Main Ke Semarang, Jangan Lupa Membeli Jajanan Khas Semarang, Ini Tempatnya

Main Ke Semarang, Jangan Lupa Membeli Jajanan Khas Semarang, Ini Tempatnya

01

     Semarang adalah ibukota  Propinsi Jawa Tengah yang memiliki pesona wisata yang indah dan mempesona. Banyak tempat-tempat wisata yang ditawarkan di kota ini mulai dari wisata alam, wisata malam kota Semarang dan wisata kuliner yang menyajikan begitu banyak aneka jenis makanan yang dicari oleh banyak penggemarnya dari Semarang maupun luar Semarang.

     Semarang sering juga sebagai kota Lumpia karena Lumpia adalah jajanan khas Semarang. Lumpia dibuat pertama kali oleh sepasang suami istri yang berasal dari negera yang berbeda yaitu Tiongkok dan Jawa Indonesia. Karena itulah lumpia memiliki rasa yang sangat khas dari kedua negara tersebut. Makanan ini cukup banyak penggemarnya dari Semarang maupun luar kota Semarang. Ada banyak toko-toko di Semarang yang menjual lumpia terutama di Jl. Pandanaran yang merupakan tempat jajanan khas di Semarang, namun ada beberapa tempat selai di jalan Pandanaran yang wajib anda kunjungi jika ingin membeli lumpia di Semarang yaitu :

  1. Lumpia Gang Lombok berlokasi di sekitar pasar Johar Semarang dan tidak punya cabang. Terdapat dua jenis lumpia yang tersedia di tempat ini yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu sebesar Rp12.000 untuk satu lumpia berbagai jenis.
  2. Lumpia Mbak Lien (dine in) berada di Jl. Pemuda Gang Grajen No. 1 Bangunharjo. Terdapat berbagai isian lumpia yang ditawarkan ditempat ini mulai dari lumpia isi rebung dengan campuran telur, ayam, dan udang. Terdapat dua jenis lumpia yang disediakan di tempat ini mulai dari lumpia basah dan lumpia goreng yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp11.000 – Rp13.000.
  3. Lumpia Mataram yang berdiri sejak tahun 1988 ini berada di Jl. MT Haryono No 533 A (toko roti sanitas). Harga lumpia Mataram untuk satu lumpianya sekitar Rp13.000 untuk lumpia basah maupun lumpia goreng.
  4. Lumpia Delight Cik Me Me (dine in) berada di Jl. Gajahmada No. 107. Terdapat berbagai isian lumpia seperti jamur, daging kepiting, daging kambing jantan muda, dan ikan kakap. Harga unutuk satu lumpianya sekita Rp8.000 – Rp20.000 tergantung isianya.
  5. Lumpia Express (dine in) yang berdiri sejak tahun 2003 ini berlokasi di Jl. Gajahmada 142 AA. Ada berbagai varian lumpia yang ditawarkan ditempat ini mulai dari lumpia basah dan goreng yaitu plain, original, dan crab yang harganya sekitar Rp7.000 – Rp18.000.
  6. Lumpia Amoy berada di jalan Jagalan No. 95 A. Isi lumpian ditempat ini campuran antara rebung dan udang.

02

     Bagi anda yang ingin jalan-jalan ke kota Semarang datang saja ke Jalan Pandanaran. Jalan Pandanaran merupakan pusat oleh-oleh Semarang yang terdapat macam – macam jajanan khas Semarang mulai mochi, bandeng presto Juwana , wingko babat, brillian super cake. Toko-toko yang terdapat di jalan Pandanaran buka mulai pukul 09.00 – 21.00. Ditempat ini juga disediakan gedung parkir bagi anda pengguna kendaraan pribadi dan jembatan penyeberangan dari gedung parkir ke pusat oleh-oleh khas Semarang di jalan Pandanaran. Berikut adalah beberapa toko yang menjual macam – macam jajanan khas Semarang  yang berada di Jalan Pandanaran dan sekitar kota Semarang :

  1. Toko Presto yang berdiri sejak tahun 1977 yang menyediakan bandeng duri lunak dan jajanan khas Semarang lainnya.
  2. Bandeng Arwana menyediakan bandeng duri lunak dan jajanan khas Semarang lainnya.
  3. Bandeng Bonafide menyediakan bandeng duri lunak dan jajanan khas Semarang lainnya.
  4. Bandeng Juwana merupakan sebuah pusat oleh-oleh yang sudah terkenal di Semarang. Toko ini tidak hanya menjual bandeng duri lunak saja tetapi juga menyediakan oleh-oleh khas semarang lainnya seperti moaci Gemini, lunpia udang goreng, wingko babat, dan otak-otak bandeng.
  5. Tahu bakso Bu Puji
  6. Tahu bazo tresna ati
  7. Toko Oleh-oleh Djoe
  8. Toko ole-oleh “Pandanaran”
  9. Toko Dyriana merupakan toko roti yang menjual berbagai jenis roti yang ditawarkan. Di toko ini juga menyediakan roti ganjel rel makanan khas Kota Semarang
  10. Wingko babat cap kereta api adalah wingko babat yang paling terkenal di Semarang. Wingko babat cap kereta api ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Pandanaran. Ada berbagai varian rasa yang unik seperti wingko babat rasa durian, rasa pisang, dan coklat, harga yang ditawarkan sangat beragam tergantung rasa dan jumlah isinya. Wingko babat cap kereta api hanya bisa bertahan sampai tujuh hari saja, karena wingko babat cap kereta api tidak memakai bahan pengawet pada bahan pembuatannya. Para penjual wingko babat cap kereta api di sepanjang Jalan Pandanaran biasanya mengambil dagangannya dari rumah produksi wingko babat yang ada di sekitar Semarang. Jika anda ingin membeli wingko babat disini mungkin anda bisa tanya kepada penjualnya terlebih dahulu stock wingko babat yang dijualnya stock lama atau baru dan cek terlebih dahulu kondisi wingko babat tersebut. Karena kalau wingko babat yang disimpan terlalu lama akan menjamur dan tidak layak untuk dikonsumsi. Namun bagi anda yang tidak mau ambil resiko itu anda bisa datang ke Toko Wingko Babat Cap Kereta Api yang berada di Jalan Cendrawasih No. 14, Purwodinata, Semarang tengah (daerah kota lama). Wingko babat yang dijual di toko ini adalah wingko babat yang masih baru dan fresh keluar dari panggangan, karena selain untuk menjual wingko babat toko ini juga tempat untuk memproduksi wingko babat cap kereta api. Sambil membeli oleh-oleh untuk teman atau keluarga anda, anda juga bisa jalan – jalan di kawasan kota lama Semarang untuk menikmati suasana seperti di Kota Belanda.
  11. Pasar Semawis adalah surganya wisata kuliner di kota Semarang. Pasar ini berada di kawasan pecinan di gang warung yang selalu ramai di akhir pekan (Jumat, Sabtu, dan Minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Pasar Semawis atau juga disebut sebagai Waroeng Semawis ini sebagai pusat jajan atau kuliner Semarang. Di setiap sisi jalan terdapat para pedangan yang menawarkan dagangan mereka, bau masakan di setiap pedagang sudah tercium sebelum anda memasuki kawasan pasar semawis ini yang akan membuat anda ingin membeli makanan tersebut satu per satu. Disisi lain jalan juga sudah disediakan meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan yang mereka beli. Tapi bagi anda yang beragama muslim perlu sedikit berhati-hati karena ditempat ini juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan yang mengandung babi.

     Nah….,  itu lah beberapa info soal macam-macam jajanan khas yang berada di kota ATLAS (Semarang) ini. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Semarang sebaiknya menyiapkan kamera terbaik anda dan satu tas ransel kosong untuk mengabadikan keindahan kota semarang dan menyimpan berbagai oleh-oleh khas semarang untuk  keluarga/teman anda. Keindahan kota semarang dapat terlihat saat pada malam hari yang dihiasi oleh berbagai lampu warna-warni terutamanya di daerah pusat kota, kota lama, taman KB, dan Bright Fountain (Banjir Kanal Barat).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *