Jangan Lakukan Hal Ini Kepada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.

Mempunyai anak berkebutuhan khusus (ABK) bukanlah hal yang mudah bagi orang tua. Mereka harus memiliki banyak kesabaran dan memupuk keikhlasan untuk terus membersamai anak tercintanya. Mengurungnya di dalam rumah jelas tak bisa dilakukan karena anak juga membutuhkan sosialisasi dan pengenalan lingkungan. Saat ada orang tua yang mengajak ABK ke mall atau tempat publik lainnya, jangan lakukan hal ini ya ;

  1. Memandangnya lama dengan tatapan aneh.

Fisik anak berkebutuhan khusus yang terlihat berbeda tentu mencuri perhatian bagi beberapa orang. Memiliki alat bantu di telinga misalnya, mengenakan sepatu khusus atau menggunakan kursi roda. Pada beberapa ABK seperti sindrom autis yang secara fisik tak ada bedanya dengan anak normal lainnya namun mempunyai ciri khas seperti flapping atau mengepak-ngepakkan tangan, mengeluarkan suara yang terdengar aneh dari bibirnya dan melakukan gerakkan yang tak biasa. Jika bertemu dengan mereka tak perlu memandang lama-lama dengan tatapan aneh. Anda jika penasaran, bisa menghampiri dan menanyakan kepada orang tuanya langsung. Tentu saja ini lebih baik daripada menatap ABK mereka berlama-lama, yang membuat mereka merasa tak nyaman.

  • Mengatakan ‘Kasihan Banget Ya Anak Kamu’

Kasihan sekali ini seperti kata yang bisa diartikan betapa hidupnya nelangsa dan merana. Kasihan ini barangkali sebuah kata empati namun nyatanya bagi orang tua ABK terdengar seperti mereka mendapatkan beban atau ujian yang sangat berat. Padahal orang tua ABK sudah menerima dengan lapang dada dan bersabar dengan keadaaan ini. Bagi orang tua ABK, tak perlu dikasihani karena ini adalah ladang amal dan pahala karena memiliki ABK.

  • Mengambil Foto Tanpa Minta Ijin

Sekarang ini apa-apa sepertinya mudah sekali mengambil foto orang dan diviralkan agar semua masyarakat luas tahu. Jika bertemu dengan ABK, jangan mengambil fotonya dan mengupload di sosial milik Anda pribadi. Ini bisa melukai perasaan ABK dan orang tuanya. Mereka bukan tontonan ataupun sesuatu yang harus diketahui orang lain.

  • Mengatakan “Bagaimana Nanti Dengan Masa Depannya”.

Anak Berkebutuhan Khusus akan memiliki masa depan yang baik jika orang tuanya sejak dini memberikan pendidikan dan intervensi misalnya terapi dan diet makanan. Tak perlu mengatakan kekhawatiran akan masa depan mereka, karena Sang Pencipta juga tak akan memberikan beban yang terlalu berat kepada ciptaan-Nya.

Ada beberapa anak, remaja bahkan dewasa berkebutuhan khusus yang memiliki masa depan cemerlang karena walaupun mereka memiliki kekurangan ternyata juga ada satu bakat istimewa.

  • Mengatakan Hal-Hal Yang Menyakitkan Orang Tua ABK

Beberapa kata yang dapat menyakitkan hati para orang tua ABK adalah dengan menyudutkan dan seolah-olah memojokkan mereka. Kata-kata seperti “ Anak kamu terlahir autis, karena dulu pernah coba kamu gugurkan ya”. Ada lagi perkataan yang sering terdengar di telinga orang tua dengan ABK misalnya “ Anak kamu menanggung dosa-dosa masa lalu dari orang tuanya”. Ini sangat tidak pantas untuk diucapkan. Setiap manusia pernah berbuat kesalahan, namun tak ada dosa orang tua yang akan ditimpakan kepada anaknya hingga anaknya terlahir berbeda.

Inilah lima hal yang jangan anda lakukan kepada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Anda bisa mengatakan hal yang baik dan memberikan semangat seperti “ Tetap berjuang ya, semoga lancar terapi dan sekolahnya”.

2 tanggapan untuk “Jangan Lakukan Hal Ini Kepada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.

  • 30 Agustus 2019 pada 9:32 am
    Permalink

    Setuju banget dengan artikelnya, abk sama kok dengan anak lain, mereka bisa sukses di masa mendatang..

    Balas
    • 1 September 2019 pada 9:48 am
      Permalink

      Terima kasih atas masukan nya dan sudah berkunjung di situs kami.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *