Mengenal Pilates, Pengertian, Manfaat serta Perbedaannya Dengan Yoga

Seringkali banyak yang mengira senam yoga dan senam pilates itu sama. Dua gerakan di dalam senam tesebut memang terlihat sangat mirip, tetapi kedua senam ini ternyata berbeda. Untuk lebih mudah dipahami, Senam Yoga berasal dari Negara India dan terus berkembang sampai saat ini dan memiliki beberapa jenis, yaitu: Ashtanga, Kripalu, Bikram dan Vinyasa. Manfaat dari senam Yoga sendiri adalah untuk menjaga keseimbangan antara tubuh, pikiran dan jiwa.

Mengenal senam Pilates, gerakan senam pilates merupakan versi modern dari senam Yoga. Pilates pertama kali dikenalkan pada abad ke-20 oleh seorang atlet berkebangsaan Jerman, yang bernama Joseph Hubert Pilates. Beliau mulai mengembangkan gerakan senam yang menggabungkan fokus dan kekuatan karena senam Pilates memerlukan konsentrasi tinggi yang bertujuan supaya dapat melatih untuk mengontrol gerakan tubuh dan kekuatan otot.

MANFAAT PILATES
Melatih Kekuatan Otot Inti
Gerakan senam Pilates bermanfaat untuk melatih kekuatan pada inti otot tubuh. Fungsi dari otot inti tubuh sendiri adalah untuk menstabilkan tulang belakang dan membantu tubuh bergerak lebih efisien. Otot inti tubuh juga berfungsi untuk memberi kekuatan yang dapat membatasi pergerakan tulang belakang supaya tidak bergerak secara berlebihan. Melatih otot inti membantu memperbaiki postur tubuh supaya tetap terjaga serta mencegah cedera pada punggung. Otot inti tubuh yang lemah dapat mengganggu jangkauan atau membatasi gerakan tubuh kita.

Memperbaiki Postur Tubuh
Masih sedikit berhubungan dengan penjelasan diatas mengenai pentingnya memiliki otot inti tubuh yang kuat, hal itu sangat penting karena jika memiliki otot yang kuat, maka kita akan bebas bergerak untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Senam Pilates bermanfaat untuk melatih otot-otot yang menjadi pusat gravitasi tubuh, dari mulai otot punggung bawah, otot perut, otot pinggul serta otot panggul. Gerakan senam Pilates juga melatih otot inti tubuh agar tetap stabil dan mengatur tubuh kita supaya bisa menjaga bentuk postur tubuh baik saat duduk maupun berdiri.

Melatih Tehnik Pernafasan Dalam
Rajin mengikuti senam Pilates juga bermanfaat untuk melatih pernapasan dalam, senam Pilates ini memiliki gerakan yang lambat supaya melatih keseimbangan tubuh otot dan fikiran. Saat melakukan gerakan senam pilates kita diharuskan untuk menarik nafas dalam-dalam, lalu menghembuskan nafas dalam-dalam juga supaya membantu proses detoks dari dalam tubuh. Oksigen yang kita hirup merupakan hal penting untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Melatih Fokus
Gerakan Pilates memang terlihat mudah dilakukan, namun setiap gerakannya membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Seluruh gerakan senam Pilates menggabungkan antara konsentrasi fikiran, kekuatan otot tubuh dan juga pengaturan nafas. Dari beberapa gabungan tersebut dapat menjadikan kita lebih fokus pada setiap gerakan-gerakan pilates yang kita dilakukan.

Berikut diatas adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan jika rutin melakukan senam Pilates. Selanjutnya artikel ini akan membahas tiga gerakan-gerakan dasar senam pilates.

1. Simple Leg Lifts
Sebagai gerakan dasar pada senam Pilates, gerakan ini sangat mudah dilakukan, pertama posisi tidur terlentang lurus kemudian angkat dan gerakkan kaki bagian bawah (lutut sampai dengan telapak kaki), lakukan gerakan ini secara bergantian dan ulangi sampai 5 kali.

2. Pilates 100
Gerakan ini berfokus pada daerah bokong dan punggung atas. Untuk melakukan gerakan ini kita harus dalam posisi terlentang lurus, lalu letakkan kedua telapak tangan lurus di lantai. Setelah itu angkat kedua kaki dan tekuk bagian lutut kemudian dekatkan ke arah leher, secara bersamaan juga angkatlah kepala, leher serta punggung dari lantai, selanjutnya rentangkan kaki sampai membentuk sudut 60 derajat dari lantai, ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

3. Roll Up
Gerakan Roll Up pada senam Pilates bagus untuk kekuatan tulang belakang dan otot perut. Gerakan ini dapat membantu tulang belakang untuk membangun otot inti. Roll Up ini dimulai dengan posisi tubuh terlentang, lalu angkatlah kedua lengan lurus keatas. Selanjutnya arahkan dagu ke bagian dada dan tubuh bergerak keatas seperti posisi duduk kemudian arahkan tangan untuk menggapai kaki.

Banyak sekali gerakan-gerakan dari senam Pilates yang dapat kita coba, dan saat ini senam pilaes juga sudah tidak asing. Di Kota Semarang sendiri saat ini sudah banyak studio fitnes yang menyediakan kelas Pilates dan alangkah lebih baik kita belajar gerakan senam pilates langsung dengan Trainer yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Berikut beberapa referensi sanggar senam yang membuka kelas Pilates di Kota Semarang:

– Studio Senam, Jl.Tentara Pelajar No.41B, Lamper Kidul, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

– Pringgodani Gym dan Butik, Jl.Supriyadi No.12D, Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

– Jasmine, Jl.Sidodadi Timur No.28, Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *