Sering diabaikan, ini Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan

Sering diabaikan, ini Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan

air minum

 

      Air putih merupakan air yang bisa kita jumpai di berbagai tempat mulai dirumah kita sendiri, warung sederhana sampai restoran mewah sekalipun. Tapi, taukah anda air putih yang baik itu seperti apa?.  Air putih yang baik adalah air putih yang sudah dimasak hingga 100 °C untuk menghilangkan kandungan bakteri berbahaya yang terkandung dalam air. Syarat air putih yang bagus adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan tidak mengandung logam berat.           

       Untuk memudahkan manusia dalam mengonsumsi air putih, sekarang banyak dijual air putih dalam bentuk kemasan atau sering disebut air mineral. Air mineral yang baik adalah air mineral yang kemasannya tidak terpapar panas secara langsung terutama dalam jangka panjang, karena hal ini dapat menurunkan kualitas air mineral tersebut dan senyawa plastik dari botol bisa larut kedalam air. Apalagi bagi anda yang sering meninggalkan air mineral didalam mobil, ini akan membuat air mineral tersebut terpapar panas secara langsung. Hindari air mineral yang kemasannya sudah lembek akibat terpapar panas matahari terlalu lama, air mineral yang warna airnya sudah berubah  dan rasa airnya menjadi sedikit asam. Sebelum membeli air putih dalam kemasan sebaiknya periksa dulu kadaluarsanya.

    Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Karena komposisi tubuh manusia 70% terdiri dari cairan. Selain menghilangkan rasa haus dan penghilang dehidrasi manfaat air putih sendiri bisa mengatur suhu tubuh manusia. Pada dasarnya suhu tubuh manusia normal dewasa antara 36,5°C  sampai 37,5°C, suhu normal anak 36,3°C sampai 37,7°C, dan suhu normal bayi 36.1°C sampai 37.7°C.

    Air putih sebagai cleanser, maksutnya adalah air putih bisa membersihkan kotoran dan racun yang ada didalam tubuh. Maka dari itu banyak minum air putih sangat efektif untuk membuang dan membersihkan racun yang berada di dalam darah melalui keringat dan urine. Ada sedikit tips untuk anda, dalam keadaan anda lapar disarankan jangan langsung makan tapi usahakan minum air putih 1 gelas terlebih dulu. Hal ini bisa mengurangi rasa lapar anda dan juga bisa sebagai cleanser.

    Bagi anda yang sering kehilangan konsentrasi saat bekerja atau pun beraktifitas, air putih sangat bermanfaat untuk membantu meningkatan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak. Terutama untuk karyawan yang kerjanya di depan komputer dan seharian terkena AC, harus sering-sering mengosumsi air putih supaya meringankan kerja ginjal.

Kurangnya minum air putih akan membuat kinerja organ ginjal anda akan semakin berat dan itu akan menyebabkan resiko terkena sakit ginjal akan semakin besar. Kekurangnya minum air putih juga akan menyebabkan dehidrasi, kurang fokus, kulit menjadi kering, dan mudah marah.

       Minum air putih yang cukup juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah manusia. Karena hal itu mulai sekarang penuhi kebutuhan air putih di dalam tubuh anda. Kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda tergantung dari Berat badannya. Karena jika orang kebanyakan minum air putih hanya akan membuat dia bolak-balik ke kamar mandi dan menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer. Hiponatremia ini akan membuat penderitanya mengalami kejang, sakit kepala, mual dan kembung bahkan yang lebih parah akan menyebabkan kejang, kegagalan organ hingga kematian.

Seorang wanita meninggal karena banyak mengosumsi air putih.

Seorang wanita meninggal karena banyak mengosumsi air putih.       

       Cara menghitung kebutuhan minum air putih per sehari yaitu 7% x berat badan. Contoh berat badan saya 51 kg, jika dihitung 7% x 51 kg = 3.57, dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa minimal saya minum air putih dari bangun tidur sampai mau tidur adalah 4 Liter. Mengosumsi air putih setiap hari juga dapat menjadi diet alami bagi anda yang ingin menurunkan Berat Badan. Diet air putih ini bisa anda lakukan dengan cara terlebih dahulu menghitung kebutuhan air putih anda sehari. Setelah itu anda tinggal mengosumsi air putih sesuai dengan kebutuhan anda terutama pada saat anda bangun tidur, siang hari 30 menit sebelum makan siang, sebelum tidur dan sisanya bisa diminum saat anda merasa haus. Air putih merupakan air yang tidak memiliki kandungan kalori jadi sangat cocok bagi anda yang melakukan program penurunan Berat Badan. Supaya hasil diet air putih berhasil, pola makan anda juga harus dikontrol, jangan banyak ngemil dan anda harus bisa membedakan antara ??Kebutuhan makan anda dan Keinginan makan anda?.

       Manfaat minum air putih sebelum tidur selain untuk menurunkan Berat Badan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari dehidrasi, menghilangkan racun, menyehatkan sistem pencernaan dan menghilangkan stres dan penyebab depresi. Taukah kamu?,Warna urine juga bisa mendeteksi kondisi cairan di dalam tubuh anda, simak gambar dibawah ini.

Warna urine deteksi kondisi tubuh anda

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *