Tetap Nyaman di Siang Hari, Ini Beberapa Tips Memilih Hijab Saat Suasana Panas Terik

Indonesia adalah negara yang hanya mempunyai dua musim saja yaitu musim hujan dan musim panas. Musim panas yang ada di Indonesia bisa mencapai 37 derajat celcius atau bahkan lebih. Hal ini perlu diperhatikan bagi para wanita muslim yang menggunakan hijab untuk memenuhi kewajibannya dalam agama Islam. Supaya para wanita muslim tetap nyaman dalam penggunaan hijab saat beraktivitas sehari-hari dengan suasana panas teriknya matahari, mereka perlu memperhatikan beberapa faktor. Berikut tips memilih hijab untuk musim panas:

1.)Memilih bahan yang tepat

Dalam memilih bahan hijab, pilihlah yang berbahan sejuk, nyaman, lembut, tidak panas, bahan jatuh, dan bisa menyerap keringat. Berikut adalah jenis-jenis kain hijab yang cocok digunakan pada saat cuaca terik.

01

1. Kain Ceruti

Kain ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk, namun pada saat diraba memberikan kesan halus. Saat dikenakan kain ini akan langsung jatuh dan pada saat tertiup angin kain ini tidak mudah melayang di udara. Bahan yang elastis dan lembut membuat kain ini mudah dibentuk dan terasa nyaman pada saat digunakan. Kain ini memiliki serat yang membentuk gelombang seperti kabut dan awan pada saat diterawang. Terdapat berbagai jenis kain ceruti, namun biasanya yang digunakan sebagai bahan jilbab adalah jenis kain ceruti georgette. Berikut adalah kelebihan dari kain ceruti:

  • Kain ceruti termasuk jenis kain semi premium yang memiliki bahan yang klasik, elegan dan cantik pada saat dikenakan. Namun jika dilihat dari segi harganya kain ini cukup terjangkau.
  • Efek bahan yang jatuh memberikan kesan elegan pada saat dipakai. Karena kain ini cocok digunakan untuk berbagai event dan kegiatan terutama kegiatan di luar ruangan.
  • Bahan tidak terasa panas saat dikenakan.
  • Cara perawatannya sangat mudah, tidak mudah luntur dan mudah dicuci. Kain ini juga tidak mudah melar.
  • Walaupun kain ceruti termasuk kain yang tergolong tipis namun bahannya kuat.
  • Kain ini bersifat elastis karena mengandung bahan sutra lembut sebagai bahan dasarnya.

2. Kain Katun

Bahan dasar dari kain ini adalah serat kapas yang membuat kain ini nyaman dan mudah menyerap keringat pada saat dikenakan. Terdapat banyak jenis kain katun di pasaran. Namun biasanya yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan jilbab adalah jenis kain katun ima yang memiliki sifat halus, rapi, dan dingin. Kain ini sangat nyaman dan cocok digunakan pada acara santai maupun formal. Pada saat digunakan pun pemakainya tidak akan merasa kegerahan, karena kain ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Perawatan untuk kain ini juga sangat mudah.

3. Kain Voile atau Paris

Kain yang terbuat dari bahan kapas ini memiliki sifat lembut dan halus. Kain voile ini sangat ringan dan bisa menyerap keringat pada saat digunakan, karena itulah jilbab dari bahan ini sangat cocok dikenakan pada siang hari terutama pada saat musim panas. Jika dibandingkan dengan jilbab paris, jilbab dengan bahan voile ini memiliki serat-serat yang terlihat lebih jelas.

4. Kain Sutra

Kain sutra adalah kain yang harganya cukup mahal, namun memiliki bahan yang lembut dan dingin jadi sangat nyaman digunakan untuk bahan jilbab.

 

2.)Memilih Jenis dan Model Hijab

02

Beraktivitas di luar ruangan pada waktu siang hari akan membuat suhu tubuh anda menjadi naik dan mudah sekali berkeringat. Karena itulah bagi anda yang berhijab saat panas pastinya akan merasa gerah dan tidak nyaman apalagi jika hijab yang anda kenakan memiliki bahan kain yang tidak bisa menyerap keringat. Sebaiknya pada saat anda sedang melakukan aktivitas dibawah terik matahari gunakanlah model hijab yang simple dan tidak menganggu aktivitas anda terutama dalam berwudhu. Gunakanlah hijab segi empat atau hijab instan yang bisa langsung dipakai tanpa aksesoris tambahan. 

3.)Aksesoris Hijab

Pada saat anda sedang beraktifitas dibawah terik matahari sebaiknya gunakanlah hijab yang tidak banyak menggunakan banyak jarum atau aksesoris. Karena berlebihan dalam penggunaan aksesoris itu cuma akan menghambat aktifitas anda dan membuat kepala terasa berat.

4.)Warna hijab

Pilihlah warna hijab yang terang, karena warna terang pada hijab yang anda kenakan akan membuat anda merasa sejuk. Warna terang mempunyai sifat dapat memantulkan panas matahari sehingga tidak akan diserap oleh kain hijab yang anda kenakan. Sebaliknya warna gelap pada kain jilbab yang anda kenakan akan menyerap panas matahari yang membuat anda tidak nyaman.

5.)Rambut

Sebelum menggenakan jilbab sebaiknya pastikan rambut anda benar-benar kering terlebih dahulu. Karena jika memakai jilbab dalam keadaan rambut yang lembab akan membuat anda merasa gerah dan tidak nyaman. Bagi anda yang mempunyai rambut panjang sebaiknya anda mengikatnya terlebih dahulu supaya pada saat memakai hijab rambutnya tidak kemana-mana dan anda bisa tetap nyaman dalam berhijab. Untuk meminimalisir keluarnya rambut, anda bisa memakai ciput sebagai pelindung rambut supaya tidak keluar apalagi jika kain hijab yang anda pakai terlihat tipis.

Hijab bisa menjadi penunjang penampilan anda supaya terlihat cantik dan menarik. Namun anda juga harus memperhatikan kenyamanan anda dalam memakai hijab tersebut. Apalagi dengan aktivitas anda yang begitu banyak dan diluar ruangan sebaiknya anda membawa cadangan hijab di tas anda. Sekian untuk tips hijab hari ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *