Sepuluh Tips Menghilangkan kecemburuan Kakak terhadap Adik yang Baru Lahir

Ketika orang tua menantikan kelahiran anak kedua, selain perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan, emosi anak pertama juga perlu diperhatikan.  Anak pertama juga perlu beradaptasi akan kehadiran adik bayinya nanti. Seorang kakak rentan cemburu dan mengira adik yang akan lahir akan merebut perhatian ayah dan ibu.

Anak pertama berapapun jarak kelahiran dengan adiknya, memerlukan kesiapan diri akan datangnya anggota baru di tengah-tengah keluarga. Sebaiknya orang tua memperhatikan hal tersebut. Inilah Sepuluh tips untuk menghilangkan rasa cemburu kakak terhadap adik bayi yang baru lahir ;

  • Ada Adik Bayi di Perut Ibu

Ketika Anda tahu jika sedang mengandung, selain kepada suami beritahukan juga hal ini kepada anak yang pertama. Memberitahunya sejak awal juga berarti menganggapnya penting. Anda juga bisa menunjukkan tanda testpack yang menunjukkan hasil positif. Jika anak bertanya maka Anda dapat menjelaskan sesuai bahasa anak tentang bagaimana terjadinya kehamilan. Langkah awal yang terlihat sederhana ini bisa membuat anak menjadi pribadi yang dianggap kehadirannya oleh seluruh anggota keluarga.

  • Ikut Mengantar Saat Periksa Kehamilan

Ajak anak untuk masuk ke ruang pemeriksaan saat Anda mengunjungi bidan atau dokter kandungan. Saat petugas kesehatan memeriksa kandungan dan cek kesehatan Anda, anak dapat melihat dan memperhatikannya. Saat pemeriksaan USG, Anda dapat memberitahukan juga kepada anak bahwa adik bayinya sedang tumbuh di dalam perut.

Menceritakan proses kehamilan dan juga hal-hal yang dilihatnya di ruang pemeriksaan dapat membuat hubungan batin yang lebih erat antara ibu, anak dan bayi di dalam kandungan. Akan tumbuh rasa sayang walaupun adik bayinya masih di dalam perut.

  • Turut Belanja Perlengkapan Bayi

Libatkan anak saat belanja perlengkapan bayi. Minta pendapatnya baju mana yang lucu untuk adiknya nanti. Biarkan anak yang menentukan beberapa perlengkapan bayi agar anak juga merasa penting pendapatnya di dalam keluarga.

Jika anak ingin memiliki baju yang sama seperti adiknya maka Anda bisa membelanjakannya dengan ukuran yang berbeda. Anak Anda sepertinya sudah tak sabar ingin bermain bersama adik bayinya nanti.

  • Peluk Setelah Melahirkan

Setelah ibu melahirkan, saat jam berkunjung, anak bisa diajak oleh anggota keluarga yang lain untuk menengok Anda dan adik barunya. Ketika anak datang, berilah dia pelukkan dan ciuman. Biarkan bayi anda bersama ayah atau keluarga yang mengunjungi dan Anda melepaskan rasa rindu berdua setelah beberapa saat tak bertemu karena Anda melahirkan.

  • Tak Ada yang berubah

Pastikan tak ada yang hilang walaupun adik bayinya telah lahir. Ibu masih memiliki kegiatan bersama yang tetap dengan anak. Misalnya seperti masih menyiapkan bekal sekolah, membacakan cerita menjelang tidur atau rutinitas yang lainnya yang biasa ibu lakukan berdua.

  • Biarkan Kakak Memeluk dan Menggendong Bayi

Kakak dapat memeluk adik bayinya bahkan ijinkan dia menggendongnya, tentu saja dengan pengawasan Anda atau orang dewasa lainnya jika sang kakak masih balita. Kedekatan fisik antara kakak dengan adiknya ini dapat pula mempererat ikatan batin antara keduanya. Kebiasaan mencium adik bayi menumbuhkan rasa sayang dan ingin melindungi.

  • Saudara Saling Menyayangi.

Ceritakan tentang kisah-kisah bagaimana seorang kakak beradik yang saling menyayangi. Kisah ini dapat Anda ambil dari kisah agama, kisah rakyat atau bahkan kisah hidup anda sendiri yang memiliki seorang saudara.

  • Perhatikan Emosi Anak Pertama

Memiliki bayi baru lahir tentu saja akan menyita waktu seorang ibu. Dari menyusui, mengganti popok, memandikan dan menidurkannya. Tak jarang perhatian ibu akan lebih tertuju kepada bayi yang baru lahir. Ajak kakak untuk bisa mengungkapkan perasaannya. Jangan sampai menjadi emosi terpendam sehingga kakak akan cemburu. Anda bisa juga minta maaf untuk hal-hal yang menurutnya membuatnya sedih.

  • Perhatian Lebih untuk Kakak

Jika ada teman atau saudara berkunjung maka ijinkan mereka menggendong bayi sebentar sementara Anda dapat memeluk kakak. Jika ibu sedang menyusui, maka Anda dapat mengajak kakak bercerita atau membacakan buku untuknya.

  • Kakak Tetaplah Seorang Anak.

Ketika adik lahir, beberapa orang tua mengira anak balita mereka sudah menjadi anak gede yang seharusnya bisa melakukan sebagaimana anak gede lakukan. Berapapun jarak kelahiran antara kakak dengan adik barunya, apalagi jika masih balita maka tetaplah perlakukan dia seperti anak-anak.

Itulah sepuluh tips yang bisa Anda lakukan ketika mempersiapkan dan menantikan kehadiran bayi baru. Anak pertama tak perlu merasa cemburu dan menganggap adik barunya sebagai saingan. Mempersiapkan kakak menyambut adik barunya dengan tepat dapat terjalin kedekatan secara fisik atau batin yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *