Mengenal Tanda Rambut Rontok dan Pencegahannya

Rambut adalah mahkota bagi wanita dan pria. Istilah ini sudah terdengar sejak lama. Oleh karena itu banyak sekali produk kecantikan yang khusus diciptakan untuk merawat rambut. Dari mulai shampo, hair tonic, hair mask, conditioner dan vitamin untuk rambut. Rambut yang hitam dan lebat menjadi dambaan semua orang. Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh hampir setiap orang. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab rambut rontok dan bagaimana mengatasinya

Rambut Rontok dikatakan normal, jika…

Rambut yang lepas sekitar 50-100 helai per hari masih dianggap wajar karena memang ada bagian rambut yang mati dan akan digantikan oleh sel-sel folikel yang baru.

Saat menyisir rambut, jika ada beberapa helai yang lepas dari kulit kepala anda maka itu adalah hal yang normal. Namun jika lebih dari 100 helai rambut yang lepas per hari, bisa jadi Anda mengalami masalah rambut rontok. Kerontokan pada rambut disebabkan oleh beberapa hal antara lain perubahan pola makan atau diet ketat, stres, penggunaan obat-obatan, faktor usia dan dan hormon, serta perubahan gaya hidup.

Rambut Rontok

Rambut rontok dalam istilah kedokteran disebut dengan telogen alopecia yang bisa saja terjadi tidak hanya pada pria namun juga wanita.  Dalam hal ini, rambut yang rontok akan dapat tumbuh lebat kembali setelah beberapa bulan. Jika ada permasalahan kerontokan rambut akibat stres atau penggunaan obat-obatan seperti pemakaian pil KB dan vitamin A dalam dosis tinggi, maka rambut akan kembali normal setelah 3-6 bulan setelah masalah Anda teratasi.

Datang ke Dokter, Jika…

Kerontokan rambut yang berlebihan menyebabkan rambut di semua bagian kepala lepas, bukan hanya di salah satu area tertentu saja. Sehingga keseluruhan rambut pada kulit kepala terlihat menipis. Jika tidak ditangani secara serius tentu saja akan mengganggu penampilan anda. Kerontokan rambut yang masih alami dan dianggap wajar tentu saja tidak akan menganggu kesehatan. Namun jika Anda menemukan gejala rambut rontok yang tidak wajar, misalnya saat menyisir atau memegang rambut, rambut mudah rontok dan tiba-tiba pada salah satu area kulit kepala ditemui kebotakan atau ketipisan rambut, Anda bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menangani permasalahan kerontokan rambut tersebut. Masing-masing orang mempunyai metabolisme dan reaksi yang berbeda pada faktor-faktor yang menyebabkan kerontokkan rambut. Anda bisa bertanya tentang apapun kepada dokter dan mendapatkan solusi atas permasalahan Anda.

Mencegah Rambut Rontok

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Anda bisa mencegah kerontokan rambut berlebihan ini dengan melakukan hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah setiap harinya, seperti;

  • menjalani pola makan secara benar. Beberapa kasus rambut rontok terjadi karena kehilangan nutrisi secara mendadak pada asupan makanan karena sedang menjalani program penurunan berat badan. Kehilangan berat badan lebih dari 9 kg dalam waktu satu bulan dapat menyebabkan rambut rontok.
  • jangan berlebihan dalam menggunakan pengering rambut dan melakukan perawatan rambut seperti catok. Jangan pula terlalu sering menggunakan obat pengeriting dan gonta-ganti warna rambut.
  • jangan terlalu sering mengikat rambut secara kencang, jika di dalam rumah biarkan rambut terurai agar rambut dapat bernafas dengan lega.
  • jangan menarik atau menyisir rambut dengan kasar pada saat rambut masih dalam keadaan basah, jangan menggosok dan memutarnya.
  • gunakan produk perawatan rambut dengan benar dan sesuai dengan jenis kulit kepala Anda

Rambut yang indah, lebat, dan sehat dapat membuat penampilan Anda menjadi sempurna. Untuk itu diperlukan perawatan rambut agar Anda tak mengalami masalah kerontokan rambut. Dengan menjalani tips di atas, setidaknya Anda bisa mengurangi masalah kerontokan rambut yang bisa mengganggu penampilan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *