Mau Bekerja di Hotel, Ini beberapa Kampus di Semarang dengan Program Studi Perhotelan

Seiring pesatnya perkembangan industri pariwisata di Indonesia, banyak dibutuhkan tenaga ahli untuk mendukungnya. Peluang kerja semakin terbuka lebar untuk tenaga ahli seperti ahli tata boga di bidang kuliner, pemandu di bidang komunikasi, ahli perhotelan di bidang akomodasi, dan tenaga ahli lainnya.

Bagi kamu yang bertipe tidak betah duduk berlama-lama mendengarkan dosen, jurusan perhotelan sangat cocok karena jurusan ini memiliki kurikulum berbasis praktek.  Selain itu, jurusan ini mendidik pribadi yang disiplin dan attitude tinggi seperti keramahan, kesopanan, dan kesabaran. Lulusan jurusan perhotelan akan terjun langsung ke tempat kerja yang bertemu langsung dengan orang banyak sehingga pendidikan attitude sangat diutamakan di jurusan ini.

Tertarik dengan jurusan perhotelan?

Ada beberapa kampus di kota-kota besar yang menyediakan jurusan perhotelan salah satunya di Kota Semarang. Berikut kampus yang menyediakan jurusan perhotelan dengan akreditasi unggulan di Kota Semarang.

  1. Udinus (Universitas Dian Nuswantoro)

Kampus ini berdiri sejak tahun 1990 dan sudah berakreditasi institusi A. Mulai tahun ajaran 2016/2017 di bawah Fakultas Ilmu Budaya, Udinus membuka program studi (Prodi) manajemen perhotelan D4. Prodi ini dirancang dengan masa studi selama 4 tahun atau 8 semester program perkuliahan.

Kampus Udinus

Proses perkuliahan manajemen perhotelan Udinus didukung dengan fasilitas infrastruktur yang mumpuni seperti laboratorium berstandar bintang 5 antara lain lab. Front Office, Lab Housekeeping, Lab Food and Beverage Service & Product. Ada juga fasilitas lain seperti Kelas ber-AC, Eskalator, roof Garden, Food Court dan banyak lainnya.

Biaya perkuliahan di Udinus cukup terjangkau yaitu Uang Sumbangan Pembangunan Institusi (USPI) sebesar Rp10.000.000,- dan Uang SKS, Uang SPP sejumlah Rp7.200.000,- yang dibayarkan per semester.

  1. Unisbank (Universitas Stikubank Semarang)

Kampus yang terletak di jalan Kendeng V Bendan Ngisor Semarang ini sudah berdiri sejak tahun 1968. Tahun 2007 Unisbank memiliki Fakultas Kepariwisataan dengan program studi perhotelan D3 berakreditasi B. Bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja, Unisbank menyediakan dua kelas pilihan yaitu kelas pagi dan juga kelas sore.

Kampus Unisbank

Proses perkuliahan mengacu kurikulum standar kompetensi, ada juga program in house training, dan magang di hotel berbintang seluruh Indonesia. Guna mendukung proses perkuliahan, Unisbank menyediakan fasilitas praktikum antara lain restaurant, bartending, dapur, hotel room, front office, patisserie, dan laundry.

Biaya perkuliahan Prodi perhotelan D3 Unisbank bergantung jalur masuk yaitu sekitar sekitar Rp700.000,- per bulan dan Rp6.000.000,- sebagai sumbangan pengembangan kelembagaan yang bisa dibayarkan empat kali dalam setahun.

 

  1. STIEPARI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)

Stiepari merupakan sekolah tinggi swasta yang terletak di kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Kampus ini berdiri sejak tahun 1970 dengan nama Akpari, pada tahun 2018 Stiepari berakreditasi B dari BAN-PT. Stiepari dengan tagline The Leader In Tourism Education membuka beberapa program studi antara lain D3 Perhotelan, D3 Bina Wisata, S1 Manajemen Perhotelan, S1 Manajemen Pariwisata, S2 Magister PAriwisata. S1 Sains dan S1 Manajemen. Sekolah tinggi ini juga memiliki kelas regular (pagi), Ekstensi (sore), dan Kelas Transfer (sore).

Kampus Stiepari

Masa perkuliahan S1 Perhotelan dirancang selama 8 semester dengan bobot SKS sebanyak 150 sks. Proses perkuliahan diampu oleh dosen yang professional dan berpengalaman di bidang perhotelan sehingga mahasiswa dididik untuk menguasai ilmu perhotelan mulai dari bintang 1 sampai bintang 5. Stiepari memiliki fasilitas penunjang belajar teori maupun praktek seperti Front Office, Bar and Restaurant, kamar hotel setara bintang 4, perpustakaaan dengan buku referensi nasional dan internasional.

Biaya perkuliahan berbeda-beda bergantung jalur masuk dan kelas yang dipilih yaitu sekitar Rp3.000.000,- s/d Rp4.000.000,- per semester dan biaya sumbangan pengembangan institusi sekitar Rp3.000.000,- s/d Rp4.000.000,-

  1. PUSHKOM Internasional

PUSHKOM Internasional merupakan lembaga pendidikan perhotelan bertaraf internasional. Lembaga ini sudah berdiri tahun 1994 dan berlokasi di empat kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Lembaga pendidikan ini hanya membuka satu program studi yaitu Manajemen Perhotelan dengan masa kuliah 1 tahun.

Gedung Kedaton Lantai 2

Selama masa pendidikan, peserta didik dibimbing oleh tenaga pengajar yang professional dari industri perhotelan, khususnya perhotelan bintang 3, 4, dan 5. Adapun mata kuliah yang diajarkan meliputi hotel marketing, English hotel, Bahasa Jepang perhotelan, front office, house keeping, food and beverage product, food and beverage service, hotel accounting&job training.

Kampus PUSHKOM Internasional di Semarang terletak di gedung Kedaton Kaligarang Kota Semarang. Tersedia fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar dan operasional media pendidikan yang modern, lengkap, dan komplet. Kegiatan praktek industri juga sudah disediakan dengan bantuan dosen dan partisipasi berbagai pihak bidang pariwisata dan perhotelan.

Biaya perkuliahan cukup terjangkau tetapi berbeda-beda setiap kampusnya. Ada beasiswa sebesar Rp3.000.000,- untuk lulusan SMA,SMK, MA, dan paket C yang terpilih dan sesuai persyaratan yang ada.

Biaya perkuliah juga bisa diangsur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Lembaga Pendidikan Profesi GRAHA WISATA (LPP Graha Wisata)

Lembaga ini berdiri sejak tahun 1996 di Solo. Awalnya ada 6 program yang disediakan saat itu antara lain Program pelatihan Manajemen bisnis dan komputer akuntansi perbankan, pelatihan akuntansi perusahaan dan perbankan, pelatihan sekretaris dan administrasi perkantoran, pelatihan pariwisata perhotelan, dan pelatihan teknik elektro. Sejak tahun 2003, kampus berpindah ke Semarang dengan membuka lagi dua pelatihan yaitu pramugari dan staf airline.

LPP Graha Wisata

Tahun ajaran 2019 ini LPP Graha Wisata membuka pelatihan Perhotelan dan Kapal Persiar dengan biaya Rp18.750.000,- yang dapat diangsur sesuai dengan ketentuan berlaku. Fasilitas yang disediakan sangat menunjang pelatihan antara lain front office, lab. Bartending, lab. Service, lab. house keeping, lab. Kitchen, dan lab. computer.

Bagi pria atau wanita yang lulusan SLTA/sederajat sangat bisa mendaftar di LPP Graha Wisata melalui datang langsung ke kampus yang beralamat jl. KH Achmad Dahlan Karang Kidul Kota Semarang.

Lima kampus tadi terletak di pusat Kota Semarang dekat dengan pusat belanjaaan dan makanan, warga sekitar kampus juga menawarkan rumahnya yang bisa di kos bulanan dengan harga yang terjangkau. Jurusan perhotelan yang disediakan memang tak sepopuler jurusan lain tetapi karir kerjanya bisa sebagus jurusan populer lainnya. Apalagi bisa kerja di hotel berbintang lima luar negeri. Ada baiknya kunjungi langsung kampus sebelum mendaftar jurusan yang dipilih. Lebih baik lagi bertanya-tanya langsung dengan alumni lulusan kampus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *