Lima Manfaat Travelling

Akhir-akhir ini banyak orang yang membagikan kegiatan travelling mereka di laman media sosial. Baik itu travelling di dalam negeri maupun di luar negeri. Travelling dirasakan mampu memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah relaksasi. Jadi, nggak heran jika banyak yang melakukan travelling untuk mendapat kesenangan. Selain jadi hal yang mengasyikkan, travelling juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mereka yang mendapatkan penghasilan dari travelling secara terus menerus yang biasanya disebut traveler atau backpacker.

Apa Saja Manfaat Travelling?

  • Mengetahui banyak tempat dan jadi lebih tahu

Mengunjungi tempat di suatu kota atau negara akan menambah wawasan baru. Baik itu terkait sejarah tempat tersebut ataupun hal lainnya seperti kebudayaan, letak geografis atau kebiasaan-kebiasaan masyarakat di tempat tersebut. Kita tahu transportasi apa saja yang digunakan, bagaimana cuaca di sekitar dan seperti apa suasana di tempat tersebut. Sungguh akan menjadikan tempat belajar baru yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

Travelling mengajarkan bahasa baru yang bisa dipelajari saat itu juga. Jika sudah mempelajari bahasa baru tersebut, kita bisa praktikkan langsung dengan penduduk lokal. Mempelajari bahasa di tempat baru juga melatih kemampuan dalam berkomunikasi yang baik.

  • Proses Belajar Setiap Orang

Yang harus dipersiapkan sebelum travelling seperti menentukan tujuan, mengemas perlengkapan dan perhitungan budget. Hal-hal seperti ini tentu saja membutuhkan kecermatan serta keputusan yang tepat. Apalagi jika saat travelling ada kendala dan perlu keputusan yang diambil secara cepat dan tepat.

Travelling juga melatih kesabaran saat kita berhadapan dengan masalah, bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru yang belum diketahui karakternya.

  • Menurunkan Tingkat Stres

Saat travelling kita melepaskan beban pekerjaan sehari-hari dan terbebas dari rutinitas. Hal ini yang membuktikan dengan travelling dapat mengurangi stres. Setelah melakukan travelling terbukti lebih bahagia. Tempat baru yang dikunjungi, pohon-pohon yang rindang, udara sejuk, ombak, pantai, gunung, sawah, matahari terbit atau tenggelam adalah suasana yang berbeda dari suasana yang ditemui sehari-hari. Hal baru inilah yang memberikan efek kepuasan dan ketenangan. Panorama indah mampu menjadi moodbooster sehingga setelah travelling seseorang bisa menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Travelling juga mempunyai manfaat agar tubuh tetap sehat baik secara fisik maupun mental dan emosional. Ketiga hal tersebut dapat membawa warna kebahagiaan dan juga membawa orang yang suka travelling lebih sehat secara psikis.

  • Menurunkan Risiko Terkena Penyakit

Travelling selain menurunkan tingkat stres juga mampu menurunkan risiko serangan penyakit seperti jantung dan stroke. Sebuah penelitian menyebutkan laki-laki yang sering melakukan travelling mempunyai risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. Disebutkan, travelling juga dapat mengurangi risiko jantung koroner.

  • Mempererat Hubungan Pertemanan

Travelling selain bermanfaat untuk kesehatan juga untuk menjalin hubungan dengan teman ataupun dengan saudara. Meningkatnya hubungan sosial dengan sesama ini tentu saja membuat hubungan yang lebih erat dan harmonis. Travelling bersama keluarga dapat menjadi quality time dimana hubungan antar anak dengan orang tua akan semakin baik. Komunikasi selama perjalanan, kekompakkan dan kedekatan saat travelling akan terjalin hangat dan lebih dekat. Yang dulunya kaku akan menjadi lebih bersahabat. Jadi lakukanlah travelling bersama keluarga dan teman-teman agar ikatan pertemanan dan persaudaraan menjadi lebih erat.

Inilah kelima manfaat yang diperoleh ketika melakukan travelling. Perjalanan dapat dimulai dari tempat terdekat ataupun perjalanan jauh di luar negeri. Travelling bukanlah kegiatan membuang-buang uang tapi suatu kegiatan yang banyak sekali manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *