Merakyat Tetapi Luar Biasa Manfaatnya, Ini Segudang Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak merupakan tanaman rempah yang dipercaya asli Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Bentuk temulawak hampir mirip dengan kunyit. Kulitnya sama-sama berwarna coklat muda namun baunya sangat berbeda. Apabila dikupas, warna dagingnyanya tidak secerah kunyit tetapi berwarna kuning pucat.

Temulawakturmeric

Temulawak mengandung dua zat utama yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kedua zat tersebut yaitu curcumin dan santorizol. Zat curcumin memiliki khasiat sebagai anti tumor, antioksidan, obat malaria dan juga dapat mencegah tertularnya HIV pada manusia. Zat curcumin juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi batu empedu, batu ginjal, demam, kolesterol tinggi, nyeri haid, nyeri sendi, pelancar ASI, sembelit, dan maag.
Sementara zat kedua disebut sebagai Santorizol. Zat inilah yang digunakan sebagai bahan merawat wajah. Zat santorizol bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Bisa juga membantu meredakan peradangan jerawat, menghaluskan kulit wajah, dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab wajah terlihat kusam.

Selain zat santorizol, temulawak juga mengandung antioksidan yang meimiliki peran dalam proses mambantu mengencangkan kulit.

Saat ini, manfaat temulawak tak hanya ampuh untuk kesehatan saja tetapi juga digunakan untuk produk kecantikan seperti masker, krim, dan pil yang bisa langsung dikonsumsi.

Sudah banyak sekali beredar produk krim kecantikan berbahan temulawak. Beredar pula produk-produk palsu yang justru membahayakan kulit wajah. Sangat tidak cantik jika sudah yakin beli produk asli malah tertipu dengan produk palsu. Tetapi tidak perlu khawatir,  ada cara yang sangat aman agar terhindar dari bahaya produk palsu yaitu dengan membuat sendiri masker temulawak.

Bagaimana Cara Menggunakan Temulawak sebagai masker alami untuk wajah?

Pemanfaatan  temulawak untuk wajah bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan konsumsi sari temulawak secara langsung atau dengan menggunakan masker temulawak. Pilihlah temulawak bubuk untuk dijadikan masker agar penggunaannya lebih mudah.

bubuk temulawak

Pembuatan masker temulawak untuk perawatan wajah

Pertama-tama, siapkan bubuk temulawak, mangkok kecil, dan air bersih. lalu masukkan 2 sendok makan bubuk temulawak dan air secukupnya ke dalam mangkok. Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan masker ke seluruh bagian wajah secara merata kecuali daerah mata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilaslah kembali dengan air hangat. Kemudian bilas lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. Lakukanlah perawatan secara rutin agar lebih efektif.

Pembuatan masker temulawak juga bisa dicampurkan dengan bahan lain seperti minyak zaitun, sari air mawar, yoghurt, susu, baby oil untuk bahan masker. Pemilihan bahan campuran bisa disesuakan dengan kebutuhan kulit wajah.

Pembuatan masker temulawak  dan madu

Siapkan tiga sendok bubuk temulawak, satu sendok madu, dan air secukupnya. Campurkan semua bahan dan aduk hingga tidak menggumpal. Sebelum pemakaian masker, bilaslah wajah dengan air hangat. Kemudian aplikasikan masker ke seluruh bagian wajah kecuali mata. Tunggu hingga mengering sekitar 20-30 menit. Lalu bilaslah wajah dengan air dingin.

Zat yang terkandung dalam temulawak membantu mengurangi peradangan kulit. Sedangkan madu membantu mengeringkan jerawat. Kedua bahan tersebut membantu mengempeskan jerawat yang membesar.

Pembuatan masker temulawak dan lemon

Siapkan dua sendok bubuk temulawak, satu sendok perasan air lemon, dan air secukupnya. Campurkan semua bahan dan aduk hingga tidak menggumpal. Sebelum pemakaian masker, bilaslah wajah dengan air hangat agar membuka pori-pori wajah. Kemudian oleskan masker ke seluruh bagian wajah kecuali mata. Tunggu hingga mengering sekitar 20-30 menit. Lalu bilaslah wajah dengan air dingin.

Penyebab kulit  kusam yaitu sel-sel kulit mati yang tak terangkat. Temulawak dan lemon mempunyai fungsi membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mencerahkan kulit wajah. Memadukan kedua bahan tersebut adalah hal yang sempurna untuk membuat wajah segar serta bebas kusam.

Pembuatan masker temulawak dan baby oil

Masker dengan Perpaduan bubuk temulawak dan baby oil sangat cocok digunakan untuk kulit wajah yang berjerawat dan berkomedo. Selain membantu menghilangkan bekas noda jerawat, masker ini membantu komedo yang membandel mudah terangkat sehingga lebih mudah untuk dibersikan.

Cara pembuatan masker ini cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan bubuk temulawak dan baby oil. Kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan tiga puluh menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Saat membilas wajah, pijat area wajah yang berkomedo untuk memudahkan pengangkatan.

 

Penggunaan bahan alami untuk masker wajah tidak dirasakan secara cepat. Hasil akan terlihat jika pemakaian dilakukan secara rutin seminggu dua kali dalam sebulan. Tak hanya itu, setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda sehingga efek yang dihasilkan juga akan berbeda-beda.

Apabila perawatan menggunakan temulawak memberikan efek yang positif, maka anda bisa melanjutkannya. Namun apabila yang muncul justru efek negatif seperti kulit kemerahan dan terasa perih, sebaiknya hentikan pemakaian dan cari jenis perawatan lain. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *