atau bisa menggunakan ulekan. Caranya adalah taruh daging di atas talenan lalu lapisi daging dengan plastik, selanjutnya pukul pelan-pelan daging tersebut dengan alat pemukul daging.
  • Berikutnya tips yang bisa dicoba untuk mengempukkan daging adalah dengan cara membungkus daging sapi, kambing ataupun kerbau selama kurang lebih 15menit sampai 30menit (tergantung seberapa banyak daging) menggunakan daun pepaya.
  • Terakhir gunakan parutan buah nanas muda, balutkan ke seluruh daging yang akan diempukkan lalu diamkan kira-kira 20-30menit, setelah itu daging siap untuk dimasak. Hasil dari masakannya tekstur daging tersebut menjadi lebih empuk.

Langkah-langkah Menyimpan Daging

  • Jangan mencuci daging dengan air jika daging tersebut tidak langsung dimasak.
  • Jika ingin menyimpan daging yang belum diolah, maka potonglah menjadi beberapa bagian dahulu sebelum menyimpan ke dalam lemari pendingin.
  • Sebelum daging disimpan ke dalam Freezer, alangkah baiknya simpan terlebih dahulu daging kira-kira semalaman di kulkas yang sejuk.

Kalau sudah tau beberapa tips agar membuat tekstur daging menjadi empuk dan cara menyimpan daging sebelum dimasak, berikut ini adalah beberapa resep dan cara memasak daging kurban.

Resep Masakan Berbahan Dasar Daging
Ada beberapa resep olahan daging yang bisa dijadikan opsi untuk para bunda menghabiskan stok daging di dalam kulkas. Apa saja? Berikut resep masakan daging kurban yang spesial untuk keluarga.

>>Resep Daging Sapi Lada Hitam

Bahan-bahan utama:

-Daging Sapi diiris melebar kira-kira setebal 2cm lalu potong sesuai selera.

-3sdm minyak untuk menumis.

-4siung bawang putih.

-1ruas ibu jari jahe iris tipis-tipis.

-1/2sdt lada hitam bubuk.

-1/2sdt merica/lada putih bubuk.

-1/2sdt lada hitam (gerus kasar).

-2sdm kecap manis.

-1sdm kecap asin.

-2sdm saus tomat.

-1sdt gula atau secukupnya.

-paprika merah/ hijau dipotong-potong (opsional).

-100gram bawang bombai dipotong-potong.

-garam secukupnya, dan

-1sdt tepung maizena larutkan dengan sedikit air.

Cara Memasak: Pertama masukkan bumbu seperti bawang putih yang telah diiris halus, kecap manis, kecap asin, merica bubuk, lada hitam bubuk, gula pasir, saus tomat, dan garam secukupnya kedalam wadah.

Kemudian masukan daging yang telah dipotong ke dalam campuran bumbu tadi. Aduk merata sambil diremas-remas agar bumbu meresap, lalu diamkan didalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

Selanjutnya panaskan minyak untuk menumis, masukkan daging berbumbu dan tutup wajannya, sesekali diaduk hingga daging matang.
Dan terakhir tambahkan larutan maizena aduk rata serta masukkan paprika, bawang bombai kemudian aduk kembali. Matikan api lalu angkat masakan sebelum paprika dan bawang bombainya layu.

>>Resep Tongseng Daging Kambing

Bahan-bahan Utama:

-Daging kambing yang telah diiris.

-Air untuk merebus daging kambing.

-1/2bongkah kol dipotong kasar.

-3batang daun bawang lalu dirajang kasar.

-2 s/d 3 buah tomat yang diiris menjadi 4 bagian per buahnya.

-3 batang sereh digeprak.

-3cm laos digeprak.

-3 lembar daun jeruk.

-2 lembar daun salam.

-garam secukupnya.

-gula pasir secukupnya, dan

-2sdm kecap manis.

Bumbu yang dihaluskan: bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica bubuk secukupnya, (sedikit kemiri,jahe dan kunyit), cabe merah keriting dan cabe rawit.

Cara Memasak:
Pertama rebus daging kambing sampai empuk, kaldu dari rebusan daging jangan dibuang, simpan saja di wadah lain.
Selanjutnya panaskan wajan dengan sedikit minyak. Tumis bumbu halus dan masukkan juga sereh, salam, laos, daun jeruk sampai keluar aroma harum. Kemudian masukkan daging kambing yang telah direbus tadi, tambahkan air kaldu lalu aduk.
Tunggu sampai air kaldunya sedikit menyusut, kemudian tambahkan garam, gula putih dan terakhir aduk merata serta masukkan kira-kira 2sdm kecap manis atau sesuai selera, hidangkan selagi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *