Panduan Obat Kolesterol Lengkap, Alami dan Generik

Panduan Obat Kolesterol Lengkap, Alami dan Generik

 

      Kolesterol adalah gumpalan lemak yang menyerupai lilin yang menempel di sel tubuh manusia. Kolesterol diproduksi secara alami oleh bagian liver. Namun Kolesterol yang paling banyak kita temui adalah Kolesterol yang terkandung didalam makanan sehari-hari seperti produk hewani dan olahan susu. Tubuh manusia memang sangat memerlukan Kolesterol agar berfungsi lebih baik, namun jika Kolesterol yang masuk ke dalam tubuh kita terlalu banyak juga akan berakibat buruk bagi tubuh kita.

     Terdapat dua jenis Kolesterol yang terdapat di dalam tubuh kita. Pertama, Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) adalah Kolesterol yang berbahaya untuk tubuh. Kedua, Kolesterol baik atau High Density Llipoprotein (HDL) yaitu Kolesterol yang berfungsi untuk melarutkan Kolesterol jahat didalam tubuh.

      Kolesterol yang diperbolehkan didalam tubuh adalah dibawah 170 mg/dl,  jika Kolesterol anda sudah mencapai 200 mg/dl berarti sudah termasuk berlebihan. Kolesterol yang terdapat didalam tubuh tidak selalu jahat, namun hanya jika kadar Kolesterol yang terdapat didalam darah berlebihan itu yang membuat Kolesterol menjadi jahat. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkab berbagai penyakit seperti : hipertensi, jantung, stroke dan bisa juga menghambat jalannya aliran darah yang bisa menyebabkan kematian. Karena itu anda perlu menjaga pola makan anda sehari-hari. Berikut adalah tabel jumlah Kolesterol yang terdapat didalam setiap makanan :

Tabel kolestrol

Berikut adalah ciri-ciri anda memilikiKolesterol tinggi :

  1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang.
  2. Pegal ini juga sampai ke pundak
  3. Kaki bengkak
  4. Mudah capai
  5. Gampang mengantuk.

      Bagi anda yang sudah memiliki gejala diatas bisa langsung cek kadar kolesterol anda di apotik atau puskesmas terdekat. Jangan terlalu khawatir jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, anda bisa mengonsumsi obat penurun  Kolesterol atau mengonsumsi obat alami yang bisa anda buat sendiri dirumah.

       Anda bisa menggunakan  jus jeruk nipis yang diminum setiap pagi dan malam hari, minum jus anggur, jambu merah,  kulit manggis, alpukat, mengosumsi otmeal dan buah yang mengandung serat tinggi ini bisa sebagai obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat.

       Obat kolesterol alami yang lainnya adalah Temulawak, kunyit, bawang putih, bawang merah, sambiroto, tempe, seledri dan akar manis. Berikut adalah cara untuk mengosumsi obat alami untuk kolesterol sebagai berikut.

  1. Temulawak sebagai obat Kolesterol tradisional berkhasiat untuk menurunkan kadar LDL Kolesterol sekaligus menjadi hepatoprotektor atau penjaga hati. Untuk menurunkan Kolesterol siapkan 3 jari rimpang temulawak segar, kupas kulitnya lalu parut temulawak tersebut. Ambil parutan temulawak tersebut, tambahkan ½ cangkir air panas, diamkan beberapa saat. Minum air endapat temulawak tersebut setiap hari. Selain diparut temulawak ini juga bisa direbus, namun dalam merebus temulawak tutup wadah untuk merebus harus dibuka. Karena di dalam temulawak ada kandungan minyak atsirih dan kurkumin yang memiliki manfaat yang berbeda.
  2. Kunyit : Ambil 10 gram rimpang kulit segar, bersihkan kunyit tersebut dan potong-potong. Rebus kunyit dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air dari rebusan kunyit tersebut setelah dingin. Lakukan 3x sehari, selama 12 minggu.
  3. Bawang putih : Makan lah 1-2 siung bawang putih, lakukan 2x sehari. Sumpaya bawang putih lebih mudah untuk masuk ketubuh kita, anda bisa mengiris tipis-tipis bawang putih lalu bulatkan kecil-kecil.
  4. Bawang merah : Iris tipis-tipis 20 gram bawang merah segar dan dimakan bersamaan dengan nasi.
  5. Sambiroto : Rebus 20 gram daun sambiroto kering dengan 3 gelas air. Rebus hingga mejadi 1 gelas, saring dan minum airnya. Lakukan;ah setiap hari.
  6. Tempe : Potong-potong 100 gram tempe, lalu direbus, dikukus atau bisa Makan bersamaan dengan nasi.
  7. Seledri : Daun atau akar seledri dicusi berish, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga menjadi 1 gelas, tunggu hingga dingin dan minum air rebusan tersebut.
  8. Akar manis : 10 gram akan manis dibersihkan dan direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin minum air rebusan tersebut.

      Bahan obat herbal kolesterol ini, selain mudah ditemukan juga mudah dalam pengolahannya sebagai obat kolesterol alami. Obat kolesterol ini sangat ampuh untuk tubuh anda jika di konsumsi dengan teratur dan sesuai dengan takarannya.

    Obat kolesterol tinggi juga bisa anda dapatkan di apotik terdekat. Obat kolesterol yang terdapat di apotik ada beberapa yang harus memakai resep dokter dan tidak. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda membeli obat Kolesterol dengan resep dokter karena dosisnya jelas dan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Berikut adalah obat kolesterol di apotik yang harus dengan resep dokter:

  1. Altoprev atau mevacor “lovastatin”
  2. Crestor “rosuvastatin”
  3. Lescol “fluvastatin”
  4. Lipitor  “atorvastatin”
  5. Livalo “pitavastatin”
  6. Pravachol “pravastatin”
  7. Zocor “simvastatin”

 

Obat kolesterol generik

      Obat kolesterol genetik adalah jenis obat kolesterol yang dari segi harganya lebih tinggi dari pada Obat kolesterol paten. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengosumsi obar kolesterol genetik dari pada yang paten. Karena obat kolesterol genetik memberikan hasil akhir yang lebih baik secara klinis. Berikut adalahobat kolesterol genetik.

  1. Golongan statin bekerja untuk menghambat kolesterol di hati. Obat ini sangat bagus untuk menurunkan LDL. Simvastatin dosis 5 – 40 mg, Lovastatin dosis 10 – 80 mg, Pravastatin dosis 10 – 40 mg, Fluvastatin dosis 20 – 80 mg, Atorvastatin dosis 10 – 80 mg adalah obat kolesterol yang termasuk golongan statin.
  2. Golongan asam fibrat bekerja untuk menghambat produksi VLDL didalam hati dan meningkatkan aktivitas reseptor LDL. Gemfibrozil dosis 300 mg, fenofibrat dosis 160 mg adalah obat dari golongan asam fibrat.
  3. Golongan asam nikotinah bekerja menurunkan produksi VLDL di hati yang mengakibatkan menurunnya LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL.
  4. Golongan resin pengikat asam empedu ini bekerja untuk meningkatkan asam empedu yang dapat mengubah Kolesterol didalam hati menjadi asam empedu sehingga kandungan kolesterol hati menurun. Kolestiramin dosis 8 – 16 gram, colestipol dosis 10 – 20 gram, dan colesevelam dosis 6,5 gram adalah obat yang termasuk dalam golongan ini.
  5. Golongan penghambat absropsi kolesterol bekerja untuk menghambat penyerapan dari usus, yang termasuk dalam golongan obat ini adalah Ezetimibe 10 mg.

Kolesterol yang ada didalam tubuh bisa tetap baik, jika anda bisa menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dengan berolahraga dan menjaga pola makan anda.

7 makan kolestrol tinggi

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *