Ingin Ngobrol Santai Dan Hangat, Inilah 5 Tips Menata Ruang keluarga

Ruang keluarga di dalam rumah mempunyai peran penting dalam mempererat hubungan antar anggota keluarga. Ruangan ini bisa dijadikan tempat untuk ngobrol santai, mendiskusikan rencana dan keputusan atau sekedar santai melepas penat. Ruang keluarga hendaknya mempunyai beberapa kaidah yang harus diperhatikan antara lain ;

  1. Pencahayaan

Cahaya matahari di siang hari bisa digunakan sebagai penerangan alami. Anda tak perlu menyalakan lampu namun hanya perlu membuka tirai. Jadi lebih hemat energi dan juga membuat udara tidak lembab. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik ini membuat ruang keluarga menjadi nyaman dan anggota keluarga betah berada di sana berlama-lama.

  • Aksesoris

Anda perlu mengatur aksesoris apa yang akan diletakkan di ruang keluarga. Selain mempercantik ruangan, fungsi aksesoris juga membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan hangat. Banyak sekali aksesoris yang bisa ditata di ruang keluarga, semua tergantung dengan selera Anda. Jika menyukai yang minimalis, Anda hanya perlu memasang tirai. Jika Anda menyukai segala sesuatu yang berkesan etnik maka Anda bisa meletakkan perabotan kayu dan menggelar karpet dengan nuansa etnik. Aksesoris lainnya berupa lampu duduk, lampu gantung, tirai dan vas bunga yang dapat Anda tata sesuai selera.

Salah satu aksesoris yang sedang hits yaitu sarung motif yang dipasang di sofa. Anda tak perlu memasang pada semua sofa, cukup pada salah satu sofa yang ada, sudah membuat ruang keluarga nampak berbeda.

  • Tempat Duduk

Fungsi ruang keluarga salah satunya untuk ngobrol dan berdiskusi tentang apa saja dengan pasangan atau anggota keluarga yang lain. Jika ingin betah untuk berbincang tentu saja memerlukan tempat duduk yang nyaman. Anda bisa menggelar karpet, yang rasanya jika duduk lesehan membuat jarak semakin lebih dekat. Alas lantai dengan berbagai ragam ukuran, motif dan bahan ini bisa menjadi perekat hubungan keluarga.

Anda juga bisa meletakkan sofa atau bahkan kursi gantung. Kursi gantung yang diletakkan di pojok ruang keluarga akan membuat ruang keluarga lebih santai. Memasang kursi gantung ala hammock membuat kesan lebih luas karena tak memakan tempat. Kursi empuk ini bisa membuat anggota keluarga betah duduk disana. Komunikasi jadi lebih intens dan hubungan keluarga semakin erat.

  • Warna Dinding

Pilih warna dinding dengan cat warna minimalis atau cerah. Warna cerah tentu saja akan menghadirkan keceriaan dan suasana yang menyenangkan untuk saling berbincang. Semakin cerah warna dinding akan semakin bagus, dan menjadikan mood anggota keluarga yang menghabiskan waktu di ruang ini lebih baik.

  • Pilih Tema

Anda bisa menetukan tema atau suasana yang akan anda ciptakan. Jika ingin berkesan lebih santai maka anda bisa memilih tema cerah. Anda juga bisa menentukan apakah dengan tema etnik atau minimalis. Pemilihan tema ini bisa Anda diskusikan dengan pasangan atau anak-anak. Jika masih mempunyai balita maka ruang keluarga juga bisa berfungsi sebagai ruang bermain. Pilih tema playfull dengan meletakkan beberapa mainan di pojok ruangan seperti bola atau boneka.

Jika anda lebih suka dengan tema etnik maka anda bisa meletakkan perabotan bernuansa etnik di ruang keluarga. Jika anda memilih tema minimalis, sebagai bahan pertimbangan bantal minimalis bisa disandingkan dengan sofa minimalis.

Inilah lima tips bagaimana menata ruang keluarga agar menjadi ruangan yang nyaman untuk ngobrol atau menghabiskan waktu bersama. Keakraban dan kedekatan antara anggota keluarga dapat terjalin lebih intens di ruangan ini.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *