Manfaat Nasi Merah, Rahasia Menurunkan Berat Badan dan Untuk Kesehatan

Saat ini pola hidup sehat sedang menjadi trend positif untuk sebagian besar orang, khususnya bagi wanita. Hampir sebagian besar wanita saat ini sedang berlomba-lomba untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi, tinggi serat serta rendah gula. Memulai hidup dengan pola makan yang sehat dan teratur dapat membantu terhindar dari berbagai masalah kesehatan, apalagi bagi orang yang sedang menjalani program diet, pola hidup sehat akan menjadi nilai tambah untuk bisa mendapatkan tubuh sehat dan bobot yang ideal.
Dalam keseharian orang-orang lebih memilih untuk mengkonsumsi nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Nasi putih memang terasa lebih enak dan sedikit manis, namun bagi sebagian orang nasi putih ini merupakan sumber karbohidrat yang harus di hindari, dan sebagai gantinya mereka mengkonsumsi nasi merah untuk melengkapi kebutuhan karbohidratnya.
Nasi merah atau beras merah memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan nasi putih, serta rasa yang sedikit ampang. Tetapi dibalik rasa dan tekstur nasi yang berbeda, nasi merah dari beras merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan menjadi salah satu rahasia untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa manfaat dari nasi merah:

COCOK UNTUK DIET
Beras merah memiliki kandungan gula yang rendah dan tinggi serat karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.
Beras merah menjadi sumber zat besi yang baik bagi tubuh, zat besi yang membantu tubuh mengolah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Zat besi atau sering juga disebut sebagai mangan merupakan salah satu komponen penting terbentuknya enzim dan enzim memiliki peran penting bagi tubuh untuk melindungi dari radikal bebas.
Tidak hanya menjadi sumber zat besi dan enzim, beras merah juga mengandung vitamin B-6 yang membantu terbentuknya sel-sel darah merah dan menjaga keseimbangan hormon serotonin. Apa itu hormon serotonin? Hormon serotonin adalah hormon yang bertugas untuk menyeimbangkan atau mengatur mood.
Dengan mengkonsumsi nasi merah sebagai sumber karbohidrat, dapat membantu kita cepat merasa kenyang sehingga nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, Dalam 100 gram beras merah mengandung 110 Kalori, maka dari itu beras merah cocok sekali dikonsumsi saat menjalankan program diet.

MENJAGA KADAR KOLESTEROL
Pernah tidak kalian merasa badan terasa berat, sering lesu dan beberapa titik pada tubuh terasa pegal? Kemungkinan itu adalah salah satu gejala kolesterol tinggi. Mengkonsumsi nasi merah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, tentunya harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Hindari makanan berlemak, kurangi makan gorengan walaupun sebenarnya gorengan rasanya enak sekali. Dengan mengkonsumsi nasi merah dan sayur mayur serta ikan sebagai lauk, kita dapat mengurangi resiko kolesterol.

BAIK DIKONSUMSI PENDERITA DIABETES

Sumber: Goldokter.com

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan, namun penyakit ini masih bisa dijaga agar stabil dan tidak naik kadar gula darahnya. Keputusan yang tepat bagi penderita diabetes yang memilih beras merah sebagai makanan pokok sehari-hari, karena beras ini memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. mengandung banyak vitamin, mineral dan serat penting untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi para penderita diabetes.

MENGUATKAN JANTUNG
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini biasanya sering menyerang orang yang memiliki pola hidup tidak sehat. Dengan mengkonsumsi beras merah sebagai sumber karbohidrat, setidaknya kita dapat menghindari penyakit tersebut. Senyawa kalium yang ada di beras merah berfungsi membantu memperkuat kesehatan jantung. Tidak hanya kalium saja beras merah juga mengandung magnesium serta fosfor yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Manfaat-manfaat diatas dapat kita nikmati setelah rutin mengkonsumsi nasi merah dan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi lainnya, seperti: sayur, buah, ikan, telur dan berbagai macam protein lainnya.

TIPS MEMASAK BERAS MERAH AGAR NASI PULEN
1. Memasak Dengan Kompor:
Pertama-tama siapkan beras yang akan dimasak, lalu cucilah beras tersebut hingga bersih. Setelah itu siapkan manci untuk memasak nasi dan masukkan beras tersebut ke dalam manci dengan perbandingan 1 gelas beras banding 4 gelas air. Lalu masak beras sambil di aduk-aduk, setelah beras terlihat sudah hampir matang atau setengah matang, pindahkan ke manci untuk dikukus. Tutup manci yang berisi nasi tersebut dan kukus nasi hingga matang sempurna. Ingat, saat memasak nasi pada kompor pastikan api dalam keadaan kecil.

2.Memasak Dengan Magic Com:

sumber: infosekayu.com

Cara kedua ini akan lebih simple, karena kita tidak memerlukan panci dan kompor sebagai alat memasaknya. Tetap pertama-tama cuci beras hingga bersih, lalu taruh beras ke wadah magiccom dengan perbandingan air 1:4 atau 1 gelas beras dibanding 4 gelas air. Setelah itu rendam atau diamkan beras tersebut kurang lebih sekitar 15 menit, lalu pencet tombol cook pada magic com. Tunggu sampai matang dan nasi meras siap untuk dikonsumsi.

Dengan berbagai macam manfaat baik nasi merah bagi kesehatan kita, nampaknya kita harus sedikit boros untuk membeli beras merah. Namun tak perlu khawatir harga nasi merah berbanding tidak jauh berbeda dengan harga beras putih. Nahhh,berikut diatas beberapa manfaat dan tips untuk memasak beras merah agar menjadi nasi yang pulen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *