Selengkapnya Tentang Stres, Cara Menghindari dan Mengatasinya

Katanya, mental orang dulu lebih tangguh dari pada orang-orang sekarang, terutama generasi milenial dengan segala aktivitasnya mudah sekali mengalami stres. Penyebab utama kondisi stres adalah adanya ketidakmampuan seseorang mengatasi tekanan dan ancaman yang datang. Kurangnya menjaga pola hidup sehat dan pola pikir yang tidak bijak juga menjadi penyebab seseorang mudah mengalami stres.

Keterangan gambar 1: fungsi kalenjer Adrenalin

Sebenarnya, stres merupakan respon tubuh saat menghadapi tekanan, ancaman, tantangan yang tidak biasa atau tantangan besar. Ketika tubuh merasakan adanya tekanan, kelenjar adrenal melepaskan banyak hormon untuk merespon kondisi yang terjadi.

Contohnya saat seseorang mengejar pekerjaan deadline, kelenjar adrenal melepaskan hormon adrenalin untuk menawarkan energi tambahan sehingga seseorang tetap berstamina menyelesaikan tugas secara cepat.

Ketika pekerjaan tak kunjung selesai malah datang pekerjaan baru, tubuh akan merespon adanya tekanan lagi. Lalu hormon adrenal dihasilkan secara cepat. Ketidakseimbangnya hormon yang digunakan, mengakibatkan jumlah hormon berlebih lalu mengakibatkan  cemas, sakit kepala, gangguan tidur, dan tekanan darah tinggi.

Kondisi stres yang diolah dengan baik sangat bermanfaat bagi tubuh dan membantu menyelesaikan segala aktivitas, namun, kebanyakan orang mengalami kondisi stres secara berlebihan. Akibatnya sangat membahayakan kesehatan fisik dan mental seseorang seperti:

  • Mudah cemas
  • Tidak bisa konsentrasi
  • Penyakit jantung
  • Hipertensi
  • Ganguan pencernaan
  • Tumbuh banyak jerawat dan yang lainnya

Bagaimana Cara Mengelola Stres dengan Baik?

Stres tidak bisa dihilangkan atau dihindari karena merupakan respon alami dari tubuh. Ada dua kunci utama mengelola stres agar tetap bermanfaat bagi tubuh bahkan membantu menyelesaikan aktifitas yang menantang dan menyebalkan.

  1. Biasakan Berpikir dan Betindak dengan Bijak

Berfikir bijak sangat berbeda dengan berpikir positif. Berpikir bijak artinya bisa memahami diri sendiri lalu menerima keadaan diri. Setelah itu menentukan prioritas apa yang bisa diselesaikan sekarang berdasarkan kemampuan dan situasi.

Contohnya, saat tidak bisa mengerjakan tugas tepat waktu namun harus diselesaikan sekarang, kita perlu menyadari bahwa kita memang tidak mampu menyelesaikannya sesegera mungkin. Untuk itu, aturlah pikiran agar tetap fokus  menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Jika seseorang malah panik dan tergesa-gesa, justru akan membuat pekerjaan berantakan. Tubuh merespon adanya ancaman tambahan, pengelolaan kondisi stress yang buruk akan memperparah keadaan. Akibatnya seseorang akan mudah marah, pusing dan cepat lelah.

gambar2, manajemen pola piki

Membiasakan berpikir bijak sangat baik bagi seseorang. Awalnya memang tidak mudah tetapi juga tidak sulit. Berikut beberapa cara untuk membiasakan berpikir bijak:

  • Kendalikan ambisi yang terlalu tinggi

Ambisi memang bagus untuk memicu diri tetapi ambisi yang tinggi menyebabkan tekanan tinggi pula. Solusinya tetaplah fokus pada proses dan selalu memperbaiki kesalahan. Setiap kesalahan menambah pengalaman otak menghadapi tekanan dan cepat membuat keputusan.

  • Kelola waktu dengan baik

Rencanakan waktu dengan baik, agar terhindar dari pekerjaan yang tergesa-gesa. Atur waktu juga untuk mengasah kemampuan agar siap menghadapi pekerjaan dadakan.

  • Tetap fokus

Pilihlah hal-hal yang mampu diselesaikan. Jika banyak yang perlu diselesaikan, kerjakan satu persatu. Atur waktu misal sepuluh menit untuk satu pekerjaan.

  • Ambil makna di setiap kejadian dan perbaiki

Sesuatu yang negatif adalah pelajaran sedangkan hal positif adalah motivasi. Memilah-milah sikap yang pas saat terjadi tekanan lebih sulit daripada memilih sikap yang positif. 

Bedakan antara sikap positif dan sikap bijak. Sikap positif cenderung menolak perasaan negatif yang mungkin baik bagi tubuh sedangkan sikap bijak menerima hal-hal yang positif dan negatif yang memang tepat bagi tubuh dan pikiran. Jika sudah terbiasa, otak secara reflek memutuskan mana yang sikap yang tepat saat menghadapi tantangan atau tekanan.

Jangan lupa memberikan penghargaan bagi diri sendiri seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan setelah melewati kesulitan.

 

  1. Pola Hidup Sehat

Sudah banyak orang mengetahui dan merasakan manfaat pola hidup sehat. Saat kondisi stres, badan sehat sangat dibutuhkan untuk menghadapi kondisi tersebut. Tak hanya itu, pola hidup sehat bisa mencegah seseorang mengalami kondisi stres yang berlebihan.

Keterangan gambar 1: fungsi kalenjer Adrenalin

Pola hidup sehat tidak membutuhkan biaya yang besar, cukup melakukan hal-hal kecil namun rutin seperti:

  • Bangun pagi maksimal jam 5

Energi pagi sangat baik untuk menyegarkan otak dan lebih siap menghadapi kehidupan yang penuh dengan tekanan.

  • Perbanyak makanan sehat

Penuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna dan lebih baik minimalkan makanan cepat saji atau cemilan yang tidak sehat.

  • Rutin olahraga

Lakukan olahraga jogging di taman seminggu dua kali. Selain baik untuk tubuh, pemandangan taman juga baik untuk pikiran.

  • Perbanyak minum

Kandungan air dalam tubuh manusia sebesar 60%-70% dari berat badan. Penuhilah kebutuhan air agar tidak dehidrasi yang membuat tubuh cepat lelah, lemas, dan pusing. Konsintenlah minum air minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan. 

  • Penuhi waktu tidur dan kurangi menatap layar

Seseorang bisa saja menatap layar komputer dan gadget seharian. Baiknya kurangi hal tersebut untuk mengistirahatkan otak dan mata dari informasi yang tak penting. Alihkan kegiatan dengan mengobrol dengan teman atau keluarga, bisa juga dengan membaca buku atau tidur. Saat mata terpejam, hormon tidur akan membantu menstabilkan kondisi stres yang berlebihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *