Saffron di Indonesia, Segudang Manfaat Bunga Saffron yang Mahal

Sumber: Berita dunia.net

kuma-kuma adalah jenis tumbuhan yang berbunga di musim gugur, dalam bahasa ilmiah tumbuhan ini memiliki nama (Crocus Sativus L). tumbuhan ini berasal dari Asia Barat Daya atau lebih tepatnya tumbuhan ini banyak tumbuh di negara Timur Tengah, namun sekarang ini ada beberapa negara yang membudidayakan tumbuhan ini seperti di eropa dan amerika.
Mungkin di indonesia sendiri banyak yang kurang mengerti mengenai kuma-kuma, maka dari itu untuk lebih mudahnya tumbuhan ini lebih dikenal sebagai tumbuhan saffron. Saffron adalah nama lain dari tumbuhan kuma-kuma, tumbuhan ini berwarna ungu yang cantik dan memiliki kelopak bunga berwarna merah, kelopak bunga inilah yang dikenal sebagai saffron.

Banyak sekali kandungan zat-zat baik  yang terkandung di dalamnya, seperti: Memiliki zat Anti Karsinogenic (anti kanker), Anti Mutagenic (anti mutasi gen),karoten, Vitamin A, Vitamin C, zeaksantin, likopena, Asam Folat dan masih banyak lagi. Bunga saffron ini juga mengandung beberapa mineral penting yang di butuhkan tubuh kita seperti: potasium, kalsium, mangan, iron, selenium, zinc, dan magnesium.

Bunga Saffron ini biasanya di gunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu untuk campuran memasak, saffron juga di gunakan sebagai pewarna alami yang berasal dari tumbuhan, jika di konsumsi saffron memiliki rasa yang sedikit pahit namun memiliki kelebihan pada keharumannya. tidak hanya itu saja, saffron juga memiliki segudang manfaat lain yang wajib di ketahuai:

1.REMPAH DAN BUMBU MASAKAN
Bunga saffron sangat dikenal sebagai rempah-rempah serta pelengkap bumbu masakan, biasanya saffron di melayu digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk memasak nasi biryani dan berbagai menu lainnya.selain itu bunga saffron juga juga sangat aman jika digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan. di Indonesia masih cukup awam menggunakan rempah-rempah ini di dalam masakannya, selain karena harganya yang mahal kebanyakan hanya beberapa orang tertentu yang mengkonsumsinya.

untuk mengolah saffron agar bisa menjadi bumbu pelengkap masakan cukup mudah, caranya: rendam beberapa helai saffron ke dalam air hangat, diamkan sekitar 30 menit atau sampai air rendaman berwarna kuning keemasan. setelah itu campur dan tuangkan rendaman air bunga saffron tersebut ke dalam masakan.  cukup mudah bukan..

2.MENCEGAH KANKER
dengan kandungan Karsinogenic atau zat anti kanker yang erdapat pada tumbuhan ini, pantas saja saffron dipecaya dapat membantu mencegah penyakit kanker. bunga saffron mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu bekerja untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. cukup dengan mengkonsumsi rendaman 4-7 helai saffron setiap hari, kita dapat mencegah berbagai macam kanker.

3.MELEMBABKAN KULIT DAN MEREDAKAN JERAWAT
Manfaat lain bagi kesehatan kulit yang dapat di rasakan setelah rutin mengkonsumsi sari bunga saffron karena mengandung anti bakteri sehingga dapat menjadikan kulit lebih lembab dan mengatasi masalah jerawat. Caranya cukup mudah, yang pertama bisa dengan cara membasuh kulit wajah yang berjerawat dengan air bekas rendaman saffron. dan ara kedua bisa dengan menumbuk bunga saffron terlebih dahulu, setelah itu oles tumbukan saffron pada kulit.

4. MENINGKATKAN DAYA INGAT
Sering lupa adalah masalah yang sering dialami kebanyakan orang. namun lupa yang terus-menerus bisa disimpulkan bahwa daya ingat otak kita rendah.Daya ingat yang menurun pastinya sangat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain, tahukah kalian bahwa bunga saffron memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat dan membantu untuk terhindar dari penyakit Alzheimer(pikun). penyakit alzheimer ini menyerang kemampuan kognitif penderitanya,banyak penelitian yang menujukan lebih baik meminimalisir penyakit ini dengan mengkonsumsi saffron dai pada mengkonsumsi obat jenis donepezil.

itu tadi beberapa manfaat dari bunga saffron sebagai rempah-rempah serta bagi kesehatan, nahh sekarang mari kita bahas harga dari tumbuhan ini. saffron dikenal sebagai tumbuhan paling mahal di dunia, berapa sih harganya? harga dari saffron ini bisa mencapai 70jt untuk 450gram.

Di indonesia saat ini belum ada yang menjual saffron secara langsung, kebanyakan mereka hanya membeli saffron dari iran lalu di jual kembali di indonesia. mengapa dari iran? karena menurut riset pada tahun 2017 negara iran yang mengekspor saffron hingga 170 ton dan negara iran merupakan penghasil saffron terbaik saat ini.

Sumber: Aneka Bunga Hias.com

Beberapa penyebab harga tumbuhan ini mahal adalah, tumbuhan ini termasuk tumbuhan tahunan yang bermekaran pada pertengahan musim gugur saja, kerumitan pada saat memetik bunganya karena tumbuhan saffron bunganya kecil-kecil maka pada saat memetik harus hati-hati, para petaninya menggunakan pinset untuk mengambil kelopak saffron tersebut dan berikutnya untuk satu kali panen jika di hitung dalam 1 kilo gram bunga hanya dapat menghasilkan sekitar 12gram saffron kering. Wajar saja jika per 1gram saffron memiliki harga jual yang sangat tinggi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *