Mengenal Lebih dekat Apa itu Homeschooling

Homeschooling atau yang dapat diterjemahkan secara bebas berarti sekolah di rumah, bukan di gedung sekolah, sekarang ini banyak menjadi alternatif pilihan bagi beberapa keluarga. Ada yang berpendapat jika homeschooling itu orang tua nya sendiri yang menjadi guru. Memanggil guru privat untuk belajar di rumah atau tidak sekolah namun mengikuti bimbingan belajar di luar juga merupakan beberapa pendapat dari masyarakat.

Model Pendidikan Homeschooling

Dari berbagai macam pendapat tentang homeschooling dapat disimpulkan bahwa homeschooling adalah model pendidikan yang tidak bersekolah di sekolah formal dimana orang tua bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pendidikan anak-anaknya.

Sekolah Mandiri

Beberapa pakar pendidikan memberikan pendapat jika homeschooling adalah sekolah mandiri dimana tanggungjawab terhadap proses belajar mengajar serta hasilnya berada di tangan orang tua, bukan pada guru ataupun pada lembaga sekolah.

Bakat dan Potensi

Homeschooling adalah pendidikan yang menitikberatkan pada bakat dan potensi masing-masing anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik sesuai potensinya masing-masing. Dalam homeschooling anak juga diajarkan tentang ilmu pengetahuan umum sebagaimana diajarkan di sekolah formal.

Fasilitas Homeschooling

Jika sekolah formal memiliki fasilitas yang lengkap seperti gedung sekolah, tempat belajar atau ruang kelas, lapangan luas, perpustakaan yang lengkap dan laboratorium canggih beserta fasilitas lainnya sesuai dengan sekolah yang dipilih, maka homeschooling menggunakan fasilitas yang lebih simple dan menggunakan apa yang ada.

Beberapa dari mereka mengunjungi perpustakaan umum atau perpustakaan daerah di masing-masing kota, berenang di kolam renang umum dan melakukan kunjungan ke tempat yang menjadi potensi anak. anak-anak yang menempuh pendidikan melalui homeschooling dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Hal-hal yang mereka temui bersama orang tua bisa menjadi bahan diskusi dan ilmu baru.

Dilihat dari kurikulumnya, karena fokus homeschooling disesuaikan pada bakat dan potensi anak, maka kurikulum homeschooling lebih fleksibel yang artinya boleh menggunakan kurikulum sekolah formal, mengikuti kurikulum sekolah luar negeri atau bahkan membuat kurikulum sendiri. Bahkan sekarang ini kurikulum untuk homeschooling telah disediakan dan dapat diunduh bebas.

Legalitas Homeschooling

Apakah homeschooling legal dan diijinkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di tanah air? Jawabannya adalah ya, bahwa ada peraturan yang melegalkan dan inilah beberapa undang-undang dan peraturan tentang pendidikan.

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara. Sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Dasar Tahun 1945 pasal 31 ayat (1) dan (2) yang berbunyi :

Ayat (1) : Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Ayat (2) : Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Orang tua yang menerapkan homeschooling tak perlu khawatir tentang legalitas dan ijazah yang akan diperoleh anaknya kelak.  Karena sesuai dengan Undang-undang No 20 tahun 2003, disebutkan bahwa ada tiga jalur pendidikan, yaitu jalur pendidikan formal (sekolah), nonformal (kursus, pendidikan kesetaraan), dan informal (pendidikan oleh keluarga dan lingkungan).

Selengkapnya mengenai pendidikan informal, terdapat dalam pasal 27 undang – undang No 20 tahun 2003 sebagai berikut :

(1)   Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

(2)   Hasil pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.

(3)   Ketentuan mengenai pengakuan hasil pendidikan informal sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Berdasarkan undang – undang ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan homeschooling legal di Indonesia. Selain itu siswa homeschooling memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian dan memperoleh ijazah kesetaraan yang dikeluarkan oleh Depdiknas, yaitu :

  •    paket A setara SD
  •    paket B setara SMP
  •    paket C setara SMU

Anak yang belajar melalui homeschooling juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *