Rinci dan Lengkap, hal-hal penting terkait diet dan kalori pada nasi putih

    Nasi adalah makanan pokok yang dihasilkan dari gabah/biji dan merupakan makanan pokok yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya ada tiga jenis warna nasi di Indonesia mulai dari nasi merah, hitam dan putih. Kali ini saya akan membahas tentang nasi putih yang memiliki banyak penggemarnya dan mudah untuk ditemui. Nasi putih pada umumnya berwarna putih, kecil berbentuk lonjong, dan bertekstur lembut.

     Sebelum dimasak menjadi nasi, nasi disebut sebagai beras, beras ini harus melewati tiga fase yang sangat panjang mulai dari fase pertumbuhan, fase pembungaan, dan fase pembentukan gabah/biji. Dalam tiga fase tersebut beras membutuhkan waktu selama 110 hari sampai 120 hari untuk siap dipanen. Setelah padi siap dipanen harus dijemur terlebih dahulu beberapa hari supaya kering.

     Padi atau gabah yang baru dipanen memiliki kadar air yang besar, jika padi atau gabah langsung disimpan tanpa melakukan fase pengeringan maka akan membuat padi atau gabah tersebut rusak dan hancur pada saat akan digiling. Padi yang sudah melewati fase penggilingan akan disebut sebagai beras. Perjalanan beras begitu panjang dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Ada keberkahan yang tersimpan di dalam sebutir nasi, kenapa begitu? Karena banyak tangan yang ikut andil dalam proses pembentukan nasi. Maka dari itu jangan pernah membuang-buang nasi walaupun hanya sebutir.

     Dalam mengonsumsinya beras dimasak dengan mencampurkan air secukupnya yang nantinya akan menjadi nasi. Beras yang dimasak dengan air yang cukup banyak disebut bubur. Bubur ini yang biasanya disajikan untuk orang yang sedang sakit. Bubur juga bisa dimasak dengan campuran gula jawa atau disajikan dengan berbagai toping dan kuah contoh aja seperti bubur ayam.

     Didalam nasi putih juga terdapat kandungan indeks glikemik (IG) sebesar 64. Indeks glikemik (IG) adalah sebuah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang terjadi pada suatu pangan. Beras yang dimasak menjadi nasi putih secara signifikan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah. Glukosa dalam kadar tinggi ini merupakan pencetus resiko untuk terkena diabetes atau kencing manis. Proses penggilingan beras yang menghilangkan lapisan luar dan pada dasarnya yang tersisa adalah endosperm, yang sebagian besar terdiri dari pati. Nasi tetap bisa dikonsumsi, namun pahami dulu kapan dan seberapa banyak kebutuhan tubuh masing-masing sehingga tidak menjadi racun yang merugikan untuk tubuh anda.

Kalori Nasi Putih

     Dalam 100 gram nasi putih terdapat 129 kalori yang terdiri dari 2% lemak, 9% protein, dan 89% karbohidrat. Kandungan Lemak yang terdapat didalam nasi putih sangat sedikit yaitu sebesar 0.28 gram, yang terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak sangat diperlukan oleh tubuh untuk menyediakan energi jangka panjang, memberikan rasa kenyang setelah makan, membantu mengatur suhu tubuh, membantu untuk menyerap vitamin, melindungi organ-organ terpenting didalam tubuh dan membantu pembuatan hormon. Lemak yang tertinggal didalam tubuh mempunyai fungsi sebagai cadangan energi. Tetapi lemak yang terlalu banyak tertinggal didalam tubuh akan membuat tubuh mengalami obesitas.

     Kandungan lain dari nasi putih adalah protein. Protein yang masuk didalam tubuh berfungsi untuk pembentukan masa otot dan massa tulang. Karena itulah protein sangat diperlukan oleh tubuh, mengingat bahwa tulang adalah penopang dari badan manusia. Sedangkan otot berfungsi untuk menciptakan gerakan, mengatur postur tubuh, stabilitas sendi dan memproduksi panas tubuh. Protein yang terdapat didalam nasi putih yaitu sebesar 2,66 gram, sebanyak 9% dari jumlah kalori yang terdapat di 100 gram nasi putih.

     Komposisi kandungan 100 gram nasi putih yang paling besar yaitu karbohidrat sebesar 27.9 gram, sebanyak 89% dari jumlah kalori yang terdapat didalam 100 gram nasi putih. Karbohidrat adalah nutrisi yang paling cepat untuk diubah menjadi energi. Maka dari itu masyarakat Indonesia sangat gemar mengonsumsi nasi ketika pagi hari, untuk menunjang aktifitas kegiatan mereka selama seharian penuh. Sumber energi dari karbohidrat juga bisa mengaktifkan sel-sel yang dimiliki oleh otak dan membuat otak bisa semakin berkembang. Kandungan serat yang tinggi dari makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat seseorang langsung merasa kenyang dan juga bisa menjaga kesehatan pencernaan mereka tetap baik. Jadi bagi anda yang sedang melakukan program diet nasi putih justru sangat bermanfaat bagi tubuh anda tetapi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

     Jumlah Kalori yang terkandung didalam I piring nasi putih adalah 135 kalori. Kalori tersebut terdiri dari 2% lemak, 9% protein, dan 89% karbohidrat komposisi ini sama dengan komposisi yang terdapat pada 100 gram nasi. Untuk mengetahui berbedaan antara keduanya simak tabel dibawah ini :

Tabel porsi kalori

     Menurut tabel diatas zat yang terkandung dalam nasi putih adalah Lemak, Protein, dan Karbohidrat. Zat yang terkandung didalam nasi putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh antara lain:

  1. Sebagai sumber energi,
  2. Mendukung pertumbuhan manusia,
  3. Meningkatkan mood menjadi lebih baik,
  4. Mencegah kanker,
  5. Tidak ada kandungan kolestrol didalam nasi,
  6. Kaya akan vitamin,
  7. Baik untuk massa tulang, massa otot, dan gigi.

Diet Nasi Putih

     Beberapa orang selalu menghindari nasi putih pada saat mereka sedang melakukan program diet. Sebagian besar orang beranggapan bahwa nasi putih adalah penyebab mereka bisa gemuk karena kandungan karbohidrat yang begitu besar didalam nasi putih. Lalu ada yang beranggapan juga bahwa makan nasi pada malam hari juga akan membuat berat badan bertambah. Sebenarnya semua hal tersebut tidak benar, selagi kita mengetahui porsi nasi yang kita butuhkan dan waktu yang tepat untuk makan nasi.

     Rata-rata orang makan tiga kali dalam sehari yaitu pada pagi hari (sarapan) yang paling baik antara pukul 06.00 sampai 09.00, siang hari (makan siang) pukul 12.00 sampai 13.00, malam hari (makan malam) mulai pukul 19.00 diusahakan makan malam 2 jam sebelum tidur. Contoh saja kalau anda sarapan dengan nasi putih + telur ceplok total kalorinya adalah 375 kalori. Jadi pada saat anda sarapan kalori yang masuk didalam tubuh anda adalah 375 kalori, kalori ini belum termasuk pada saat anda makan siang, makan malam, dan ngemil sana sini.

     Coba bayangkan berapa banyak kalori yang akan masuk ke dalam tubuh anda. Rata-rata wanita yang berusia 19-30 tahun hanya membutuhkan 2000 kalori per hari sedangkan pria yang berusia 19-30 memerlukan 2400 kalori dalam sehari. Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh anda lebih besar dari kebutuhan kalori anda maka sisa kalori tersebut akan membuat berat badan anda menjadi naik. Jadi berat badan anda naik bukan karena nasi putih ya…. tetapi karena terlalu banyak kalori yang masuk kedalam tubuh anda.

     Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, jangan menghindari nasi putih hanya karena ingin menurunkan berat badan anda. Karena Karbohidrat yang terkandung didalam nasi putih adalah satu-satunya sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak bisa digantikan oleh energi lainnya. Menghindari nasi putih pada saat anda diet hanya akan membuat anda lemas, letih, lesu, wajah menjadi kuyu dan paling fatal adalah membuat anda jatuh sakit.

     Kebutuhan nasi putih setiap orang memang berbeda-beda tergantung dengan postur tubuhnya. Anda bisa menggunakan kepalan tangan anda untuk mengukur kebutuhan nasi putih.  Perhatikan gambar dibawah ini :

tabel

     Waktu yang paling tepat untuk mengosumsi nasi putih adalah siang hari pada pukul 12.00 sampai 13.00. Karena pada siang hari metabolisme tubuh bekerja lebih cepat dan tubuh akan mencerna seluruh makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Tapi perlu diperhatikan minumlah air putih 30 menit sebelum anda makan siang, hal ini berfungsi untuk meredakan rasa lapar sehingga kita tidak kalap saaat mengambil makanan.

     Jangan hindari makan malam, jika anda menghindari makan malam itu hanya akan membuat berat-badan anda semakin naik karena kondisi perut kosong dan inginnya memakan makanan yang ada didepan anda. Makan malam juga sangat penting bagi tubuh karena pada saat anda tidur tubuh mengalami proses pembakaran. Jika anda tidak makan malam dengan nasi putih, maka yang akan dibakar adalah massa otot dan massa tulang yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jangan Memanaskan Nasi

     Nasi putih memang sangat baik untuk tubuh kita. Tetapi nasi putih yang terlalu lama berada di dalam alat pemanas bisa berubah menjadi racun bagi tubuh anda. Apalagi nasi putih yang dipanaskan setelah lebih dari 12 jam. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Ari Fahrial Syam nasi yang tidak habis dan kembali dipanaskan mengandung kolestrol jahat, memiliki kadar kalori tinggi yang berujung meningkatkan tekanan darah dan penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *