Relaksasi Murah Dan Mudah?, Inilah Yang Bisa Anda Lakukan Di Dalam Rumah

Setelah seharian melakukan aktivitas yang padat dan berlangsung terus menerus, Anda memerlukan waktu untuk lepas dari rutinitas. Hal ini diperlukan karena padatnya aktivitas ternyata dapat menyebabkan stress dan merasa cepat lelah. Selain itu juga memunculkan beberapa penyakit seperti sakit kepala, gejala sakit jantung, kecemasan berlebih atau depresi dan juga diabetes. Anda tentu saja tidak menginginkan hal tersebut terjadi, oleh karena itu lakukan relaksasi. Jika anda termasuk yang malas keluar rumah dan pergi ke spa, maka relaksasi bisa dilakukan di dalam rumah saja. Lebih hemat dan juga praktis. Inilah relaksasi yang dapat Anda lakukan di rumah sendiri.

  • Mendengarkan Musik

Musik dapat meredakan stress dan memberikan ketenangan. Oleh karena itu di beberapa studio yoga memutarkan musik agar pikiran orang-orang yang sedang yoga dapat fokus dan tenang. Musik berhubungan dengan perasaan oleh karena itu pilihlah musik yang menenangkan. Mendengarkan musik dapat menurunkan kecemasan, meredakan stres, memperbaiki mood dan memperlambat detak jantung.

Saat mendengarkan musik Anda dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya seperti misalnya berendam atau berbaring santai.

  • Berendam Air Hangat

Berendam air hangat di bath tub memberikan rasa nyaman pada tubuh, karena air hangat merangsang keluarnya hormon oksitosin sehingga Anda merasa lebih bahagia. Air hangat juga memperlancar peredaran darah yang dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Selain itu manfaat berendam air hangat juga meredakan kecemasan dan mengurangi stres. Begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan berendam air hangat, namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan berendam lebih dari 10 menit karena dapat menyebabkan hyprtemia.

  • Mengatur Nafas

Relaksasi berikutnya yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan berbaring santai dan mengatur nafas. Hirup nafas secara perlahan-lahan lewat hidung, tahan beberapa saat di perut dan hembuskan perlahan-lahan lewat mulut. Anda bisa melakukannya sambil memejamkan mata dan membayangkan udara bersih yang anda hisap kemudian masuk ke dalam tubuh dan berjalan di peredaran darah. Saat Anda menghembuskannya, maka bayangkan Anda sedang mengeluarkan hal-hal yang buruk dari dalam diri Anda sehingga tubuh mendapatkan sesuatu yang baru, bersih dan segar. Lakukan sebanyak 10 hitungan dan rasakan manfaatnya untuk tubuh. Relaksasi dengan cara ini dapat membuat tubuh lebih tenang dan aliran darah menjadi lancar.

  • Lilin Aromatherapi

Lilin aromatherapi ini banyak sekali jenisnya dan Anda dapat mudah menemukannya di toko maupun lapak online. Pilihlah aroma yang menenangkan dan membangkitkan semangat. Bentuknya seperti lilin pada umumnya, hanya saja akan mengeluarkan aroma yang dapat membuat Anda lebih santai dan tenang.

Aromatherapi seperti ini bukanlah hal baru karena sudah digunakan sejak jaman dahulu dan dikenal di Kerajaaan Yunani kuno sebagai terapi pengobatan. Nyalakan lilin aromatherapi di sudut ruangan dan Anda bisa menghirup aromanya dan tubuh dan pikiran Anda akan rileks kembali.

  • Manjakan Diri Sendiri

Jika di pagi hari Anda tak sempat melakukan perawatan wajah maka lakukanlah di malam hari. Perawatan wajah juga termasuk relaksasi yang bisa dilakukan di rumah. Menggunakan masker di malam hari juga bisa memberikan efek tenang dan rileks. Setelah perawatan wajah yaitu membersihkan wajah, maka oleskan masker dan biarkan mengering. Anda juga bisa memijat diri sendiri di bagian kepala, leher belakang dan bahu. Stres dapat membuat beberapa bagian tubuh menjadi kaku. Pijat mulai bagian atas lalu turun ke leher kemudian ke bahu. Pijat lembut namun dengan kekuatan yang dapat Anda atur sendiri. Pijat dapat memberikan Anda ketenangan, peredaran darah menjadi lancar dan tidur menjadi lebih berkualitas.

Inilah relaksasi yang bisa Anda lakukan di rumah agar tubuh menjadi segar dan kembali semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Ternyata untuk relaksasi tak harus memerlukan biaya yang mahal dan bisa dilakukan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *