Lima tips Menata Dapur Minimalis

Salah satu hal yang membuat semakin pesatnya pembangunan perumahan dengan desain minimalis selain harga tanah yang semakin meroket, yaitu populernya tata ruang minimalis di kalangan keluarga muda. Tak hanya ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur saja yang mempunyai desain minimalis, namun dapur juga bisa ditata dengan gaya minimalis.

Desain dapur minimalis dapat memberikan kesan lebih luas dan Anda dapat leluasa melakukan aktivitas memasak di sana. Inilah yang harus diperhatikan dalam menata dapur minimalis.

  • Warna Dinding

Desain minimalis biasanya menggunakan warna cat dinding abu-abu. Warna abu-abu selain tidak mudah kotor juga memberikan kesan yang modern pada dapur. Selain menggunakan cat dinding, Anda dapat menggunakan keramik pada belakang kompor agar saat terkena cipratan minyak atau kotoran dapat mudah dibersihkan.

  • Dapur plus Ruang Makan

Untuk memaksimalkan ruang yang ada, Anda dapat menggabungkan dapur sekaligus ruang makan. Konsep bar dengan kursi tinggi dapat menjadi salah satu pilihan, anda dapat meletakkan 2 hingga 4 kursi di dapur. Mejanya menggunakan meja kecil dengan ukuran jumlah piring untuk anggota keluarga.

  • Hemat Listrik

Dapur minimalis yang menggunakan dominasi warna abu-abu ternyata juga memberikan kesan lebih terang. Anda bisa menghemat listrik karena tak perlu menyalakan lampu pada siang hari. Anda bisa membuka tirai dan jendela pada dapur agar mendapatkan sinar matahari. Sirkulasi udara di dapur juga perlu diperhatikan agar tidak berkesan pengap dan membuat anda sesak nafas saat memasak. Terbukanya tirai dan jendela juga akan memberikan pencahayaan alami sehingga Anda dapat hemat listrik. Anda juga bisa meletakkan salah satu perabot misalnya kulkas dengan warna mencolok. Kulkas dengan warna merah dapat menjadi pilihan sehingga menciptakan kesan dapur lebih terang.

  • Dapurku Lapang

Dapur minimalis mempunyai konsep menyatu. Dapur sekaligus ruang makan yang juga menyatu dengan lorong dalam rumah. Untuk memisahkan dapur dengan bagian rumah yang lain, Anda bisa meletakkan lemari dengan tinggi setengah orang dewasa.

Untuk memberikan kesan berbeda antara dapur dan ruang lainnya, Anda juga bisa memberikan desain yang berbeda, misalnya ruang tamu dengan nuansa etnik dan dapur dengan nuansa abu-abu modern. Warna putih juga dapat Anda gunakan untuk dapur sebagai cat dinding ataupun meja cabinet. Warna putih ini juga memberikan kesan luas dan lapang pada dapur.

  • Penataan Perabot

Anda dapat menata meja kompor, tempat mencuci piring dan kulkas sejajar sehingga memberikan ruang pada bagian lainnya yang akan memberikan kesan lebih luas.

Cara lain yang dapat anda gunakan adalah model U dimana kompor pada bagian satu sisi, sedangkan tempat cuci piring dan kulkas saling berhadapan. Anda hanya perlu membalikkan badan dan bergeser sedikit untuk melakukan beberapa aktivitas di dapur misalnya mengambil bahan makanan di kulkas, mencucinya kemudian menyiapkannya.

Inilah lima hal yang perlu Anda lakukan untuk menata dapur minimalis. Dapur minimalis walau dengan ruang yang terbatas namun dengan penataan yang tepat dapat memberikan kesan modern dan luas. Anda yang suka memasak dapat melakukan aktivitas ini dengan nyaman dan leluasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *