Tak Perlu Ke Klinik Kecantikkan, Inilah 4 Langkah Dasar Agar Wajah Bersih dan Sehat

Memiliki wajah bersih dan sehat menjadi dambaan setiap wanita. Anda tak perlu melakukan perawatan wajah ke salon dengan biaya mahal, karena bisa dilakukan di rumah sendiri. Perawatan dasar wajah menjadi hal penting yang perlu dilakukan sehari-hari untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah dan sehat. Sesuaikan produk dengan jenis kulit Anda apakah jenis kulit normal, kering atau berminyak. Penting untuk mengenali lebih dahulu jenis kulit Anda, karena salah pemilihan produk akan menambah masalah pada kulit wajah.

Perawatan dasar wajah sehari-hari atau yang sering dikenal dengan daily skin care routine menjadi hal wajib yang dilakukan setiap pagi dan malam hari. Pagi hari saat akan memulai aktivitas dan malam hari menjelang tidur. Jadwal sehari-hari yang cukup padat membuat wajah Anda terpapar debu, sinar matahari, asap dan polusi jika tak dibersihkan dan dirawat tentu saja akan menjadi kusam. Inilah 4 hal yang harus Anda lakukan sebagai perawatan rutin yang lebih dikenal dengan istilah CTMP (cleansing, toning, moisturizing dan protecting) ;

Cleansing

Untuk langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah. Anda bisa menggunakan sabun muka atau dengan susu pembersih. Bahkan jika dirasakan perlu, double cleansing dengan produk milk cleanser yang dilanjutkan dengan facial wash. Artinya setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih yang biasanya berupa lotion lalu dilanjutkan dengan cuci muka. Ini dilakukan ketika milk cleanser dirasa tak cukup untuk menghilangkan kotoran di wajah. Anda juga bisa memilih pembersih pertama yang sekarang beragam jenisnya selain susu pembersih yaitu ada oil cleanser, balm cleanser, micellar water dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memilih produk sesuai dengan jenis kulit Anda.

Toning

Perawatan wajah sehari-sehari untuk selanjutnya adalah dengan menggunakan toner. Gunakan toner pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah. Fungsi toner adalah memberikan kesegaran pada wajah dan mengembalikan pH wajah setelah cuci muka. pH normal pada kulit wajah adalah 5,5. Beberapa sabun muka memberikan kesan kering pada wajah. Dengan toner, wajah akan kembali segar dan untuk yang memiliki kulit berminyak akan mencegah timbulnya jerawat.

Ada tiga jenis toner yaitu toner pembersih, toner asam dan toner hydrating dan yang umum digunakan adalah toner pembersih.

Moisturizing

Pelembab mempunyai fungsi untuk melembabkan wajah agar tidak kering dan juga tidak berminyak. Dengan kata lain menyeimbangkan kandungan minyak di dalam wajah. Jika anda memiliki wajah berminyak tetap gunakan pelembab pada pagi dan malam hari yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembab wajah untuk kulit berminyak yang umumnya ada dipasaran biasanya mengandung greentea yang berfungsi mengatur kadar minyak dan mencegah timbulnya jerawat.

Protecting

Saat pagi hari gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Jika Anda melakukan aktivitas outdoor tanpa menggunakan sun care maka kulit wajah akan mudah terbakar dan mempercepat timbulnya flek. Sun care atau sun block bisa Anda oleskan setiap 2-3 jam jika Anda perempuan aktif yang banyak berada di luar ruangan.

Pada malam hari, Anda tak perlu mengoleskan tabir surya karena tak ada sinar matahari yang terik. Perbedaannya pada malam hari, Anda menggantinya dengan cream malam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah Anda. Cream malam pada beberapa wanita dengan usia 30 tahun ke atas biasanya mengandung collagen yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mengembalikan kekencangan kulit wajah.

Inilah 4 langkah perawatan dasar sehari-hari yang wajib dilakukan agar wajah menjadi bersih dan sehat. Apapun jenis produk yang anda pakai baik lokal maupun produk Korea yang sedang digandrungi wanita Indonesia sekarang, yang perlu diperhatikan adalah perawatan ini harus rutin dilakukan pagi dan malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *