Mau Punya Bayi? Ini Daftar Perlengkapan Bayi Laki-laki dan Perempuan Murah Lengkap

Memiliki bayi merupakan dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Keturunan yang hadir akan menjadi pelengkap kebahagiaan mereka. Banyak sekali pasangan yang sedikit harus berusaha lebih keras agar mendapatkan keturunan, seperti harus ikut program hamil, peniupan rahim terlebih dahulu, dan banyak juga yang sampai harus ikut program bayi tabung. Biasanya faktor penyebabnya adalah salah satu dari pasangan tersebut memiliki masalah pada hormon atau kandungannya.

Bagi calon ibu yang mau mempunyai bayi pastinya masih perlu banyak belajar tentang banyak hal, terutama mengenai apa saja yang harus dipersiapkan. Mulai dari mempersiapkan perlengkapan bayi yang baru lahir, mempersiapkan apa saja keperluan saat melahirkan, memilih bahan baju bayi yang halus, memperkirakan dan menghitung jumlah pakaian bayi yang perlu di bawa pada saat di rumah sakit, dan berbagai krim serta obat yang berguna untuk menjaga kesehatan bayi.

Bagi anda calon ibu yang akan melahirkan pastinya sangat excited saat mendekati tanggal kelahiran dan tetntunya akan menyiapkan perlengkapan yang wajib dibawa saat persalinan nanti. Apa saja daftar perlengkapan ibu dan bayi yang harus ada dalam tas?? Berikut list-nya:

PERLENGKAPAN IBU 

  • Celana Dalam, bawalah celana dalam sedikitnya 4 buah di dalam tas.
  • Bra Khusus Menyusui atau Breast Pad, mengapa harus breast pad? Karena jika memakai bra yang biasa dipakai sehari-hari pasti tidak akan nyaman. Payudara ibu setelah melahirkan akan lebih besar dan tentunya breast pad ini mampu menyerap asi agar tidak rembes sampai baju.
  • Pembalut khusus melahirkan, setidaknya pada saat di rumah sakit atau bidan bawalah pembalut sekitar 4-6 buah.
  • Gurita, ada yang tahu gurita? Gurita yang di maksud di sini bukanlah seafood tetapi gurita yang dimaksudkan adalah kain panjang yang digunakan untuk melilit perut ibu yang habis melahirkan. Gurita sendiri kegunaanya untuk menjaga perut ibu agar tidak kendur. Oohh ya, sedikit pesan bagi ibu yang baru saja melahirkan dengan cara operasi caesar alangkah lebih baik jika menggunakan gurita atau korset nanti setelah luka jahitan mengering.
  • Baju Ganti, siapkan juga baju ganti minimal dua pasang. Bawalah baju ganti yang berbahan adem serta longgar. Menurut saya lebih mudah jika mebawa baju daster yang ada kancing di bagian dada atau anda bisa saja menggunakan hem, karena baju berkancing akan memudahkan para ibu pada saat belajar menyusui.
  • Perlengkapan Mandi, seperti sabun, handuk, shampo, sikat dan odol untuk berjaga-jaga jika diperlukan menginap di rumah sakit atau bidan.
  • Jaket dan kaos kaki biasanya sering terlewatkan ke dalam list perlengkapan yang dibawa saat melahirkan, namun untuk berjaga-jaga bawalah sepasang kaos kaki dan satu jaket. Ini karena terkadang efek samping setelah melahirkan banyak ibu yang merasa kedinginan dan parahnya sampai menggigil seperti orang hypotermia.

Berikut tadi beberapa perlengkapan yang wajib dibawa oleh calon ibu yang akan melahirkan, Nahh, berikutnya kita akan membahas apa saja keperluan yang wajib dipersiapkan dan dibawa saat bayi anda baru lahir.
Sebetulnya tidak ada yang berbeda mengenai perlengkapan bayi perempuan dan bayi laki-laki karena yang paling penting adalah pakaian dan kain yang halus dan nyaman saja. Berikut macam-macam perlengkapan bayi yang harus ada di dalam tas:

PERLENGKAPAN BAYI

  • Kain Bedong, siapkan kain bedong atau kain berbahan lembut yang berbentuk segi empat. Kain bedong ini digunakan untuk membedong bayi agar suhu tubuhnya tetap hangat.
  • Popok, bawalah popok minimal 4 potong untuk berjaga-jaga kalau bayi anda mengompol dan harus ganti popok yang kering dan bersih.
  • Pampers, untuk pampers kembali lagi pada pilihan ibu mau langsung memakaikan bayinya pampers atau tidak. Jadi pampers ini hanya perlengkapan opsional saja.
  • Perlengkapan lain yang perlu dibawa adalah topi kain. Walaupun ini termasuk perlengkapan opsional saja, alangkah lebih baiknya jika tetap dipersiapkan untuk menutup kepala bayi saat pulang dari rumah sakit. Selain itu bawakan juga sepasang kaos tangan dan kaos kaki untuk melindungi kulit bayi karena biasanya kuku tangan dan kuku kaki bayi yang baru lahir sudah panjang-panjang.

Jika itu tadi daftar perlengkapan bayi yang baru lahir, maka selanjutnya kita akan membahas tentang perlengkapan bayi perempuan dan perlengkapan bayi laki-laki untuk sehari-harinya:

Bagi anda orang tua yang memiliki bayi perempuan pastinya banyak menyiapkan baju serta aksesoris yang terlihat imut dan girly. Beberapa perlengkapan bayi perempuan yang bisa di siapkan adalah baju dress yang imut dan lucu, rok bernuansa pink atau warna pastel, baju atasan yang berbahan katun serta sepatu berbahan kain dan tidak lupa aksesoris seperti kaos kaki serta bandana agar outfit harian bayi kita terlihat matching.

Untuk perlengkapan bayi laki-laki sebagai outfit hariannya ibu bisa menyiapkan kaos pendek berbahan katun, celana kain yang halus, sepatu kain, kaos kaki yang nyaman dan topi yang keren. Namun jangan diambil pusing, Mom, sekarang ini banyak juga perlengkapan bayi murah tetapi tidak murahan yang bisa dibeli di toko perlengkapan bayi terdekat.

Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan bayi laki-laki maupun bayi perempuan yang harus disiapkan setiap harinya ya, Mom! seperti:
– Botol Susu
– Baju tidur lengan panjang berbahan katun yang adem
– Bedak bayi
– Minyak telon
– Sabun dan shampo non comedogenic yang aman untuk kulit bayi
– Salep khusus untuk iritasi kulit bayi
– Kain halus atau selimut
– Gendongan
– Stroller, dan lain-lain

Daftar perlengkapan diatas hanyalah sebagian dari perlengkapan ibu dan bayi yang wajib disiapkan lebih awal. Kurang lebihnya bisa ditambahkan sendiri karena keperluan setiap newborn berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *